Share on

Ikebukuro adalah salah satu daerah paling populer di Tokyo dan sangat ramai. Di dekat Ikebukuro ada Itabashi Ward, daerah perumahan yang relatif lebih tenang. Di Itabashi inilah sesungguhnya terdapat banyak tempat tersembunyi yang tidak kalah menarik, salah satunya adalah Oyama Happy Road. Berjarak hanya sekitar 10 menit dengan kereta dari Stasiun Ikebukuro jalur Tobu Tojo Line, tempat ini tidak terlalu ramai, jadi kalian dapat berbelanja atau menikmati kuliner dengan santai.

Advertise With Us

Oyama Happy Road, Pusat Kuliner dan Perbelanjaan dekat Ikebukuro
Oyama Happy Road (https://matcha-jp.com/en/8536)

Oyama Happy Road terletak di dekat Stasiun Oyama, yang berada di Jalur Tobu Tojo yang menghubungkan Ikebukuro ke berbagai kota di Saitama, termasuk Kawagoe yang terkenal. Stasiun Oyama hanya berjarak tiga halte di jalur kereta lokal dari Stasiun Ikebukuro. Pintu Keluar Selatan langsung mengarah ke Oyama Happy Road.

Oyama Happy Road dikatakan sebagai salah satu shotengai (shopping arcade atau pusat perbelanjaan) tertua dan terpanjang di Tokyo. Pertama kali muncul setelah Perang Dunia II, ketika jalan dipenuhi dengan kios-kios yang menawarkan makanan dan kebutuhan pokok. Awalnya tempat ini bernama "Oyama Ginza," lokasi belanja seperti yang kita lihat hari ini didirikan setelah 1977 dan sekitar waktu itulah namanya diganti menjadi "Happy Road."

Oyama Happy Road, Pusat Kuliner dan Perbelanjaan dekat Ikebukuro
Pintu Keluar Selatan Stasiun Oyama (https://matcha-jp.com/en/8536))

Salah satu daya tarik Oyama Happy Road adalah banyaknya UKM (usaha kecil dan menengah) di sini adalah milik keluarga. Terkadang kalian akan melihat dua atau tiga generasi bekerja bersama. Papan nama yang terlihat berumur dan orang-orang tua yang membaca koran sambil menunggu pelanggan hanyalah beberapa hal menarik dari area ini.

Yang unik adalah munculnya tipe toko random di tengah toko-toko tradisional, terlihat sangat mencolok. Seperti franchise takoyaki Gindaco yang populer, Genki Sushi yang terjangkau, penjual cemilan cheese dog, atau kedai bubble tea. Kalian juga dapat menemukan berbagai waralaba cepat saji lainnya, mulai dari McDonald's sampai Mister Donut ke arah stasiun. Baik kedai yang lama maupun baik, tinggal berdampingan secara damai di Oyama Happy Road.

Oyama Happy Road, Pusat Kuliner dan Perbelanjaan dekat Ikebukuro
Wilayah Pertokoan (https://matcha-jp.com/en/8536)

Namun demikian, meskipun ini adalah tempat yang wajib dikunjungi untuk berbelanja produk lokal, pada waktu-waktu tertentu, jalan itu tampak lenggang. Kalian bahkan mungkin bertanya-tanya apakah ini benar-benar Tokyo! Untuk kalian yang akan mengunjungi tempat ini, JS akan merekomendasikan beberapa kuliner yang wajib kalian coba disini.

Bakery & Cafe MARUJU - Roti Hangat Sepanjang Hari

Oyama Happy Road, Pusat Kuliner dan Perbelanjaan dekat Ikebukuro
Bakery & Cafe MARUJU (https://matcha-jp.com/en/8536)

Bakery & Cafe MARUJU berlokasi tepat di depan Pintu Selatan Stasiun Oyama. Meskipun mungkin bukan toko paling tradisional di Oyama Happy Road, toko roti ini adalah salah satu yang paling populer. Roti dan kue-kue mereka dipanggang segar dan hangat sepanjang hari. Piring merah kecil menunjukkan bahwa mereka baru saja keluar dari oven.

Oyama Happy Road, Pusat Kuliner dan Perbelanjaan dekat Ikebukuro
Berbagai roti yang baru saja matang (https://matcha-jp.com/en/8536)

Item yang paling populer di MARUJU adalah staples Jepang seperti kari, wajan goreng gurih yang diisi dengan kari, dan anpan, kue kering yang diisi dengan pasta kacang merah. MARUJU juga menawarkan pizza yang baru dibuat.

Yakitori Hamakei - Daging Ayam Tusuk dan Karaage

Oyama Happy Road, Pusat Kuliner dan Perbelanjaan dekat Ikebukuro
Yakitori Hamakei (https://matcha-jp.com/en/8536)

Yakitori Hamakei terletak hanya beberapa langkah dari MARUJU. Daya tarik utama mereka adalah berbagai macam sate ayam (chicken skewer), yang biasanya dijual seharga 80 hingga 140 yen. Kalian juga dapat melihat proses memasaknya langsung.

Oyama Happy Road, Pusat Kuliner dan Perbelanjaan dekat Ikebukuro
Yakitori dan Karaage (https://matcha-jp.com/en/8536)

Yakitori bukan satu-satunya camilan berbasis ayam lezat yang tersedia di Hamakei. Mereka memiliki pilihan karaage (ayam goreng tepung Jepang), pangsit dengan daging cincang, hidangan ayam musiman termasuk Kabuto, yang pada dasarnya adalah ayam panggang tanpa kaki dan kepala. Kabuto disini hanya seharga 670 yen dan merupakan salah satu menu favorit di Hamakei.