Share on

Gunung Maya di Kobe, Jepang, terkenal karena berbagai alasan. Pertama, karena tempat ini adalah salah satu dari puncak utama pegunungan Rokko. Kedua, Memiliki pemandangan yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Jepang. Ketiga, terletak di sisi gunung, terdapat sebuah “haikyo” yang paling terkenal di Jepang. Maya Kanko Hotel, pernah menjadi permata bergaya Art Deco yang kini telah lama ditinggalkan, angker, dan rusak.

Advertise With Us

Hotel Angker Terbengkalai yang Indah untuk Berfoto
Maya kanko Hotel, spot foto angker yang berbahaya di Jepang (theghostinmymachine.com)

Dalam bahasa Jepang, kata “haikyo” mengacu pada tempat-tempat yang telah ditinggalkan dan menjadi situs warisan budaya untuk wisata. Dalam beberapa tahun terakhir, wisata haikyo di Jepang mendapatkan peningkatan minat. Kalau kamu adalah salah satu yang memiliki minat terhadap wisata di bangunan tua menyeramkan yang sudah ditinggalkan, Maya Kanko Hotel mungkin akan jadi favoritmu. Meskipun telah ditinggalkan sejak lama dan menyeramkan, banyak sekali wisatawan yang berminat untuk datang ke hotel ini. Seram bukan berarti tidak indah.

Hotel Angker Terbengkalai yang Indah untuk Berfoto
Maya Kanko Hotel, seram bukan berarti tidak indah (theghostinmymachine.com)

Dibangun pada tahun 1929 oleh Maya Cablecar Company, hotel ini kemudian disebut Club Maya, karena dibangun untuk menampung turis yang dibawa oleh kereta api perusahaan tersebut, yang telah dibangun beberapa tahun sebelumnya. Hotel ini memiliki fasilitas lengkap yang nyaman dan sangat mewah pada masanya seperti ruang makan, auditorium, ruang dansa, onsen, dan tentu saja pemandangan luar biasa dari Gunung Maya.

Hotel Angker Terbengkalai yang Indah untuk Berfoto
Maya Kanko Hotel, hotel seram terbengkalai yang indah di Jepang (theghostinmymachine.com)

Maya Kanko Hotel berhenti beroperasi pada tahun 1944 sampai 1955 karena Perang Dunia II. Sejak saat itu hotel ini telah mengalami beberapa kali renovasi dan pembukaan ulang, sempat juga diubah menjadi student center di tahun 1974 , sampai akhirnya benar-benar ditinggalkan pada tahun 1993. Dan pada tahun 1995, setelah gempa bumi dahsyat yang mengguncang Jepang, area ini dinyatakan tidak aman dan ditutup. Gempa tersebut menewaskan lebih dari 6,000 orang.

Hotel Angker Terbengkalai yang Indah untuk Berfoto
Maya Kanko Hotel, spot foto angker di Jepang (theghostinmymachine.com)

Tidak disarankan untuk menjelajahi tempat ini sendiri, karena hal tersebut tidak sepenuhnya legal, dan kamu mungkin akan mendapatkan masalah jika tertangkap. Ada banyak polisi dan pekerja kereta yang berjaga di sekitar area ini, dan juga bangunan tersebut mungkin berbahaya dan rawan runtuh. Meskipun begitu, Maya Kanko Hotel adalah tempat yang sangat indah untuk berfoto dengan gaya vintage. Perjalanan ke Hotel ini memang bukan perjalanan yang aman, tetapi hal ini tidak menghentikan para penjelajah untuk datang dan mengambil foto.