SHARE THIS ARTICLE
Kereta Lambat Snow Turtle ftrd
Image Source: (left) Twitter.com/583_KitaguniExp, (right) Twitter.com/t_megumi

Sebagai pemilik shinkansen, Jepang terkenal dengan produksi kereta-kereta cepatnya, namun justru belum lama ini mereka malah membuat kereta Snow Turtle (kura-kura salju) yang kecepatannya bahkan bisa dikalahkan oleh orang yang berlari! Bagaimana sih asal-usul terciptanya kereta ini?

Jalur shinkansen mendominasi perhubungan kota-kota besar di selatan pulau Honshu, namun shinkansen tidak bisa menjangkau daerah pedesaan di utara, dan celah inilah yang dikelola oleh perusahaan kecil namun menguntungkan, Hokuetsu Express dengan Hokuhoku Line mereka yang meskipun hanya memiliki satu line sepajang 60 km, namun kereta mereka menyediakan sarana transportasi yang diperlukan untuk menghubungkan area Kanto dan Hokuriku di Jepang. Mereka juga memiliki kereta Snow Rabbit (kelinci salju) yang mereka klaim merupakan kereta yang tercepat di antara kereta dengan ongkos regular lainnya (88,6 km/jam).

Kereta Lambat Snow Turtle - Snow Rabbit

Sayangnya, pada bulan Maret lalu, Hokuetsu Express tersisih oleh Hokuriku Shinkansen yang telah dibuka, dan dihadapkan pada kebangkrutan, mereka putar otak demi mempertahankan bisnis mereka. Solusinya, dibandingkan berfokus untuk menyaingi kereta-kereta cepat, Hokuetsu lebih memilih untuk mementingkan transportasi dan wisata lokal, sehingga dalam suatu rapat, seseorang berkata, “Kita sudah memiliki Snow Rabbit. Kenapa kita tidak membuat Snow Turtle?”, lontar staf tersebut yang mengacu pada fabel Aesop, Kelinci dan Kura-Kura (The Tortoise and the Hare). Nyatanya, ide tersebut menuai antusiasme para staf perusahaan tersebut yang lalu sungguh-sungguh mewujudkan ide tersebut.

Kereta Lambat Snow Turtle 1

Saat Snow Rabbit bisa menempuh Hokuhoku Line dalam 57 menit dan kereta standar lainnya mungkin sekitar satu jam lebih sedikit, Snow Turtle yang sudah mulai beroperasi sejak 7 November lalu menempuhnya dalam durasi 4 jam 4 menit dengan kecepatannya yang hanyalah 14 km/jam. Meskipun kecepatannya dengan mudah dapat dikalahkan oleh seorang pelari maraton, namun kecepatannya yang pelan memungkinkan para penumpang dan wisatawan menikmati keindahan pedesaan Niigata. Semoga pelan-pelan Hokuetsu Express bisa memenangkan persaingan seperti kura-kura dalam cerita, ya!

Kereta Lambat Snow Turtle - rakukata
‘Disalip’ oleh kereta lain
Kereta Lambat Snow Turtle 1 - rakukata
Bisa disusul bahkan oleh seorang pelari maraton

Menunggu dengan (ekstra) sabar:

Kecepatan Snow Turtle dari dalam kereta:

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT