Share on

Dihiasi dengan banyak kuil dan taman bersejarah, Kyoto adalah tujuan wisata yang sangat populer. Kyoto juga menjadi area yang populer untuk menikmati dedaunan momiji yang indah di musim gugur. Selama musim gugur, kuil dan taman mengadakan acara musiman untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan alamnya. Berikut ini adalah rekomendasi tempat terbaik untuk menikmati keindahan momiji di Kyoto selama musim gugur!

Advertise With Us

1. Kitano Tenmangu

Kitano Tenmangu
Kitano Tenmangu, Kyoto (matcha-jp.com)

Kitano Tenmangu adalah tempat di mana Sugawara-no-Michizane, dewa pembelajaran, diabadikan. Ini adalah markas besar kuil Tenmangu di Jepang, yang jumlahnya lebih dari 12.000. Orang-orang yang belajar untuk ujian atau bersiap untuk mengikuti ujian sertifikasi lisensi sering datang ke sini untuk berdoa agar sukses. Kuil ini dianggap sebagai tempat suci bagi mereka yang mencari pencapaian akademis.

2. Kodaiji

Kodaiji
Kodaiji, Kyoto (matcha-jp.com)

Kolam Karyochi, yang terletak di dalam kompleks Kodaiji, memantulkan warna dedaunan seperti cermin, yang mungkin menyebabkan kamu lupa waktu saat memandanginya. Pada tahun-tahun sebelumnya, acara pemetaan proyeksi diadakan di sini, dan pengunjung dapat menikmati seni yang terbuat dari balok cahaya yang diproyeksikan di dalam taman Hashintei. Di dekatnya terdapat kuil Zen tertua di Kyoto, Kenninji. Kamu bisa mendapatkan pemandangan indah dari dedaunan musim gugur di sini.

3. Kifune Shrine

Kifune Shrine
Kifune Shrine, menikmati momiji musim gugur di Kyoto (matcha-jp.com)

Kuil Kifune telah lama dipuja oleh orang-orang di Kyoto sebagai kuil yang melindungi sumber air di prefektur tersebut. Kuil ini juga sangat populer karena hubungannya dengan keberuntungan dalam hubungan. Poin utama dari kuil ini adalah toro (lentera) merah terang di sepanjang jalan kuil. Kombinasi dedaunan musim gugur dan cahaya dari lampu menyelimuti pengunjung dalam kehangatan.

4. Eikando

Eikando
Eikando, menikmati momiji musim gugur di Kyoto (matcha-jp.com)

Kuil Eikando telah lama terkenal dengan pemandangan momiji-nya. Kuil ini sangat terkenal sehingga ditulis dalam "Kumpulan Puisi Zaman Kuno dan Modern" dari periode Heian. Sekitar 3.000 pohon maple di halaman kuil yang luas memberikan warna cerah pada kuil di musim gugur. Ini adalah satu-satunya tempat di mana kamu dapat melihat momiji bersama dengan dinding batu alam, ditanam di lereng curam dekat kuil dan galeri.

5. Tofukuji

Tofukuji
Tofukuji, Kyoto (matcha-jp.com)

Tofukuji adalah rumah bagi kuil terbesar di Kyoto. Saat memasuki musim gugur, sekitar 2.000 pohon maple mulai mewarnai kuil dengan warna keemasan dan merah tua. Pemandangan dari jembatan Tsutenkyo, yang menghubungkan kuil utama dan bangunan kuil Kaizando, sungguh menakjubkan. Setiap musim gugur, kuill ini selalu ramai dengan banyak pengunjung yang datang untuk melihat pemandangan ini.

6. Chion-in

Chion-in
Chion-in, Kyoto (matcha-jp.com)

Chion-in adalah kuil utama Buddha Jodo di Jepang. Di dalamnya terdapat banyak aset budaya penting, termasuk Gerbang Sanmon, gerbang kayu dua lantai terbesar di Jepang. Chion-in juga terkenal dengan ukuran loncengnya yang sangat besar, yang selalu dibunyikan pada malam tahun baru. Dengan tinggi 3,3 meter dan berat sekitar 70 ton, lonceng tersebut membutuhkan 17 biksu untuk membunyikannya.

7. Kyoto Gyoen

Kyoto Gyoen
Kyoto Gyoen (matcha-jp.com)

Memiliki luas 65 hektar, Kyoto Gyoen adalah taman nasional terkenal di Kyoto. Secara historis merupakan area pemukiman dengan deretan perkebunan selama periode Edo, rumah besar dan taman dari periode itu masih utuh. Ada banyak pohon yang berusia lebih dari satu abad, dan pada musim gugur, pohon zelkova dan gingko berubah warna menjadi cerah.

8. Hakuryuen

Hakuryuen
Hakuryuen, Kyoto (matcha-jp.com)

Hakuryuen hanya buka pada waktu-waktu tertentu berdasarkan reservasi, dengan hanya mengizinkan 100 pengunjung per hari. Ini adalah tempat yang sangat istimewa untuk melihat dedaunan musim gugur di Kyoto. Lumut cantik yang membentang di seluruh taman berpadu dengan dedaunan momiji yang memukau. Tiket masuknya dijual di Stasiun Eizan Demachiyanagi mulai pukul 9:00 pagi. Banyak orang berbaris sebelum waktu mulai, jadi disarankan untuk pergi lebih awal.

9. Ruriko-in

Ruriko-in
Ruriko-in, menikmati indahnya momiji di Kyoto (matcha-jp.com)

Ruriko-in adalah rumah bagi Taman Ruri yang menakjubkan, dengan hamparan lumut yang menakjubkan, dan Taman Garyu, dalam bentuk yang mewakili seekor naga yang melayang ke surga. Di lantai dua, bayangan dedaunan yang terpantul di lantai hitam mengkilap sangat indah, menyerupai lukisan.

10. Arashiyama

Arashiyama
Arashiyama, menikmati indahnya musim gugur di Kyoto (matcha-jp.com)

Arashiyama adalah tujuan wisata paling populer sepanjang tahun, dengan pemandangan pohon sakura di musim semi, dedaunan hijau baru di musim panas, dan pemandangan momiji di musim gugur. Area tersebut dipenuhi dengan tempat untuk melihat dedaunan. Jembatan Togetsukyo dengan latar belakang pegunungannya sangat menakjubkan. Bepergian dengan Kereta Romantis Sagano untuk melihat dedaunan adalah aktivitas lain yang tidak boleh kamu lewatkan!