SHARE THIS ARTICLE

Lezat hangat ayam jahe khas JepangJepang memiliki banyak pilihan makanan, baik yang tradisional maupun modern, mulai dari sushi, sashimi, sukiyaki, teriyaki, dan lainnya hingga makanan olahan baru, seperti sajian berikut ini. Resep ayam jahe Jepang ini di-posting di Fresh Tastes Blog oleh Marc Matsumoto dari NoRecipes.

Dilansir dari pbs.org, hidangan ini benar-benar nikmat dan menambahkan rasa yang sama sekali tidak biasa, tidak seperti ayam teriyaki. Makanan favorit di Jepang ini penuh dengan rasa lezat perpaduan dari manisnya madu dengan jahe yang dapat menghangatkan perut.

Untuk 4 porsi.

Bahan-bahan

700 gram paha ayam tanpa tulang
2 sdm kecap
2 sdm sake (bisa diganti bumbu lain sesuai selera)
2 sdm madu
1 sdm jahe parut halus segar
1 sdt minyak sayur
daun bawang cincang dan biji wijen untuk hiasan

Cara pembuatan

Potong ayam menjadi potongan kecil. Dalam mangkuk, aduk kecap, sake, madu, dan jahe bersama-sama, kemudian tambahkan ayam. Rendam selama minimal 30 menit.

Panaskan wajan dengan api sedang sampai panas. Tambahkan minyak kemudian aduk hingga melapisinya. Goreng ayam dalam wajan. Jika kalian ingin mendapatkan warna cokelat berkerak yang bagus, sangat penting menjaga daging ayam tersebut digoreng dalam dalam lapisan tersendiri dan memiliki jarak antara masing-masing potongan dagingnya. Karena ada gula dalam rendaman bumbunya jika wajan kalian terlalu panas daging ayamnya akan gosong. Jika wajannya terlalu dingin, air akan muncul keluar dari daging ayam dan dagingnya tidak akan berwarna cokelat. Sesuaikan panas apinya.

Ketika daging ayamnya sudah berwarna kecokelatan di satu sisi, balikkan sisi lainnya. Pindahkan daging ayam ke piring. Setelah semua daging ayam kalian kecokelatan, gunakan kertas tisu untuk menghapus setiap minyak berlebihnya, kemudian tambahkan sisa bumbu rendamannya ke dalam panci bersama dengan 2 sendok makan air. Panaskan campuran bumbu tersebut hingga mendidih dengan api sedang, dan kemudian masukkan semua daging ayam ke dalam panci. Aduk, sampai cairannya telah banyak menguap dan daging ayamnya memiliki lapisan kecap yang mengkilap.

Hiasi dengan daun bawang dan biji wijen dan sajikan di atas nasi.

Source : pbs.org
COMMENT