Share on

Numazu Deep Sea Aquarium & Coelacanth Museum terletak di kota Numazu, Prefektur Shizuoka, dan dekat dengan Teluk Suruga yang memiliki titik terdalam 2.500 meter dibawah permukaan laut. Berbeda dengan akuarium lain yang tersebar di Jepang, akuarium ini menampilkan berbagai macam hewan yang hidup di lautan dalam yang tidak hanya dari Teluk Suruga saja, tetapi juga mahluk yang berada di berbagai bagian terdalam lautan dunia lainnya.

Advertise With Us

Melihat Coelacanth Beku dan Hewan Laut Dalam di Numazu Deep Sea Aquarium
(gambar: facebook)

Taman Akuarium ini dibuka pada 2011 setelah sebuah perusahaan kelautan setempat memberikan 6 milyar yen dana miliknya untuk pembangunan akuarium dengan tujuan untuk menjadikan Teluk Suruga sebagai sumber kebanggaan lokal. Bahkan, ini adalah akuarium pertama di dunia dengan tema makhluk laut dalam.

Melihat Coelacanth Beku dan Hewan Laut Dalam di Numazu Deep Sea Aquarium
Bathynomus doederleinii ©2019 NUMAZU DEEP SEA AQUARIUM

Di akuarium ini pengunjung berkesempatan mencari pengalaman secara pendidikan mengenai kehidupan laut dalam. Akuarium ini menampung bermacam-macam makhluk laut dalam mulai dari Isopoda raksasa hingga Anomalopidae (ikan senter), seperti yang diharapkan dari namanya, ikan menawan ini mampu memancarkan cahaya dari pipinya.

Melihat Coelacanth Beku dan Hewan Laut Dalam di Numazu Deep Sea Aquarium
Coelacanth ©2019 NUMAZU DEEP SEA AQUARIUM

Di lantai dua terdapat Museum Coelacanth, dimana pengunjung dapat menemukan Coelacanth prasejarah dalam keadaan beku. Coelacanth diperkirakan telah menghuni planet ini sejak sekitar 390 juta tahun yang lalu, jauh sebelum dinosaurus hidup di bumi. Ikan ini juga dikenal sebagai "fosil hidup". Yang menarik, spesies ikan ini diperkirakan telah punah sejak sekitar 66 juta tahun yang lalu, sebelum akhirnya ditemukan kembali di pantai Afrika pada tahun 1938.

Koleksi Coealacanth inilah yang menjadikan museum ini sebagai salah satu museum paling unik dan langka di dunia. Selain itu, ada total lima spesimen Coelacanth disini: dua beku dan tiga replika. Jadi pengunjung juga dapat mendengar penjelasan tentang anatomi dan perilaku makhluk yang sulit dipahami ini, sambil mengamati sampel organ dan kulit mereka.

Melihat Coelacanth Beku dan Hewan Laut Dalam di Numazu Deep Sea Aquarium
©2019 NUMAZU DEEP SEA AQUARIUM

Setelah berkeliling, para pengunjung juga dapat mengunjungi toko yang menjual berbagai macam barang dan suvenir dengan tema hewan laut dalam di tempat ini.

Alamat: 83 Senbonminatocho, Numazu, Shizuoka Tiket Masuk : Dewasa 1.600 yen, SMP 800 yen Jam Buka: 10.00 - 18.00 Website   Featured image: Facebook Numazu Aquarium Source: gaijinpot