Share on

Karatsu Kunchi merupakan festival musim gugur yang diadakan di kota Karatsu, prefektur Saga tiap tahun pada tanggal 2 sampai 4 November. Karatsu Kunchi bersama dengan Nagasaki Kunchi dan Hakata O-Kunchi menjadi tiga kunchi yang paling terkenal di Jepang.

Advertise With Us

Kunchi berasal dari dialek Kyushu sebelah utara yang berarti festival, dan digelar masyarakat sebagai bentuk syukur terhadap hasil panen yang melimpah dengan cara mengantarkan dewa dari kuil sampai ke tempat kelahirannya.

karatsu hikiyama

Festival ini menampilkan 14 kereta hias (float) dengan ukuran besar yang dibuat pada tahun 1819-1876. Disebut hikiyama, float ini dibuat dari washi dan kerangka kayu yang kemudian ditambahkan kain dari linen, setelahnya hikiyama dicat dengan pernis. Hikiyama-hikiyama dengan tinggi sekitar 7 meter ini berbentuk makhluk mitologi atau helm dari tokoh samurai Jepang.

Hikiyama yang pertama adalah Akajishi atau singa merah yang dibuat tahun 1819 oleh pengrajin kayu Kahei Ishizaki bersama teman-temannya. Sebenarnya terdapat hikiyama ke-15 yang disebut Kurojishi atau singa hitam namun telah hilang pada periode Meiji.

Ketika festival dilaksanakan, masing-masing hikiyama diarak  dengan tambang panjang oleh anak-anak maupun dewasa serta diiringi alunan musik seruling tradisional dan taiko.  

Hari pertama disebut Yoiyama. Hikiyama berparade malam hari mengitari kota sampai depan kuil Karatsu dengan Akajishi di paling depan. Selanjutnya pada tanggal 3 diadakan O-tabisho Shinkou dari pagi hingga sore. Di saat ini hikiyama dibawa ke o-tabisho yang terletak di pantai sebelah barat kota. O-tabisho (御旅所) adalah tempat peristirahatan sementara dewa yang sedang berpergian. Pada hari terakhir diadakan Machi Meguri alias parade kota yang tujuan akhirnya adalah Hikiyama Exhibition Hall, tempat hikiyama disimpan sepanjang tahun.

Bergabunglah dengan para penarik hikiyama yang berseru "Ennya! Ennya!" sambil menikmati musim gugur di kota Karatsu yang indah.

 

Images: matcha.jp Sourcesjapan.travel, saga-tripgenius