SHARE THIS ARTICLE

Siapa yang bilang bahwa anime tidak mendidik? Untuk sebagian orang, anime mungkin hanyalah film kartun untuk mengisi waktu saja. Namun untuk orang yang gemar dan telah lama menonton anime, mereka dapat mengambil dan mempelajari beberapa hal mengenai kehidupan dan berbagai pengetahuan umum lainnya. Di bawah ini adalah 5 hal yang dapat kita pelajari dengan menonton anime :

1. Hal pertama yang dapat kita pelajari dengan menonton anime adalah diri kita sendiri. Dengan menonton anime kita sadar bahwa kita dapat jatuh cinta pada sosok karakter anime yang sangat sempurna walau sebenarnya sosok itu tidak ada. Jenis/genre anime yang kita tonton pun akan menunjukkan karakter/sifat serta jati diri kita yang sebenarnya.

2. Kebudayaan dan bahasa. Dengan banyak menonton anime, pasti akan tumbuh perasaan dan keinginan dalam diri kita untuk mengunjungi Jepang. Apakah kita tertarik akan bahasa atau kebudayaannya, kita akan berusaha lebih giat mempelajari hal tersebut. Banyak kebudayaan dan kebiasaan orang Jepang yang menarik dan pastinya membuat kita tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut.

3. Klub ekstra-kurikuler. Kegiatan klub ekstra-kurikuler dalam anime selalu nampak menarik dan menyenangkan, mungkin karena itu dalam anime semua murid bergabung dengan sebuah klub. Menarik juga untuk kita melihat bagaimana tiap klub berusaha merekrut murid baru di sebuah sekolah untuk bergabung, dan bagaimana sebuah klub meramaikan bunkasai (festival sekolah) yang pada gilirannya menjadi suatu bagian dari anime tersebut yang juga selalu kita nantikan kemunculannya. Anime seperti K-On! dan Kokoro Connect adalah contoh rekomendasi anime yang masuk dalam kategori ini.

4. Olahraga. Jika Anda bukan tipe orang yang menggemari olahraga di luar ruangan, maka menyaksikan anime yang bercerita tentang olahraga dapat membuat kita mengenal satu jenis olahraga, mengetahui aturan-aturan permainan dan bahkan mengetahui sedikit teknik dan jurus dalam olahraga tersebut. Serial olahraga seperti Prince of Tennis dan Kuroko’s Basketball memperlihatkan teknik permainan yang sangat menarik untuk ditonton.

5. Kehidupan. Salah satu genre anime yang memiliki banyak penggemar. Tema slice of life (penggalan kehidupan) menunjukkan hal apa saja yang dapat terjadi dalam kehidupan dan betapa kita tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi dalam kehidupan kita dan orang lain. Kita dapat belajar banyak dari permasalahan, situasi dan kejadian sehari-hari yang dialami oleh para tokoh dalam anime tersebut. Anime jenis itu juga dapat mengilhami kita untuk menikmati hidup apa adanya dan tetap positif, apapun yang terjadi. Contoh bagus untuk anime genre ini adalah Azumanga Daioh, K-On! dan nichijou.

Jadi, apa yang telah Anda pelajari dari anime?

sumber : blog.rekuru.com

COMMENT