Share on

Kepulauan Ogasawara atau juga disebut Kepulauan Bonin, adalah kepulauan yang berada 1.000 kilometer di selatan Tokyo. Secara letak geografis mirip dengan Okinawa, kepulauan ini memiliki iklim subtropis yang hangat selama setahun penuh. Di antara pulau-pulau di Ogasawara, hanya terdapat 2 pulau yang berpenghuni. Uniknya, 2 pulau tersebut diberi nama Chichijima (Pulau Ayah) dan Hahajima (Pulau Ibu). Yang akan dibahas kali ini adalah Chichijima.

Advertise With Us

Wisata Alam Chichijima, Pulau Terbesar di Kepulauan Ogasawara
(gambar: japan-guide)

Chichijima adalah pulau paling besar di Ogasawara. Pulau pegunungan ini dikelilingi oleh hutan subtropis, laut pasir putih, dan tebing-tebing curam. Banyak pengunjung dari perkotaan yang datang kesini untuk mencari suasana baru.

Di bulan Februari hingga April pengunjung dapat melihat paus bungkuk yang sering muncul didekat pulau ini, kemudian di bulan Juli sampai September adalah saat paus kepala kotak bermunculan. Dan 2 jenis lumba-lumba yaitu bottlenose dan spinner yang dapat disaksikan sepanjang tahun tanpa harus menunggu bulan tertentu. Pengunjung juga bisa menggunakan pantai untuk berjemur, berenang, dan snorkeling. Bulan yang pas untuk melakukan snorkeling yaitu bulan Juni sampai Oktober.

Wisata Alam Chichijima, Pulau Terbesar di Kepulauan Ogasawara
(gambar: japan-guide)

Di Chichijima ada jalanan yang dibuat supaya pengunjung dapat menggunakan titik observasi yang memberikan pemandangan terbaik di pulau. Tempat yang direkomendasikan yaitu Weather Station Observatory dekat pelabuhan Futami, yang dikenal dengan matahari terbenam dan kemungkinan melihat paus bungkuk saat musim dingin, dan Mount Chuo Observatory dengan pemandangan 360°-nya.

Wisata Alam Chichijima, Pulau Terbesar di Kepulauan Ogasawara
(gambar: japan-guide)

Selain itu ada penawaran menarik lain bagi pengunjung. Bersama dengan pemandu berlisensi, setiap hari ada kuota 100 orang yang boleh berangkat menuju Minamijima yang merupakan pulau dengan binatang dan tanaman asli. Hal ini dilakukan untuk menjaga ekosistem Minamijima yang rentan, dan pulau yang menjadi tempat bertelur dari Penyu Hijau ini ditutup dari bulan November sampai Februari.

Wisata Alam Chichijima, Pulau Terbesar di Kepulauan Ogasawara
(gambar: japan-guide)

Chichijima juga memiliki beberapa restoran dan bar yang menarik disekitar pelabuhan Futami. Disini pengunjung dapat menikmati berbagai sajian khas lokal seperti Shimazushi dan penyu laut, pulau ini juga menyediakan berbagai buah tropis.

Untuk berpergian ke Chichijima, pengunjung harus menaiki kapal pesiar Ogasawara-maru yang berangkat dari dermaga Takeshiba dekat stasiun Takeshiba, Minato, Tokyo dengan perjalanan sehari penuh, yang nantinya berlabuh di pelabuhan Futami, bagian utara Chichijima. Kemudian pengunjung dapat mengunjungi kantor informasi turis untuk melakukan reservasi kegiatan outdoor yang ada. Tur di sini umumnya menggunakan bahasa Jepang, tetapi ada juga tur yang menggunakan pemandu yang dapat berbicara dengan bahasa Inggris.

 

Featured image: ogasawara-info Source & image: japan-guide