SHARE THIS ARTICLE

ALL ARTIST (2)

Konbanwa Minasan!

Bagaimana kabar kalian? Masih tetap membawakan kabar dan berita dari Jepang nih, kali ini kita akan membahas mengenai New Kawaii Party (biasa disingkat NKP), yang dilaksanakan di Kawaii Monster Café Harajuku, Japan, 19 Desember lalu.

Event ini berlangsung pada hari sabtu, 19 Desember 2015, pada pukul 18.00 hingga pukul 20.00 dengan berbagai bintang tamu yang turut meramaikan acara dari awal hingga akhir. Mau tahu siapa saja bintang tamu yang turut meramaikan acara ini? Ikuti terus ya….!

INTERIORR (2)

INTERIOR (12)

INTERIOR (13)

Duh, kafe yang satu ini terbilang cukup unik dan menarik, gimana nggak, dengan desain yang super nyentrik hingga interior yang eye catching banget, menambah kesan ‘kawaii’ pada kafe yang bisa ditempuh 1 menit berjalan kaki dari Meijingu-mae, dan juga 5 menit berjalan kaki dari Harajuku Station.

Kita bahas mulai dari interior Kawaii Monster Café ya! Ketika pertama kali masuk ke kafe ini, kita akan dibuat terkesima oleh desainnya yang epik, serta gabungan dari berbagai fantasi yang dikreasikan hingga membentuk sebuah komponen kafe. Sepeti rumah jamur ataupun cup yang dibuat menjadi tempat duduk, Lampu gantung yang berbentuk dot bayi serta bibir yang merah merona, serta pecahan-pecahan kaca yang berkilauan ketika diterpa cahaya. Tak kalah unik, hiasan kepala binatang seperti kelinci dan kuda yang menggantung di atap-atap turut meramaikan desain interior dari kafe ini.

INTERIOR (1)

INTERIOR (2)

INTERIOR (3)

INTERIOR (4)

INTERIOR (5)

INTERIOR (7)

INTERIOR (8)

INTERIOR (9)

INTERIOR (14)

INTERIOR (15)

INTERIOR (16)

INTERIOR (17)

INTERIORR (1)

INTERIORR (18)

INTERIORR (21)

INTERIOR (10)

INTERIORR (23)

INTERIOR (19)

INTERIORR (24)

Panggungnya juga nggak kalah menarik lho, panggung yang berbentuk seperti kue tart yang bulat dengan ukuran medium ini berada tepat di tengah-tengah kafe. Panggung berbentuk kue tart ini benar-benar terlihat sangat yummy!

PANGGUNG (1)

PANGGUNG (2)

PANGGUNG

Di bagian belakang panggung, kalian akan menemukan desain seperti es krim yang menempel di langit-langit, serta beberapa ekor semut yang mengerumuni es krim cone yang tumpah dan melekat di langit-langit. Eh nggak cuma es krim lho, ada juga coklat berwarna pastel dan juga strawberry yang ditusuk garpu yang menempel di dinding! Hmm… ada juga tumpukan macaron dan cream yang terlihat sangat yummy menempel di dinding, tepat berseberangan dengan kawanan strawberry. <3

Datang ke kafe ini bener-bener merasa sweet banget, eh maksudnya berasa lapar yah! Karena interiornya sendiri terlihat cukup yummy, apalagi makanannya… nggak kalah unik! Pengunjung akan dimanjakan dengan rasa dan desain makanan yang kawaii. Seperti mie yang berwarna-warni, dan juga aneka ragam cake yang super duper kawaii. Berasa nggak tega memakannya!

INTERIOR (11)

INTERIOR (6)

INTERIOR (18)

INTERIORR (3)

INTERIORR (7)

INTERIORR (9)

INTERIORR (11)

INTERIORR (13)

INTERIORR (15)

INTERIORR (17)

INTERIORR (20)

GUEST (1)

GUEST (2)

Eh, belum selesai…! Kita mampir ke toiletnya yuk…! Iya toilet! Kalian nggak salah baca kok….!

TOILET (2)

TOILET (3)

Ternyata toiletnya juga nggak kalah unik dari interior kafenya lho! Haha… Ketika pertama kali masuk ke dalam toiletnya, maka kalian akan menemukan 4 pintu toilet yang berwarna warni. Ah, tapi coba kalian perhatikan dindingnya. Dindingnya terdiri dari susunan kaca yang berwarna-warni, dihiasi dengan lampu gantung yang cukup mewah. Tapi ada satu hal yang aku paling suka dari toilet ini. Sekarang perhatikan wastafelnya ya…!

