Share on

Kuil Sanjusangendo, atau dikenal juga sebagai Rengeo-in (Aula Raja Teratai), terletak di Kyoto bagian timur, termasuk ke dalam kompleks Kuil Myoho-in. Kuil ini dibangun oleh seorang samurai dan politisi terkenal, Taira no Kiyomori, untuk kaisar Go-Shirakawa pada tahun 1164. Sekitar 100 tahun setelah dibangun, kuil ini dibangun ulang karena terjadi kebakaran besar.

Advertise With Us

Sanjusangen-do, kuil dengan aula terpanjang di Jepang (experience-japan.com)

Objek yang paling terkenal disini adalah aula berstruktur kayu dengan panjang 120 meter, yang terpanjang di Jepang, telah ada sejak tahun 1266 dan telah ditetapkan sebagai harta nasional Jepang. Di dalamnya terdapat koleksi patung yang diantaranya adalah 1001 patung kayu Kannon (dewi pengampunan) yang bersenjata, patung 28 pelayan, patung Fujin dan Raijin (dewa angin dan dewa petir), dan lainnya. Sebagian besar dari patung-patung ini dibuat pada zaman Heian dan Kamakura.

Sanjusangendo, Kuil Dengan Aula Kayu Terpanjang di Jepang
1001 patung Kanon di kuil Sanjusangen-do (jw-webmagazine.com)

Kuil ini terletak di sebelah halte bus Hakubutsukan-Sanjusangendo-mae. Kalau kamu ingin berkunjung ke kuil ini, kamu bisa naik bus bernomor 100, 206, atau 208, dari Stasiun Kyoto. Biaya bus sekitar 230yen dengan jarak tempuh 10 menit. Atau kamu bisa berjalan kaki dari Stasiun Shichijo (5 menit) atau Stasiun Kyoto (20 menit).

Sanjusangendo, Kuil Dengan Aula Kayu Terpanjang di Jepang
patung Fujin dan Reijin di kuil Sanjusangen-do (artforia.com)
Jam buka: setiap hari, jam 08.00 sampai 17.00 JST / 09.00 sampai 16.00 JST (16 November – 31 Maret) Biaya masuk: 600yen / orang