SHARE THIS ARTICLE
Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Keseharian Anda tidak bisa lepas dari layar gadget? Ahli bedah mata mengatakan kasus mata kering meningkat akibat seringnya menatap layar gadget. Namun risikonya bisa dikurangi dengan makan sushi. Makanan khas Jepang itu memiliki khasiat meringankan keluhan di mata Anda.

Dikutip dari Daily Mail pada Senin (2/3/2015), beredarnya aplikasi canggih di smartphone memang membuat banyak orang sulit lepas dari gadget bahkan kecanduan. Padahal menatap layar smartphone, komputer dan TV seharian bisa menyebabkan mata kering dan kelelahan.

David Allamby, seorang ahli bedah laser mata terkemuka percaya bahwa kasus rabun jauh akan meningkat 50 persen dalam kurun 10 tahun ke depan karena kebiasaan menatap layar gadget terus-menerus. Pendiri Focus Clinics di London ini juga mengatakan kondisi tersebut dijuluki dengan “screen sightedness“.

Setelah menatap komputer sepanjang hari di tempat kerja, banyak orang mengeluhkan mata kering,” ungkap David.

Menurut David, ada tips yang sederhana namun ampuh untuk menurunkan kondisi mata lelah serta kering yaitu makan sushi. David menjelaskan bahwa tubuh membutuhkan omega-3 dan omega-6 agar mencegah mata kering. Kedua nutrisi ini dapat ditemukan pada sushi dan baik untuk kesehatan tubuh.

Omega-3 dan omega-6 mengandung asam lemak esensial sehingga kelopak mata dapat menghasilkan minyak yang menyebar di seluruh permukaan mata. Hal itulah yang bermanfaat mencegah mata menjadi kering,” jelas David.

Studi lain juga menemukan bahwa wanita yang makan ikan hanya seminggu sekali lebih mungkin menderita mata kering dibandingkan mereka yang makan ikan dua kali atau lebih selama seminggu.

David menyarankan agar mengonsumsi beberapa jenis ikan yang berasal dari perairan air dingin seperti salmon, mackerel, herring dan tuna. Selain ikan, David juga menyarankan konsumsi flaxseed oil untuk meningkatkan kualitas mata, khususnya bagi mereka yang vegetarian.

Source : health.detik.com
COMMENT