TOILET (1)

Wastafelnya bening dan transparan, dan kalian akan menemukan ratusan bola warna-warni yang memenuhi bagian bawah wastafel. Cek gambar di bawah ini! Aku paling suka bola-bola ini. Haha…

TOILET (4)

Cukup mengulas tentang interiornya, sekarang kita mulai membahas mengenai siapa saja bintang tamu yang hadir dan turut memeriahkan acara ini. Dimulai dari Yukina, salah satu model dari JJ Magazine, Kanako Hiramatsu, salah satu anggota dari SKE48 Team S, yang berpartisipasi sebagai MC di acara ini, dan juga berbagai bintang tamu, mulai dari Yui Kanno, Saito Mirai, Kimura U, Misty, Taiki dan juga Stephanie.

Ada juga talkshow dengan para bintang tamu yang dipimpin oleh Kanako Hiramatsu yang mengulas mengenai masing-masing dari para bintang tamu tersebut mulai dari karir hingga foto-foto yang mereka tampilkan di layar beserta deskripsinya.

TALKSHOW (1)

TALKSHOW (3)

TALKSHOW (4)

TALKSHOW (5)

TALKSHOW (6)

TALKSHOW (8)

TALKSHOW (9)

TALKSHOW (10)

TALKSHOW (11)

TALKSHOW (12)

TALKSHOW (15)

TALKSHOW (16)

TALKSHOW (19)

TALKSHOW (21)

TALKSHOW (22)

TALKSHOW (23)

Tak lupa, konferensi pers yang menampilkan Tetsuya Yoneyama, atau yang lebih akrab disapa dengan nama Yone-san, yang menjelaskan secara detail mengenai projek Girl Brand, New Kawaii Party. Sebagai sang kreator dari Girl Brand baru ini, beliau turut mendeskripsikan mengenai apa itu New Kawaii Party, dan juga siapa saja yang bisa turut berpartisipasi di dalamnya.

Setelah sesi 1 berakhir, ada sesi foto dan wawancara dengan para bintang tamu, intip fotonya yuk!

ALL ARTIST (3)

KANAKO HIIRAMATSU (5)
Kanako Hiramatsu
KANNO YUI (3)
Yui Kanno
KIMURA U,
Kimura U
MIRAI SAITO (2)
Saito Mirai
MISTY
Misty
STEPHANIE (2)
Stephanie
YUKINA
Yukina

YONE-SAN (2)
Tetsuya Yoneyama

Yui Kanno, aku mengaguminya sejak dulu! Dia adalah salah satu model favoritku. Dia kalem dan juga murah senyum banget. Haha… Berikutnya ada juga Kimura U Sosoknya sangat ceria, selalu tertawa, bahkan selalu berpose ketika aku mengambil fotonya di backstage. Seperti kalimat favoritnya, “I;m the most pink creator in the world.” Ya, dia suka sekali warna pink, dan sama seperti setelan yang dipakainya pada saat itu, pink! Mirai Saito, super kalem, mata sayunya membuatnya terlihat sangat cantik.

Oh ya, acara New Kawaii Party ini terdiri dari 2 sesi, sesi pertama yang sebagian besar adalah konferensi pers yang dimulai pada pukul 18.00 hingga 20.00, dan dilanjutkan dengan acara yang berbeda pada sekitar pukul 21.00. Sesi kedua acara ini lebih menyuguhkan pertunjukan-pertunjukan dan liveshow dari para bintang tamu yang tentu saja berbeda dengan bintang tamu yang hadir pada sesi 1. Seperti manequin dance duo, yang dikenal dengan sebutan Femm, dengan dua personilnya. LuLa dan RiRi. Duo ini beraksi dengan dance ala boneka, yang menyuguhkan gerakan patah-patah ala robot yang dikemas dalam wujud sebuah manekin. Dan penampilan mereka memang keren! Mereka terlihat seperti manekin asli, dengan gerakan patah-patah yang terlihat natural. Kalau kalian penasaran dengan aksi panggung mereka, coba cari di Youtube ya! Tak hanya Femm yang turut meramaikan sesi ke-2 dari acara ini. Acara ini juga dimeriahkan oleh DJ yang aktif dalam menambah keramaian suasana di malam itu.

FEMM (1)

FEMM (3)

FEMM (4)

FEMM (5)

Nah, Kebetulan kemarin aku sempat melakukan wawancara dengan Yone-san, simak Q & A berikut ini yuk!

YONE-SAN (1)

Q. Halo Yone-san, apa kabar? Tolong jelaskan mengenai diri anda secara singkat!
A. Halo Japanese Station! Kabarku baik. Terimakasih telah diberi kesempatan untuk wawancara. Sekarang mari kita mulai wawancaranya! Namaku Tetsuya Yoneyama, CEO dari Super Inc, dan pemilik dari Girls Brand ‘NEW KAWAII PARTY’. Perusahaan kami adalah agensi advertising global yang berlokasi di Tokyo, New York, Jakarta, dan Paris. Kami juga memiliki sebuah girls brand yang cukup unik dibandingkan dengan agensi advertising yang lain.

