Share on

Sekarang, akan ada biaya masuk Gunung Fuji. Sebuah pertemuan diadakan di antara komite khusus dari Dewan Warisan Budaya Dunia Fujisan, yang terdiri dari perwakilan Prefektur Yamanashi dan Shizuoka, Pendaki Gunung Ahli, dan Pakar Lingkungan, di Tokyo pada tanggal 17 Februari kemarin.

Advertise With Us

Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas mengenai perjuangan dan kesulitan untuk menjaga area Gunung Fuji tetap bersih, aman, dan nyaman. Dengan jumlah pengunjung yang makin tinggi setiap tahunnya, semakin sulit pula untuk memastikan jalur pendakian tetap aman, membiayai renovasi pondok-pondok yang ada di gunung, menjaga stasiun bantuan tetap berjalan, dan masalah biaya lainnya.

 
Naik Gunung Fuji Sekarang Ada Biaya Masuk
Biaya masuk ke Gunung Fuji akan segera diberlakukan (grapee.jp)

Akhirnya, dalam pertemuan tersebut, komite memutuskan dalam sebuah perjanjian, bahwa pengunjung wajib membayar biaya masuk untuk mendaki gunung Fuji. Tim berharap bahwa persetujuan resmi dari biaya masuk wajib akan dibuat oleh Dewan pada pertemuan berikutnya yang akan diadakan pada bulan Maret. Perincian jumlah biaya dan lainnya akan diputuskan pada akhir tahun 2020 ini, dan ditargetkan akan mulai diberlakukan paling cepat pada musim panas tahun 2022.

Sebelumnya Dewan Warisan Budaya Dunia Fujisan membuat sistem donasi, dimana pendaki diminta membayar sejumlah 1,000yen secara opsional ketika melewati pos ke-lima yang berada di gunung. Namun cara ini dianggap kurang efektif dan tidak adil, karena dari sekitar 400.000 orang pengunjung yang datang per tahunnya, hanya sekitar 60 persen yang membayar.

Informasi lainnya mengenai wisata di Gunung Fuji bisa kamu lihat di website resminya disini.