SHARE THIS ARTICLE

Mengenal Aburage, Lembaran Tahu Goreng Dari JepangPernah tahu ada berapa banyak daftar menu masakan Jepang yang juga cukup terkenal di Indonesia? Wah, kalau dihitung-hitung tentu saja jumlahnya tidak sedikit. Faktanya sudah banyak restoran yang menyajikan berbagai macam varian masakan khas Jepang, mulai dari menu makanan sampai minuman. Berbagai makanan Jepang yang sudah tidak asing lagi adalah sushi, onigiri, bento, ramen, donburi, edamame, natto, nori, udon, oden, dan masih banyak lagi sementara untuk minumannya yang paling terkenal adalah teh ocha.

Adalah Aburage, salah satu masakan Jepang yang cukup unik dan belum banyak dijual dipasaran. Aburage adalah sebuah makanan yang berbentuk lembaran tahu yang digoreng, biasanya disajikan untuk bahan campuran sup.

Aburage termasuk jenis makanan yang mudah menyerap kaldu, inilah sebabnya aburage sering digunakan untuk bahan campuran sup. Tidak hanya itu, karena bentuknya aburage juga sering digunakan untuk membungkus menu makanan lainnya. Di Jepang, aburage mempunyai sebutan lain di antaranya adalah usu-age dan inari-age.

Pada umumnya makanan yang satu ini biasanya dibuat langsung oleh pabrik tahu atau seseorang yang bisa membuat tahu. Untuk proses pembuatannya, aburage membutuhkan dua kali proses penggorengan dengan panas minimal 100 hingga 120 untuk proses penggorengan pertama dan panas tinggi mencapai 180 hingga 200 untuk proses penggorengan kedua.

Masakan Jepang lainnya yang menggunakan aburage antara lain adalah sup miso, Inarizushi sebagai pembungkus nasi, kitsune udon, berbagai macam nimono, oden sebagai pembungkus mochi, takikomigohan (nasi yang ditanak bersama daging dan sayuran), dan masih banyak lagi.

Source : skanaa.com
COMMENT