Q. Sebagaimana yang kita tahu, Jepang selalu menciptakan trend-trend baru, dan kita dapat melihat akhir-akhir ini, Jepang menjadi trend center, dan Jepang telah ‘menginfeksi’ dunia dengan pop culture mereka. Bagaimana menurut anda mengenai hal ini?
A. Hmmm… itu tergantung dari poin mana yang kamu maksud. Aku tidak berpikir bahwa Jepang menjadi trend center lagi, karena ketika kamu berjalan menyusuri Omotesando, di sana kamu akan menemukan banyak sekali merk-merk internasional. Kami ingin membawa sesuatu yang keren dari luar, tetapi akhir-akhir ini kami tidak dapat membuat Jepang menjadi original brand. Aku pikir Uniqlo benar-benar brand fashion global, tetapi aku tidak dapat menemukan yang lainnya. Aku tidak tahu, tetapi ketika kamu melihat Jepang dari luar, mereka menganggap Jepang sebagai trend center. Dan tentu saja karena aku sendiri adalah orang Jepang, jadi itu semua tergantung dari poin manakah kamu menilainya.
Namun, ketika kamu memikirkan tentang pop culture, aku yakin Jepang telah memimpin dunia. (Trend center di sini berarti popculture. Trend center dapat menjadi berbagai hal, di antaranya: pop culture, fashion, food, dan lifestyle). Jadi itu semua tergantung dari poin manakah yang kamu maksud. Dan ngomong-ngomong, aku pikir pop culture Jepang telah mempengaruhi dunia terutama di Asia dan Eropa, seperti Prancis. Tetapi tidak mempengaruhi terlalu banyak di US. Dunia ini terlalu luas, dan brand kami, NEW KAWAII PARTY ingin menaungi berbagai area karena belum pernah ada orang yang mencobanya.

Q. New Kawaii Party merupakan ide yang bagus, bisakah anda menceritakan pada kami mengenai nama tersebut? Mengapa anda menyebutnya ‘New’ Kawaii Party?
A. Aku memberi nama brand ini ‘NEW KAWAII PARTY’, karena PARTY disini berarti adalah sekelompok orang yang berkumpul bersama untuk suatu tujuan yang spesifik, BUKAN unntuk makan dan minum di malam hari. Dan konsep kami terbagi menjadi 4 kata kunci:

– Sophistication: Kami berpikir kembali bahwa targetnya adalah wanita dari usia 20 hingga 30-an. Bukan dari usia 10 hingga awal 20.
– Global: Melebihi negara, projek girl brand ini adalah projek yang mencakup seluruh dunia.
– LGBT: Kami senang untuk menyambut orang, tidak peduli gender mereka. (L: Lesbian / G: Gay / B: Bisexual / T: Transgender)
– Party: Sebuah kelompok yang berkumpul untuk suatu tujuan yang jelas.

Jadi, berbasis pada 3 kata kunci di atas, kami menetapkan dan membangun kembali brand kawaii ini di luar dan melebihi generasi, negara dan gender.

Q. Bagaimana anda menemukan ide tersebut?
A. Ide ini berkaitan erat dengan hidupku, maksudku apa yang telah aku lakukan selama ini di hidupku. Selama aku masih menjadi siswa SMP, aku ingin pergi ke luar negeri dan menghabiskan waktu di luar negeri. Selama hidupku, aku menghabiskan periode-periode terentu di New Zealand, US, dan Indonesia. Di sana ada banyak sekali orang dari berbagai negara yang berbeda, dan di sana tidak ada batasan antara pria dan wanita. Dan hal ini tentu saja berbeda dengan Jepang, karena Jepang adalah ‘Racially Homogeneous Nation’. Dan inilah mengapa aku memutuskan untuk menggabungkan orang-orang ini di dalam brand kawaii yang baru ini, dan membuatnya menjadi unik.
Dan satu alasan lagi adalah marketing, konsep dari kata ‘sophistication’ berarti lebih adalah target yang lebih dewasa. Ketika kamu mencoba untuk memakai budaya kawaii untuk sebuah marketing, kebanyakan orang berpikir bahwa itu adalah untuk audience yang muda (usia 10 hingga awal 20-an), yang berarti itu sulit untuk menghasilkan uang, karena audience yang muda tidak memiliki cukup uang. Itulah mengapa aku mengubah target audience-nya lebih ke orang dewasa yang matang (20 hingga 30-an).
Akhirnya, apa yang aku pikirkan adalah ‘Kenapa tidak aku memasukkan ide ini menjadi satu dan menjadikannya semakin unik?’ Karena global, LGBT, dan kecanggihan ide menjadi sesuatu di mana tidak ada seorangpun yang telah melakukannya. Aku ingin untuk membuat suatu konsep yang benar-benar berbeda. Singkatnya, aku berkata ‘PARTY’ (Mengumpulkan beberapa orang bersama-sama) itu seperti versi kawaii dari AKB48. Kita adalah PART, dan bukanlah seorang single superstar. Ini adalah cerita dimana ide ini terlahir.

