Share on

Bagi yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan pesawat, mengunjungi JASDF Air Park & Museum yang berada di Hamamatsu, Prefektur Shizuoka bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Jepang. Air Park ini adalah sebuah theme park yang dibangun di markas udara JASDF atau pasukan pertahanan Udara Jepang. Meski memiliki koleksi yang besar, mengunjungi tempat ini tidak dipungut biaya.

Advertise With Us

Di Air Park ini terdapat museum yang berisi berbagai informasi mengenai JASDF, Hanggar pesawat yang menampilkan pesawat sungguhan, dan film teater dimana kita bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi pilot melalui sebuah layar besar yang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Mengenal Angkatan Udara Jepang di JASDF Air Park dan Museum
(photo: hokkaidokudasai)

Dalam museum kita bisa melihat berbagai macam informasi seperti seragam pilot, miniatur tipe pesawat, senjata, perlengkapan life support, dan berbagai informasi lainnya mengenai JASDF.

Mengenal Angkatan Udara Jepang di JASDF Air Park dan Museum
(Photo by Alan Wilson // CC BY-SA 2.0)
Mengenal Angkatan Udara Jepang di JASDF Air Park dan Museum
(Photo by Alan Wilson // CC BY-SA 2.0)

Yang paling menarik dari tempat ini mungkin adalah Hanggar yang menampilkan berbagai pesawat yang pernah dipakai oleh JASDF. Disini bahkan kita dapat duduk dan berfoto di dalam kokpit dari beberapa pesawat yang ada, jika ingin lebih merasa sebagai pilot sungguhan tersedia juga  kostum dengan berbagai ukuran mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang dapat disewa disini.

Mengenal Angkatan Udara Jepang di JASDF Air Park dan Museum
(Photo: hokkaidokudasai)

Selain melihat berbagai macam pesawat, disini juga tersedia simulator penerbangan, dengan pilihan tingkat kesulitan yang berbeda sehingga pemula pun bisa ikut menikmati simulasi ini. Setelah selesai berkeliling kita bisa bersantai di kafe bernama Sky Lounge Fuji, dari tempat ini kita bisa melihat pesawat yang mendarat atau lepas landas, dan pada cuaca cerah kita juga bisa melihat Gunung Fuji.

Mengenal Angkatan Udara Jepang di JASDF Air Park dan Museum
(Photo: lade)

Selain kafe juga terdapat toko untuk membeli suvenir yang berhubungan dengan pesawat mulai dari model plastik pesawat jet, t-shirt, topi dan berbagai macam barang lainnya.

JASDF Air Park merupakan tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga, namun berbagai informasi yang terdapat disana disediakan dalam bahasa Jepang. Ada baiknya untuk membawa alat penerjemah agar bisa lebih menikmati kunjungan ke Air Park tersebut.

JASDF Air Park & Museum Alamat: Nishiyamacho, Nishi-ku, Hamamatsu 432-8551, Prefektur Shizuoka Waktu buka: Selasa - Minggu jam 09.00 - 16.00 Biaya: Gratis Website

 

Featured image: Alan Wilson // CC BY-SA 2.0 Sources: planetyze, website JASDF Air Park