Share on

Pergi ke Karatsu untuk melihat parade di festival Karatsu Kunchi adalah pengalaman yang menyenangkan. Tapi bagaimana kalau tidak bisa berkunjung ke Karatsu di waktu yang tepat untuk melihat hikiyama, kereta hias berukuran besar yang menjadi simbol di parade itu? Tenang saja, Hikiyama Float Exhibition Hall akan menyimpan 14 hikiyama historis tersebut untuk para wisatawan yang datang ke kota ini.

Hikiyama adalah sejenis kereta hias (float) yang digunakan untuk memeriahkan Karatsu Kunchi setiap tahunnya. Terbuat dari kertas Jepang washi dan dipernis, terdapat 14 hikiyama yang dibuat di periode Edo dan selalu dibawa ke jalanan saat Karatsu Kunchi berlangsung. Satu hikiyama bisa memiliki tinggi kurang lebih enam meter dan beratnya bisa mencapai dua sampai lima ton!

Hikiyama yang tersimpan di sini memiliki rupa-rupa bentuk seperti ikan, naga, singa, Urashima Taro dengan kura-kura, bahkan helm samurai. Setiap hikiyama dibuat oleh masing-masing daerah di Karatsu.

hikiyama float Exhibition Hall hikiyama float Exhibition Hall

Tempat ini terletak dekat dengan kuil Karatsu dan bisa dikunjungi dengan berjalan kaki 3 menit dari pusat bus Oteguchi atau 10 menit berjalan kaki dari stasiun Chikusen Karatsu.

Hikiyama Float Exhibition Hall Tiket Masuk: 300 yen untuk orang dewasa, 150 yen untuk anak-anak Jam buka: 09:00 – 17:00 Alamat: 6-33 Nishijonai, Karatsu-shi, Saga   Featured image: japantravel Images: atlasobscura Source: jpninfo