SHARE THIS ARTICLE

Tidak ada kesuksesan yang tidak dibarengi dengan suara-suara sumbang. Termasuk juga Kimi no Na wa. Film anime terbaru garapan Makoto Shinkai ini juga mendapat kritik dari banyak pihak usai kesuksesannya yang luar biasa di Jepang dan juga di seluruh dunia.

Salah satu yang paling keras datang dari Tatsuya Egawa, mangaka Golden Boy yang juga bekerja sebagai profesor matematika dan sutradara film dewasa. Dalam penampilannya di sebuah acara TV Jepang Oktober lalu, dirinya merendahkan film Shinkai dengan ujaran seperti ini.

Melihat film ini sebagai seorang profesional, sama sekali tidak menarik.

Menjawab kritikan tersebut dalam sebuah program radio, Minggu (18/12), Makoto Shinkai tidak mengamuk namun juga tidak putus asa. Bantahannya adalah sebagai berikut.

Mungkin mereka benar bila Kimi no Na wa tidaklah sangat baik, namun itu berarti mudah juga bagi mereka untuk membuat anime yang sukses. Jadi mereka juga harus mencoba dan mencetak prestasi yang sama pula. Saya tidak mengincar jumlah penjualan box office namun itu adalah akibat yang dihasilkan dari film tersebut. Sulit memang menjual sesuatu yang benar-benar diciptakan untuk hanya untuk dijual.

Shinkai pun belum selesai, dia pun menjelaskan proses pembuatan film Kimi no Na wa.

Selama dua tahun kami berjuang dan berjuang, jadi saat mendengar orang-orang berbicara bila film ini hanya mencampurkan hal-hal yang catchy dan trendi, saya cukup kesal,” pungkasnya.

Bagaimana pendapat kalian terhadap perdebatan di atas? Berada di sisi mana?

(feature image: MyAnimeList.net, rocketnews24.com)

 

Source : rocketnews24.com
COMMENT