SHARE THIS ARTICLE
Bakso jamur shiitake (Foto: Katsumi Oyama)
Bakso jamur shiitake (Foto: Katsumi Oyama)

Di berbagai restoran mewah, kita sering melihat masakan-masakan Jepang dengan harga yang elegan. Namun tidak semua masakan Jepang seperti itu. Contohnya bakso jamur shiitake yang lezat ini.

Dilansir dari ajw.asahi.com, untuk memperkenalkan hidangan yang lebih ramah terhadap dompet kalian, ahli memasak bernama Atsuko Matsumoto menggunakan jamur shiitake yang diisi dengan campuran daging dan menambahkan kentang tumbuk agar membuatnya menjadi lembut.

Ia mengatakan agar “membuat bakso jamur ini lebih menggugah selera,” goreng bakso jamur tersebut dalam rendaman minyak hingga berwarna keemasan. Campuran daging yang tersisanya dapat digunakan untuk membuat bakso.

Tambahkan kecap ke dalam kaldu setelah pertama menambahkan sake dan gula menjelang akhir proses memasaknya, ujar Matsumoto. Untuk mempertahankan aroma kecapnya, waktu memasak harus singkat katanya. Hidangan ini disajikan untuk empat porsi.

Bahan-bahan

12 jamur shiitake kecil
150 gram daging ayam
50 gram kentang
Bahan-bahan A (1 butir telur, 2 sdt gula, 1/2 sdt garam)
50 gram bawang
2 sdt pati katakuriko
Minyak untuk menggoreng
1/6 (300 gram) sawi
Bahan-bahan sup (1 cangkir kaldu dashi, 3 sdm sake/bisa diganti bumbu lainnya, 1 sdm gula, kurang dari 1 sdm kecap)

Cara membuatnya

Rebus kentang, kupas dan hancurkan. Cincang halus bawang dan campur dengan tepung katakuriko.
Campurkan dalam telur mentah. Tambahkan kentang dan bahan-bahan A dengan ayam, aduk rata. Tambahkan bawang dan campurkan.
Potong batang-batang dari jamur shiitake, taburi katakuriko (tidak tercantum di atas) dalam topi jamur. Masukkan dalam campuran daging dan bentuk topi jamur menjadi bola menggunakan pisau kecil.
Goreng dalam minyak panas 180 derajat hingga berwarna cokelat keemasan. Angkat. (Bahkan jika bagian dalam dari baksonya masih mentah, minyak yang mendidih akan menyelesaikan prosesnya.)
Potong bagian yang keras dari daun sawi di sudutnya. Potong bagian daunnya.

Panaskan sedikit minyak dalam panci, tumis sebentar sawinya dan taburi garam dan merica (tidak tercantum di atas). Tambahkan kaldu, sake dan gula dan didihkan. Tambahkan kecap, bakso shiitake dan masak selama 4 hingga 5 menit dengan tutup panci dipasang. Ketika dimasak, tambahkan katakuriko yang telah dicampur dengan air untuk menambah kekentalan sup.

Perkiraan waktu: 40 menit (25 menit untuk menyiapkan, 5 menit untuk menggoreng, 10 menit untuk menyelesaikan)

Informasi gizi (per porsi): dalam kilokalori, sekitar 215; konten natrium, 1,8 gram; kadar lemak, 11,4 gram

Source : ajw.asahi.com
COMMENT