SHARE THIS ARTICLE

Memilih makanan yang sehat sangatlah penting. Salah satu makanan sehat yang kini banyak dikonsumsi masyarakat adalah Sushi, tapi jangan salah memilih, bisa-bisa Anda tidak mendapatkan makanan olahan Jepang yang menyehatkan.

Sushi (foto:shine)
Sushi (foto:shine)

Biar tubuh Anda sehat saat menyantap sushi, maka ada baiknya memerhatikan beberapa trik berikut ini seperti dilansir Shine:

Pilih miso sup
Makanan pembuka tidak selamanya memesan makanan besar, pilih saja semangkuk miso sup atau salad rumput laut. Memang salad ini jarang disukai karena kebanyakan lebih memilih salad hijau dari sayuran.

Jangan pesan terlalu banyak
Meski banyak pilihan sushi yang ada di menu, maka ada baiknya memperhitungkan daya tampung tubuh Anda, cukup pesan dua gulungan kecil atau beberapa potongan sashimi. Bila masih terasa lapar maka Anda bisa memesannya kembali sesuai batas kemampuan.

Hindari mayonaise dan keju
Dua elemen ini memang diperlukan demi menambah sensasi kenikmatan sushi, biasanya dua bahan ini sering dipakai pada olahan fussion sushi. Lupakan dua bahan ini bila ingin sehat dan gantikan dengan rasa yang kuat seperti jahe dan oksidan. Sebab jahe adalah bahan makanan yang bagus buat sistem kekebalan tubuh, sedangkan wasabi dikemas memiliki antioksidan, bila perlu beri lobak karena lobak masuk dalam kategori sayuran.

Pikirkan natrium
Soy saus merupakan salah satu elemen yang penting dalam menyantap sushi, tapi dalam pemakaiannya maka Anda wajib memikirkan kadar natrium yang ada di dalam saus tersebut. Tidak ada salahnya untuk menguranginya.

Pilih beras merah
Anda bisa memesan kepada pelayannya untuk menggantikan nasi putih dengan beras merah karena beras ini akan membantu Anda mendapatkan jumlah yang cukup dalam serat dan terdapat kandungan mineral sehat lainnya seperti fosfor dan mangan. Jika tak ingin menggantikan dengan beras merah maka Anda bisa memesan sushi roll yang dibungkus dengan mentimun dan rumput laut.

Omega-3
Karena sushi banyak memakai ikan maka bisa memesan sushi yang diolah dengan memakai ikan tuna dan salmon, karena dua ikan inilah mempunyai kadar omega-3 tinggi dan kadar kalori lebih rendah daripada item lainnya

Jangan pilih berbahan tepung
Serpihan tempura yang diolah dari tepung memang sangat nikmat untuk disantap tapi semua makanan yang digoreng tidak mengandung sehat apapun buat tubuh. Ini hanya memberikan rasa lezat saja.

Source : lifestyle.okezone.com
COMMENT