SHARE THIS ARTICLE
Manga 'Gintama' (Mungkin) akan Segera Memasuki Final Arc-nya - zerochan.net
Image Source: zerochan.net

Kalian yang mengikuti beberapa judul manga Shonen Jump yang sudah eksis sejak lama, Toriko dan Gintama, misalnya, mungkin sudah dengar tentang maraknya spekulasi fans bahwa judul-judul berumur panjang tersebut akan segera berakhir di tahun 2016. Sementara mangaka Gintama, Hideaki Sorachi masih belum diijinkan keluar dari ‘wujud gorilanya’, sang mangaka rupanya menitipkan surat kepada 3 seiyuu trio utama Gintama versi anime-nya, Tomokazu Sugita (Gintoki Sakata), Rie Kugimiya (Kagura), dan Daisuke Sakaguchi (Shinpachi Shimura) yang membacakan surat itu kepada para audiens yang memadati event Jump Festa.

Manga 'Gintama' (Mungkin) akan Segera Memasuki Final Arc-nya - renote.jp
Image Source: renote.jp

Demikianlah isi suratnya, “Karena anime-nya sedang mode serius, rasanya dialognya menjadi tidak terlalu banyak hingga para seiyuu dibayar lebih banyak dari yang mereka pantas dapatkan. Manga-nya juga sedang serius, jadi setelah arc Shinpachi Loses His Tsukkomi Role yang sekarang, arc yang dimulai tahun depan kemungkinan akan menjadi arc Gintama yang terakhir.”

Ngomong-ngomong soal arc terakhir, masih ada banyak persoalan yang belum diselesaikan dalam ceritanya. Contohnya, urusan dengan Shouyou-sensei, harta karun Roger, semua hal tentang Quincy…Masih ada banyak yang harus dibahas, jadi kurasa manga-nya akan terus berlanjut sampai rambut Sugita rontok semua.” Kontan sang seiyuu membalas, “Kalau begitu, Gintama mungkin masih akan terus eksis sampai 20 tahun lagi!

Manga 'Gintama' (Mungkin) akan Segera Memasuki Final Arc-nya - reddit.com
Image Source: reddit.com

Bagaimana menurut kalian? Akankah Gintama benar-benar akan berakhir dalam waktu dekat? Rasanya sih nggak ya…

Dan para fans Bleach pun angkat bicara, “Jangan khawatir. Manga favorit kami memulai bab terakhirnya 3 tahun lalu!”

Manga 'Gintama' (Mungkin) akan Segera Memasuki Final Arc-nya - Bleach - oyu_ochayu
Image Source: Twitter.com/oyu_ochayu
Source : crunchyroll.com
COMMENT