Q. Apakah tujuan anda ke depan berhubungan dengan NKP?
A. Edukasi, dengan memakai girl brand ini, aku ingin mengirimkan talent-talent Jepang (model, pencipta, musisi) ke seluruh dunia. Kebanyakan orang pergi ke Asia seperti Indonesia, Thailand, China, dan sebagainya, karena lebih mudah untuk terbang ke negara-negara tersebut, dan negara-negara tersebut juga senang untuk menyambut orang Jepang.
Tetapi aku ingin mengirimkan talent-talent Jepang ke Eropa dan US. Contohnya adalah jika kita membuat brand fashion memakai NEW KAWAII PARTY, di sana akan ada banyak kemungkinan jika kita pergi ke Asia, Eropa dan U.S. Jawabannya sangatlah sederhana, lebih banyak lagi negara, lebih banyak lagi kesempatan.
Jadi aku ingin menyiapkan beberapa sistem untuk mengirim orang-orang Jepang yang bertalenta ke luar negeri. (Ke mana saja mereka pergi itu tidak masalah, karena jawabannya adalah tidak hanya Asia, namun juga berbagai tempat).
Untuk tujuan ini, contohnya aku ingin mendirikan sekolah Bahasa Inggris untuk meraih orang-orang dengan talent global. Ini hanyalah sebuah ide, namun tujuan utamanya adalah untuk edukasi. Dan tentu saja kita harus membuat standar new kawaii di dunia pertama-tama. Mungkin itu akan membutuhkan 10 atau 20 tahun, tidak masalah. Ini adalah sesuatu seperti pekerjaan hidupku.

Q. Oke, terimakasih utuk jawabannya Yone-san! Terakhir, bisakah anda memberikan beberapa pesan kepada para pembaca Japanese Station?
A. Japanese Station, aku benar-benar merindukanmu, kawan! Karena aku telah menghabiskan 1 tahun di Indonesia. Aku tahu apa dan bagaimana Indonesia. Aku tahu bagaimana orang Indonesia sangatlah baik dengan orang Jepang. Aku pikir Japanese Station memegang sebuah peranan yang sangat penting di Indonesia. Maksudku, menjadi jembatan antara Jepang dan Indonesia. Dan aku merasa terhormat karena telah diwawancarai oleh sebuah media yang sangat bagus!
Kerika aku mendengar tentang serangan teroris di Jakarta, itu sangat membuatku terkejut, dan aku segera mengirimkan pesan kepada teman-temanku yang berada di Indonesia dan meyakinkan bahwa mereka baik-baik saja.
Aku tahu bahwa orang Indonesia kuat dan tidak menyerah dengan tragedi ini, tetapi dengan memakai girls brand ini, aku ingin membuat suatu rencana yang menyenangkan, untuk membuat orang Indonesia senang dan tersenyum, karena kita adalah teman! Saling tolong menolong antara satu sama lain itu sangat penting, seperti orang Jepang menolong Indonesia untuk menjadi negara yang merdeka kembali pada tahun 1960-an. Aku tidak tahu seberapa banyak kita dapat menolong, tetapi setidaknya aku akan mencoba. Semangat Indonesia! Terimakasih ya!

*******

Wah, wawancara yang cukup panjang ya dengan Yone-san! Yah kita terus support dan berharap supaya projek NKP ini bisa berjalan dengan lancar dan semakin sukses ke depannya ya! Tetap semangat untuk Yone-san! Semakin menghasilkan ide-ide cemerlang ya!

MTV81 juga meliput acara ini, dan akan segera tayang di Indonesia, stay tune terus yah!

Nah, buat kalian yang pengen terus mengikuti perkembangan NKP, follow akun social media NKP yah untuk terus update mengenai Girls Brand yang satu ini. Berikut link-link dari akun social media NKP:

NEW KAWAII PARTY Official Website
http://newkawaiiparty.com/

Twitter
https://twitter.com/NEWKAWAIIPARTY

Instagram
https://www.instagram.com/newkawaiiparty/

Facebook
https://www.facebook.com/newkawaiiparty/

COMMENT