Share on

Terdapat sebuah istilah dalam onsen ataupun pemandian air panas yang disebut konyoku. Konyoku onsen merupakan kolam yang bisa dinikmati bersama walaupun berbeda jenis kelamin dan sudah menjadi tradisi sejak beratus-ratus tahun lalu di Jepang sana. Berjalannya waktu dan percampuran budaya di Jepang, hukum baru pun membuatnya susah untuk mempertahankan budaya tersebut dari tradisi lokal yang sudah ada mengingat apabila mencampurkan perbedaan jenis kelamin dalam satu kolam mandi bisa menimbulkan....ummm.... pikiran kotor mungkin?

Advertise With Us

Namun, hal tersebut tidak dirubah oleh Jepang sepenuhnya. Kalian tetap bisa menikmati mandi bersama dengan teman-teman atau siapapun walaupun berbeda jenis kelamin dan mempertahankan budaya lama Jepang dengan mengunjungi wilayah Tohoku yang memiliki banyak konyoku onsen! Menarik untuk dicoba? eitss...tetapi tetap jaga hati dan pikiran ya kalau mau mencobanya :)

Berikut beberapa tempat konyoku onsen yang bisa kalian kunjungi ketika berada di wilayah Tohoku:

 

1. Todoroki Ryokan

Dengan tempat pemandian yang luas dan bisa menampung hingga 20 orang, Todoroki Ryokan menjadi tempat yang romantis untuk pasangan maupun juga dinikmati bersama teman-teman. Pemandian outdoor yang bisa dinikmati bersama-sama walaupun berbeda jenis kelamin ini, memiliki air yang bening dengan pemandangan taman indah yang luas disana. Todoroki ryokan ini hanya memiliki 7 kamar saja, jadi apabila kalian ingin kesini harus segera memesannya terlebih dahulu loh supaya bisa kebagian.

  • Biaya Masuk: ¥500 (day pass), Ryokan ada namun terbatas.
  • Akses: 14 menit menggunakan mobil dari Naruko Onsen station
  • Alamat: Narukoonsen Onikobe, Osaki-Shi, Miyagi Prefecture
Peta Lokasi:  

2. Ubayu Onsen

 
View this post on Instagram
 

ひとり打ち上げ。ひっそりと。#姥湯温泉 #枡形屋 #山形 #米沢 #ショッカー

A post shared by Toru Iwasa (@iwasa183) on

Ubayu onsen merupakan sebuah peninggalan kuno, karena ini merupakan sebuah usaha keluarga yang sudah berjalan sekitar 450 tahun dari 17 generasi (woww!). Dengan sejarah dan tradisi yang menyebar dari mulut ke mulut, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk menikmati "Jepang yang klasik." Air yang terdapat pada kolam tidak terlalu panas, pas sekali buat kalian yang ingin berendam bersama-sama dalam waktu yang lama.

  • Biaya Masuk: ¥600 (day pass), Ryokan tersedia.
  • Akses: 39 menit menggunakan mobil dari Toge station
  • Alamat: 1 Osawa Yosui, Yonezawa-shi, Yamagata Prefecture
Peta Lokasi:  

3. Aoni Onsen

 
View this post on Instagram
 

青荷温泉本館を出てすぐの健六の湯。総ヒバ造りのお風呂と窓が多く開放的で明るい雰囲気が個人的にどストライク!(*゚∀゚*) とっても気持ちいいっ!夜入ったにもかかわらず、早朝さらに入湯。ラッキーなことに貸切状態だったので、のんびり入らせて頂きました。外に出ると大釜のようなお風呂と露天風呂がありました。お湯はぬるめでしたが、記念に入ってみました。看板もツボ!( ´∀`) #散策 #東北 #青森 #黒石 #青荷温泉 #ランプの宿 #健六の湯 #レトロ #ランプ #温泉 #秘境 #宿 #露天風呂 #ヒバ #旅 #行くぜ東北 #春の東北 #japan #tohoku #aomori #kuroishi #aonionsen #onsen #hotsprings #travel #vacation #ramp #retro #landscape #inn

