Share on

Hampir semua orang Jepang bertubuh langsing yang bikin banyak wanita iri. Jadi penasaran deh, apakah mereka punya tips atau cara khusus agar tetap langsing?  Nah, untuk mengusir rasa penasaranmu, JS punya beberapa hal yang jadi rahasia tubuh langsing dan sehat orang Jepang.

Advertise With Us

Porsi Makan

Rahasia tubuh langsing orang Jepang japanesestation.com
Ilustrasi makanan (theculturetrip.com)

Saat makan, orang Jepang lebih mengutamakan kualitas dibandingkan dengan kuantitas. Menurut mereka, kualitas dan kenikmatan makanan jauh lebih penting, karena itu, porsi makan mereka lebih kecil dibanding makanan di negara lain.

Snack Sehat

Ketika dewasa, orang Jepang biasanya jarang memakan camilan. Tetapi saat mereka ngemil, biasanya mereka memilih untuk memakan snack sehat seperti ikan atau rumput laut kering, onigiri, atau rice cracker.

Menghindari Makanan Manis

Rahasia tubuh langsing orang Jepang japanesestation.com
Snack manis (theculturetrip.com)

Dessert dan camilan manis Jepang biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu manis, berbeda dengan camilan asal negara barat. Orang-orang Jepang juga tidak terlalu menyukai rasa manis dan lebih memilih untuk menikmati segala jenis rasa makanan, bukan hanya rasa manis saja. Bahkan, beberapa hal yang tidak termasuk sebagai dessert di negara lain, lseperti tofu manis dan pasta kacang merah, dianggap sebagai camilan lezat di Jepang.

Makanan Orang Jepang Bervariasi

Rahasia tubuh langsing orang Jepang japanesestation.com
Makanan Jepang yang variatif (theculturetrip.com)

Di Jepang, turis asing memiliki reputasi sebagai “pemilih” dan “tidak berani mengeskplor” dalam hal makanan. Orang Jepang sendiri senang mencampur berbagai jenis makanan setiap makan, membuat makanan mereka lebih bervariasi, baik dari sisi tekstur, warna dan rasa. Orang Jepang juga menyukai makanan regional dan musiman, jadi mereka selalu memakan apapun sesuai musimnya.

Hara hachi bu

Masyarakat Jepang memiliki aturan untuk makan tidak sampai terlalu kenyang, yaitu hara hachi bu. Arti istilah ini adalah “makan hanya sampai perutmu terisi 80%”. Karena adanya peraturan ini, orang Jepang pun bisa panjang umur! 

Jarang Meminum Soda

Rahasia tubuh langsing orang Jepang japanesestation.com
Minuman bersoda Jepang (livejapan.com)

Di Jepang, minuman manis dan bersoda tidak sepopuler di negara lain karena mereka memilih untuk meminum minuman yang lebih sehat seperti teh tanpa gula. Faktanya, banyak restoran Jepang yang tidak menyediakan menu minuman dan memberi tamunya air mineral atau teh secara cuma-cuma.

(Tidak Sengaja) Olahraga

Rahasia tubuh langsing orang Jepang japanesestation.com
Ilustrasi berjalan di stasiun (theculturetrip.com)

Orang-orang Jepang tidak memiliki waktu untuk berolahraga tearatur di gym, jadi mereka memastikan untuk menyisipkan okahraga dalam kegiatan mereka sehari-hari. Biasanya, mereka “berolahraga” saat berjalan kaki menuju stasiun dan kantor atau bersepeda ke sekolah. Mereka juga terbiasa untuk berbelanja sedikit demi sedikit pada waktu tertentu dibanding langsung berbelanja banyak barang. Hal ini juga membantu mereka agar tetap terlihat langsing.

Tekanan Sosial

Di negara lain, porsi besar dan orang-orang yang overweight sudah tidak aneh. Apalagi, banyak negara yang menyediakan pakaian dengan ukuran big size. Sementara itu, di Jepang banyak tekanan yang membuatmu “terpaksa” menjadi kurus. Menemukan pakaian berukuran besar pun sulit. Jadi, mayoritas orang Jepang berusaha untuk tetap langsing.

Beberapa cara di atas terlihat mudah untuk dilakukan kan? Yuk, kita coba lakukan dari sekarang biar tubuh tetap langsing!