Share on

Sebagai salah satu simbol Jepang, nama Gunung Fuji pasti tak asing lagi kita dengar. Namun, tahukah kamu kalau Gunung Fuji terletak di Prefektur Yamanashi? Nah, mari kita kepoin rumah dari Gunung Fuji ini!

Advertise With Us

Dilansir dari situs Yamanashi Offical Travel Guide, Prefektur Yamanashi merupakan sebuah prefektur yang terletak di area Chubu, Jepang. Prefektur ini terkenal sebagai rumah dari Gunung Fuji, sejarahnya dengan Takeda Shingen, dan berbagai Onsennya.

Penasaran ada apa saja di Prefektur Yamanashi?

Gunung Fuji

Prefektur Yamanashi, Rumah dari Gunung Fuji
Gunung Fuji saat musim semi (yamanashi-kankou.jp)

Sebagai rumah dari Gunung Fuji, tentunya tempat inilah yang wajib kita kunjungi!

Prefektur Yamanashi, Rumah dari Gunung Fuji
Bunga matahari di Gunung Fuji saat musim panas (yamanashi-kankou.jp)

Meski masih aktif hingga sekarang, gunung tertinggi di Jepang ini selalu dipenuhi pendaki, terutama di bulan Juli dan Agustus. Namun, banyak juga yang datang di musim semi untuk melihat mekarnya bunga sakura dan bunga azalea yang hadir setelahnya. Ketika musim panas, bunga mataharilah yang berbunga. Cantik!

Prefektur Yamanashi, Rumah dari Gunung Fuji
Fuji-Yoshida Fire Festival (yamanashi-kankou.jp)

Nah, selain bunga matahari, ada hal menarik lain yang bisa kita lihat jika datang di bulan Agustus, Fuji-Yoshida Fire Festival! Festival yang berlangsung di kuil Fuji Sengen ini digelar setiap tanggal 26 Agustus setiap tahunnya untuk memperingati berakhirnya musim mendaki di Gunung Fuji. Dalam festival ini, obor dinyalakan di setiap rumah di Fujiyoshida, membuat kota ini layaknya "lautan api". Setelah festival ini berakhir, artinya musim mendaki di Gunung Fuji selesai.

Kofu

Prefektur Yamanashi, Rumah dari Gunung Fuji
Kofu Wine (kofu-tourism.com)

Setelah gunung Fuji, mari berkunjung ke ibu kota Prefektur Yamanashi, Kofu. Kota terbesar di Yamanashi ini dikenal sebagai pusat produksi wine di Jepang. Karena itu, area ini dipenuhi denhan berbagai wineries (tempat pembuatan wine) yang terbuka untuk umum dan menyajikan wine tasting bagi para pengunjungnya.   .

Prefektur Yamanashi, Rumah dari Gunung Fuji
Kuil Takeda di Kofu (japan-guide.com)

Selain wine, Kofu juga dikenal dengan sejarahnya yang merupakan mantan ibu kota domain Kai dan rumah dari Takeda Shingen, daimyo Kai pada saat itu dan merupakan salah satu samurai yang menentang bersatunya Jepang pada zaman Sengoku. Karena itu, Kofu punya banyak situs yang terkait dengan klan Takeda, seperti Kuil Takeda-jinja dan Kuil Enriji.

Onsen

Prefektur Yamanashi, Rumah dari Gunung Fuji
Onsen dengan pemandangan Gunung Fuji (yamanashi-kankou.jp)

Selain gunung Fuji dan sejarah klan Takeda, Prefektur Yamanashi juga dikenal sebagai salah satu pusat onsen atau pemandian air panas di Jepang. Hampir di setiap sudutnya, prefektur ini dipenuhi oleh berbagai tipe onsen mulai dari onsen bersejarah, highland onsen, onsen tepi danau, dan masih banyak lagi.

Onsen spesial lain yang wajib dikunjungi adalah onsen open-air. Memandangi pemandangan gunung fuji sambil berendam asyik kan?

Jangan lupa berkunjung ke Prefektur Yamanashi ya!