SHARE THIS ARTICLE
Menurut Penelitian di Jepang, Ternyata Jenis Kopi yang Kita Minum Mempengaruhi Kinerja Otak Kita, Lho! - dementiaresearchfoundation.org.au
Image Source: dementiaresearchfoundation.org.au

Bagi para pencinta kopi, tak ada yang lebih nikmat daripada secangkir kopi hangat di pagi hari, atau mungkin juga untuk dinikmati saat hujan turun, misalnya. Namun, apakah kalian tahu bahwa tergantung dari jenis bijinya, kopi yang minum dapat memberikan efek yang berbeda-beda pada otak kita?

Menurut Penelitian di Jepang, Ternyata Jenis Kopi yang Kita Minum Mempengaruhi Kinerja Otak Kita, Lho! 3

Penelitian di Jepang telah membuktikan lewat eksperimen pada sejumlah partisipan, bahwa hanya dengan mencium aroma biji kopi (berlaku pula bagi yang telah dipanggang) tertentu, apalagi meminumnya, dapat membuat otak kita menjadi lebih santai atau lebih fokus. Lantas, jenis kopi apa yang harus kita minum saat bersantai bersama teman-teman atau saat harus bergadang mengerjakan tugas atau lembur sampai larut malam?

Menurut Penelitian di Jepang, Ternyata Jenis Kopi yang Kita Minum Mempengaruhi Kinerja Otak Kita, Lho! 1
Area berwarna merah dan coklat menunjukkan gelombang alfa di otak.

Rupanya, biji kopi Guatemala dan Blue Mountain Jamaica memicu peningkatan gelombang alfa di otak kita, gelombang yang ditemukan dalam kadar tinggi saat kita ada dalam keadaan santai dan tenang. Sementara, biji kopi Santos Brazilia, Kona Hawaii, dan Sumatra terbukti bisa meningkatkan kecepatan otak kota untuk memproses data, membuat keputusan, serta fokus untuk waktu yang lebih lama berkat gelombang otak P300 yang dipicunya. Jadi, jangan sampai salah minum jenis kopi di waktu yang salah, ya!

Menurut Penelitian di Jepang, Ternyata Jenis Kopi yang Kita Minum Mempengaruhi Kinerja Otak Kita, Lho! 2
Semakin rendah grafiknya, semakin cepat otak kita memproses berbagai data.
Source : en.rocketnews24.com
COMMENT