SHARE THIS ARTICLE

sushi gemukSiapa yang tak mengenal sushi? makanan asli Jepang ini memang membuat siapapun tergoda. Selain lezat, gulungan nasi dan lauknya juga disebut-sebut salah satu makanan sehat yang kini semakin mudah didapatkan di Indonesia.

Tapi jangan salah. Menurut pakar gizi dan kesehatan dari New York, Allison Tanenbaum tidak semua jenis sushi sehat. Karena beberapa gulungan sushi bisa mengandung 500 sampai 1.000 kalori. “Selain lezat, sushi bisa jadi makanan tak sehat karena tergantung pada apa yang Anda pesan.”

Untuk tetap dapat menikmati makanan lezat dan sehat, perhatikan beberapa tips dalam memilih menu sushi seperti dilansir Everydayhealth berikut ini:

1. Mengubah mindset saat memesan makanan di Restoran sushi

Wakil Presiden Kuliner di Blue C Sushi dari Seattle, Jeffery Lunak, menyarankan untuk memakan potongan kecil sushi dalam beragam jenis dibandingkan makan satu jenis sushi dalam jumlah banyak. “Satu gulungan nasi dengan ikan mentah ditambah sup miso dan sedikit protein jika disatukan bisa jadi keseimbangan yang sempurna.”

2. Mulai dengan Edamame

Edamame atau kedelai Jepang menurut Allison adalah makanan rendah kalori dan tinggi protein yang sangat baik jika dikonsumsi sebagai makanan pembuka. Dan akan lebih baik lagi jika Anda mengonsumsinya tanpa rasa asin atau tambahan garam.

3. Pilih Sup atau Salad

Ini juga bijaksana untuk mulai makan dengan yang kaya serat seperti salad atau rumput laut yang tinggi antioksidan. Bila perlu, semangkuk kecil sup miso dengan kaldu dan tofu juga bisa dinikmati sebelum makanan utama.

Meskipun sup miso tinggi sodium, tapi makanan ini tergolong aman bila Anda tidak makan berlebihan. Pastikan untuk minum banyak air setelah makan sup miso,” kata Allison.

4. Pilih Sashimi

Beberapa potong protein yang dikemas dalam sashimi (ikan mentah) memiliki kandungan sekitar 25 kalori setiap potongnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah bertanya tentang kualitas ikan pada restoran.

5. Melewatkan sushi yang menggunakan mayonaise

Daripada memilih sushi yang dicampur mayonaise, Allison menyarankan untuk menggunakan wasabi dan jahe untuk menambah tingkat rasa di setiap gigitan. Ingat juga, bahwa beberapa gulungan seperti belut yang disajikan dengan rasa manis juga memiliki kalori yang tinggi.

6. Cerdas menghindari gorengan

Dari begitu banyak pilihan lezat pada menu sushi, sangat mudah untuk menghindari gorengan. Hindari tempura dan juga sushi rolls yang di dalamnya terdapat gorengan juga.

7. Teh hijau (Ocha) pilihan terbaik

Teh hijau (Ocha) panas akan sangat baik dikonsumsi setelah makan sushi karena kaya akan antioksidan,” kata Allison.

Source : health.liputan6.com
COMMENT