SHARE THIS ARTICLE

Apa itu Lolita Fashion Style?

Lolita Fashion adalah sebuah fashion style di Jepang yang beracuan pada pakaian era Victoria serta kostum dari periode Rococo. Ciri dari Lolita Style adalah siluet asli dari rok atau gaun panjang selutut dengan bentuk ‘cupcake’. Tampilan Lolita masa kini telah berkembang menjadi berbagai jenis pakaian termasuk korset, blus, kaos kaki atau stocking setinggi lutut hingga hiasan yang dipakai di kepala. Lolita fashion juga berkembang menjadi subkultur yang hadir di banyak bagian dunia.

Jenis-jenis Lolita Fashion Style

Jika kita berbicara mengenai jenis-jenis Lolita Fashion Style, tahukah kalian bahwa Lolita style ini ada banyak ragamnya? Di antara berbagai ragam jenis tersebut, ada 7 jenis Lolita Style yang paling populer, yaitu:

1. Ghotic Lolita (Gosurori)

lolita jepang (1)Style Lolita ini adalah yang paling terkenal di Jepang. Style ini mengadaptasi dari dua style yang berbeda, yaitu ghotic dari zaman-zaman kegelapan Eropa dan Lolita periode Rococo dan Victorian. Sesuai namanya, Ghoctic Lolita selalu berkombinasi dengan warna hitam dan putih, disertai kombinasi renda-renda di ujung pakaian dan hiasan pita-pita. Kebanyakan di bagian roknya dihiasi dengan crinoline dan petticoat dan dilengkapi dengan stocking atau bisa juga memakai kaos kaki hingga lutut, jangan lupa juga memakai sepatu boots Marry Jane.

2. Sweet Lolita (Ama Rori)

lolita jepang (2)Style Lolita dari genre ini sudah pasti mencerminkan gadis kecil yang manis, cantik, lucu serta ceria. Karena kesan dari penampilan Lolita jenis ini haruslah dibuat semanis dan secantik mungkin. Pakaian yang biasa digunakan untuk style ini adalah baju dengan terusan rok. Warna yang biasa dipakai biasanya warna-warna pastel yang cerah, contohnya pink pastel, merah pastel, biru pastel, ungu, dan krem.

3. Punk Lolita

lolita jepang (3)Sesuai dengan namanya, Punk Lolita adalah campuran dari gaya Punk dan gaya Lolita. Style ini tampak seperti seorang gadis tomboy yang cantik. Aksesoris yang sering ditemui dari Punk Lolita adalah rantai, peniti, pin dan boneka. Banyak juga yang disertai rok plaid dan kemeja serta dasi gantung. Dan jangan lupa sepatu boots tali, atau bisa juga memakai sepatu sport biasa dengan warna yang beragam.

4. Erotic Lolita

lolita jepang (5)Jenis dari gaya Lolita ini lebih mengutamakan keindahan tubuh si pemakai. Style ini cenderung memperlihatkan bentuk tubuh pemakai. Jika memakai rok, roknya pasti akan lebih pendek dari jenis Lolita lainnya, dan biasanya roknya hanya menutupi tubuh bagian atas saja setelah itu memakai celana terusan yang mengetat.

5. Maid Lolita

lolita jepang (4)Kalian pasti sudah familiar dengan style Lolita yang seperti ini. Style ini diadaptasi dari pakaian pelayan Perancis. Pakaian atas bagian dalam dirombak seperti korset dan bagian bawah seperti stocking tinggi. Banyak yang percaya siapapun yang memakai style ini akan terlihat lebih muda.

6. Wa Lolita

lolita jepang (6)Style ini terkenal dengan bentuknya yang dipadukan dengan kimono atau yukata, dan seperti yang kita ketahui, kimono atau yukata adalah pakaian tradisional Jepang. Panjang dari pakaian ini biasanya tak lebih dari selutut.

7. Classic Lolita

lolita jepang (7)Classic Lolita adalah gaya yang lebih dewasa dari Lolita lainnya dan berfokus pada gaya Rococo dan Victorian. Warna dan pola yang digunakan dalam klasik Lolita dapat dilihat sebagai suatu tempat antara gaya Gothic manis, itu bukan gelap seperti Gothic Lolita, namun tidak imut seperti Sweet Lolita.
Desain berisi garis-garis dengan unsur Kekaisaran juga masih digunakan untuk menambah kesan dewasa. Make-up yang digunakan dalam Classic Lolita lebih seperti susunan Sweet Lolita, dengan penekanan ditempatkan pada pewarna alami.

Nah.. bagi kalian yang menyukai Lolita Style, gaya yang mana yang lebih kalian suka? Semoga info ini bermanfaat ya untuk kalian yang sedang galau memilih tema Lolita mana yang akan dipakai ke Cosplay nanti.

Source : technokers.com
COMMENT