A post shared by @ vonqo on

Aoni Onsen yang juga dikenal sebagai Lamp no Yado bisa juga menjadi salah satu pilihan buat kalian. Sesuai dengan namanya, ryokan ini menggunakan lampion untuk menerangi gedung dan membuat kamar-kamar tetap hangat walaupun dalam musim yang dingin. Pada faktanya, sedikit listrik yang digunakan disini. Kolam yang bisa digunakan bersama ini memiliki suasana outdoor yang sangat nyaman dan dapat memulihkan/mempercantik kulit loh! dan kalian juga dapat menikmati suasana yang hening, tenang dengan nuansa hutan yang bikin kamu bisa sangat rileks disana!

  • Biaya masuk: ¥520 (day pass), biaya ryokan terpisah namun sangat disarankan kalian menginap di ryokan juga untuk menikmati tempat ini seutuhnya :)
  • Akses: 43 menit menggunakan mobil dari  Kanon Railway Kuroishi station
  • Alamat:  1-7 Okiura Takinoue Aonisawa, Kuroishi-shi, Aomori Prefecture
Peta lokasi:  

4.Semi Onsen

Semi Onsen memberikan pengalaman ryokan yang mewah dengan makanan yang lezat, kamar dan juga pemandian bersama dengan nuansa outdoor yang luar biasa. Walaupun biasanya tempat ryokan di Jepang sulit ditemukan informasinya dikarenakan website mereka yang berbahasa Jepang, namun untuk Semi Onsen ini kalian bisa mendapatkan informasi lengkap dan terperinci lewat website mereka yang bisa kalian akses disini. Bagian terbaik dari lokasi ini adalah lokasi yang dimana kalian bisa tempuh dalam waktu 2,5 jam saja menggunakan shinkansen dari tokyo, nantinya pegawai dari ryokan ini sendiri yang akan menjemput kamu. Sangat rekomendasi untuk pergi ke tempat ini apabila kamu sedang jenuh dengan kehidupan metropolitan di Tokyo.

  • Biaya Masuk: ¥500 (day pass), Bisa menginap di Ryokan dan sangat direkomendasikan!
  • Akses: 30 menit menggunakan mobil dari Kitakami Station
  • Alamat: 1-28-2 Uesaki Shindoshida, Waga-cho, Kitakami-shi, Iwate Prefecture
Peta Lokasi:  

5. Toshichionsen Saiunsou

 
View this post on Instagram
 

晩秋の藤七温泉彩雲荘、混浴露天風呂です#

A post shared by 藤七温泉彩雲荘 (@toshichionsen) on

Toshichionsen Saiunsou (susah bacanya ya? hehe) berlokasi di Towada-Hachimantai National Park, yang terkenal dengan beragam ekosistem dan aktifitas vulkanik-nya. Dikarenakan hal tersebut, Saiunsou memiliki banyak kolam air panasnya , disana terdapat 11 kolam yang bisa kalian nikmati bersama dengan pemandangan yang sangat indah sepanjang tahunnya! Karakteristik lokasi tempat inipun sangat unik, dimana masih terdapat banyak lumut di lantai serta gelembung -gelembung yang dapat kamu lihat pada kolamnya yang disebabkan oleh aktifitas vulkanik. Tertarik mencobanya bersama? ^_^

  • Biaya Masuk: ¥600 (day pass), kamu juga dapat memilih menginap di ryokan dengan harga terpisah.
  • Akses: 50 menit menggunakan mobil dari Matsuo-Hachimantai station
  • Alamat: Matsuoyoriki, Hachimantai, Iwate Prefecture
Peta Lokasi: So, apakah kamu tertarik untuk mencobanya bersama-sama ketika pergi ke daerah Tohoku nanti? Mana tempat yang bikin kamu paling tertarik? :)