Share on

Kuromon Ichiba atau Pasar Kuromon, adalah pasar sepanjang 580 meter yang terletak di Osaka. Dikenal juga sebagai "Naniwa no Daidokoro", yang berarti "Dapur Osaka", pasar ini memiliki sejarah lebih dari 190 tahun, mulai beroperasi sejak pertengahan periode Edo, juga telah bertahan dari kebakaran besar dan serangan perang.

Advertise With Us

Kuromon Ichiba merupakan salah satu pasar terbesar di Jepang barat, memiliki lebih dari 180 toko dan restoran. Pasar ini telah menjadi salah satu tempat yang "wajib dikunjungi" di daerah tersebut bagi pengunjung asing, sehingga kamu pasti akan menemukan lebih banyak pengunjung asing daripada pengunjung lokal.

Pasar Kuromon
Pasar Kuromon, wisata kuliner dan belanja di Jepang (osakastation.com)

Awalnya pasar ini bernama “Enmyoji”, diambil dari nama Kuil Enmyoji yang terletak di dekatnya. Kuil ini terkenal dengan gerbangnya yang berwarna hitam, sehingga lama kelamaan pasar tersebut mendapatkan julukan “Kuromon Ichiba” atau “Pasar Gerbang Hitam”. Sayangnya kuil Enmyoji dan gerbangnya hancur total akibat kebakaran besar pada tahun 1912, dan akhirnya hingga saat ini pasar tersebut hanya dikenal sebagai “Kuromon Ichiba”.

Pasar ini juga pernah hancur saat Perang Dunia II, tetapi dibangun kembali oleh masyarakat.

Pasar Kuromon
Pasar Kuromon, wisata kuliner dan belanja di Jepang (japan-guide.com)

Dulunya, pasar ini hanya terdiri dari toko-toko yang menjual ikan segar, sayuran, buah-buahan, dan permen. Pada awal tahun 2010-an, semakin banyak didirikan restoran, Izakaya, dan cafe, bahkan toko-toko lain yang menjual perlengkapan sehari-hari. Hal inilah yang mendongkrak popularitasnya sebagai tempat wisata kuliner dan wisata belanja bagi turis asing.

Street food
Orang-orang mengantri untuk makan street food (osakastation.com)

Kamu bisa menemukan banyak sekali penjual street food yang lezat, dari yang tradisional sampai yang modern. Beberapa toko menyediakan area kecil di mana pelanggan bisa duduk untuk makan. Kebanyakan makanan yang ditawarkan adalah seafood, seperti kaki kepiting, tiram, bulu babi, sushi, belut, dan takoyaki. Namun, kamu juga bisa menemukan makanan lain dan buah-buahan segar. Bahkan kamu juga bisa menemukan penjual sepatu, baju, buku, dan banyak lainnya dengan harga yang murah!

Street food
Penjual street food di Pasar Kuromon (osakastation.com)

Akses: terletak hanya beberapa langkah dari Stasiun Nipponbashi di jalur kereta bawah tanah Sennichimae dan Sakaisuji. Atau sepuluh menit berjalan kaki dari Stasiun Namba.

Situs resmi Kuromon Ichiba.

Artikel dari berbagai sumber.