Share on

Jepang identik dengan laut, pegunungan dan desa-desa tradisionalnya, tetapi tahukah kalian kalau ada gurun pasir di Jepang? Gurun pasir luas yang ada di Jepang ini berada di Tottori. Tottori Sakyu atau Gurun Pasir Tottori atau dikenal juga dengan Bukit Pasir Tottori, adalah destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi di Jepang karena keunikannya. Berada di jantung San’in Kaigan Geopark, gurun pasir yang berada di pesisir pantai ini merupakan hamparan padang pasir terbesar yang ada di Jepang.

Gurun Pasir Tottori ini sudah ada sejak 100.000 tahun yang lalu. Sungai Sendai yang mengalir disini membawa sedimen-sedimen dari Pegunungan Chugoku ke laut. Tetapi, angin dan ombak yang kencang mendorong sedimen-sedimen ini kembali ke daratan hingga membentuk gundukan-gundukan pasir.

Jelajahi Gurun Pasir Jepang di Tottori Sakyu
(gambar: mstk east/flickr - CC)

Hamparan pasir seluas 16 kilometer ini memiliki gundukan pasir yang mencapai ketinggian 50 meter. Beberapa jam saja di gurun ini, kalian pasti sudah merasa kagum, mengambil foto-foto dan menikmati keindahan hamparan pasir berwarna keemasan. Tetapi, selain itu ada banyak hal unik lainnya yang bisa kalian lakukan ketika disini lho!

1. Naik Unta

Jelajahi Gurun Pasir Jepang di Tottori Sakyu
(gambar: sanin-tourism)
Ketika kalian ke Jepang, hewan yang ada di benak kalian pasti kitsune, kucing, kelinci, ataupun monyet, tetapi, di gurun ini kalian bisa naik unta! Ya, naik unta di Jepang! Kalian bisa menyewa unta yang disediakan di Rakudaya, kios yang menyediakan suvenir dan juga penyewaan unta yang berada tidak jauh dari padang pasir ini. Informasi bisa dilihat di websitenya (bahasa Jepang)

2. Paragliding, Sandboarding dan Fatbike

tottori sakyu tottori sakyu
Jelajahi Gurun Pasir Jepang di Tottori Sakyu
(gambar: japantravel)

Pengunjung juga dapat melakukan sesuatu yang sedikit lebih ekstrim seperti paragliding dan juga sandboardingPengunjung dapat menikmati keindahan padang pasir ini melalui udara, atau berselancar dipasir untuk memacu adrenalin lebih, dibandingkan dengan menaiki unta. Selain itu, kalian juga dapat menyewa "fatbike" atau sepeda gunung dengan roda berukuran besar yang bisa digunakan untuk mengelilingi pesisir pantai dan padang pasir yang luas.

3. Museum Pasir

Salah satu lokasi yang bisa dikunjungi di Padang Pasir Tottori ini adalah, Museum Pasir Tottori. Eksibit-eksibit yang dipamerkan selalu berbeda setiap tahunnya. Untuk tahun 2019 ini, tema dari museum pasir ini adalah "Asia Selatan". Eksibit Asia Selatan ini bisa dinikmati mulai dari 13 April 2019 lalu hingga 5 Januari 2020 mendatang. Patung-patung dan eksibit yang dipajang di museum ini merupakan hasil karya dari seniman-seniman dari seluruh dunia. Sang produser eksekutif museum ini, Katsuhiko Chaen, yang saat ini aktif sebagai seorang seniman dan produser lokal dan juga internasional, termasuk sebagai salah satu dari "100 orang Jepang yang diakui dunia".

Untuk yang ingin lihat langsung seperti apa museum ini, bisa kunjungi googlemaps ini.   Tottori Sakyu Alamat : 2164-661 Yuyama, FukubechoTottori 689-0105, Tottori   Featured image : chushikokuandtokyo Sumber : japan-guide, japanvisitor