Menakjubkan, Pria Ini Mengambil Gambar Planet Jupiter Dengan Game Boy Camera!


game boy camera

Astrophotographer Alexander  Pietrow baru-baru ini membuat beberapa sebuah foto yang tidak biasa: dia adalah orang pertama yang memotret Bulan dan Jupiter menggunakan Game Boy Camera.


Game Boy (ゲームボーイ Gēmu Bōi) merupakan konsol video game yang dikembangkan dan diproduksi Nintendo, diedarkan pada tahun 1989 seharga 8.000 yen dan  US$ 89,95. Game Boy merupakan sistem game tangan kedua Nintendo setelah Game & Watch yang diperkenalkan pada tahun 1980.

Sedangkan Game Boy Camera pertama kali dirilis pada tahun 1998, Game Boy Camera adalah monokrom dengan resolusi kamera 2-bit yang mengemas sensor CMOS 128 × 112 piksel. Pada saat diperkenalkan, itu adalah kamera terkecil di dunia.

Saya bertanya-tanya apakah mungkin melakukan astrophotography dengan kamera ini,” Pietrow menulis. “Mencari di internet, saya terkejut bahwa tidak ada yang pernah mencoba ini sebelumnya dan memutuskan untuk mencobanya.”

Dia memutuskan untuk memasangkan kamera digital “kuno” ini dengan teleskop kuno: teleskop Fraunhofer 6 di Observatorium Tua Leiden – teleskop yang berasal dari tahun 1838. Dengan menggunakan adaptor telepon selular universal Gosky, Pietrow berhasil menyelaraskan Game Boy Camera dengan lensa mata teleskop.

Masalah terbesar adalah: menunggu malam yang tidak berawan,” kata Pietrow. Untuk beberapa foto uji coba, dia mengambil foto menara jam gereja terdekat untuk menguji kualitas gambar yang dihasilkan:

Salah satu hasil foto yang dihasilkan Game Boy saat memotret sebuah menara jam (kiri) dibandingkan dengan tampilan yang sama yang diambil dengan kamera modern.

Setelah menunggu beberapa minggu, akhirnya awan terbelah dan langit malam akhirnya terlihat. Pietrow membawa kameranya ke observatorium dan mulai mengambil gambar. Dia memotret bulan melalui jendela bidik atau yang lebih dikenal dengan view finder untuk melihat sudut lebar dan melalui teleskop untuk melihat secara mendetail. Sementara hasil fotonya tidak terlalu menarik, hanya menunjukkan fase bulan, namun foto yang diperbesar benar-benar menangkap kawah bulan menggunakan kamera low-fi.


Bulan melalui view finder Game Boy Camera.
Bulan ditangkap melalui teleskop. Terlihat terdapat kawah.

Setelah mengambil gambar bulan, Pietrow kemudian mengarahkan pemasangan kamera yang tidak biasa ke Jupiter. Dia terkejut saat salah satu foto benar-benar menangkap tiga bulan Jupiter.

Dan begitulah foto Jupiter pertama yang ada di dunia dengan Game Boy Camera.

(Photos: Alexander Pietrow)

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
2
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
THE 1993

Photographer, Tokyo - Jakarta

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes