Share on

Kyoto merupakan salah satu lokasi yang paling sering dijadikan tujuan wisata ketika berangkat ke Jepang. Memang tidak aneh, karena prefektur yang terletak di area Kansai ini punya banyak tempat wisata menarik, misalnya Kiyomizudera, Fushimi Inari, Kinkaku-ji, dan masih banyak lagi. Semua tempat wisata di Kyoto tentunya memiliki keunikannya sendiri yang tentu saying buat dilewatkan. Tapi, bagaimana dengan ongkos dan kartu masuk? Nah, tenang saja! Kamu bisa berkeliling Kyoto sambil tetap berhemat dengan Kyoto Day Pass.

Advertise With Us

Mirip dengan Kansai Thru Pass, kartu Kyoto Day Pass adalah kartu hemat yang membuatmu bisa menggunakan semua kereta Kyoto Subway dan Bus Kota di Kyoto. Kartu ini memberikanmu tumpangan tak terbatas dengan berbagai subway dan bus di area ini selama 1 hingga 2 hari. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapat diskon di beberapa tempat wisata jika kamu meunjukan kartu ini.

Kartu ini dijual dalam 2 tipe, kartu untuk 1 hari (One-day Pass) dan 2 hari (Two-day Pass). Untuk kartu 1 hari, dijual dengan harga 900 yen untuk orang dewasa dan 450 yen untuk anak-anak. Sedangkan untuk kartu 2 hari, dibanderol dengan harga 1700 yen untuk orang dewasa, dan 850 yen untuk anak-anak. Kamu bisa membeli kartu ini di stasiun subway manapun, booth commuter pass, Kyoto City Bus and Subway Information Center, atau di Kyoto City Bus Management Center. Info selengkapnya bisa kunjungi situs resminya.

Gini Caranya Keliling Kyoto Pakai Day-Pass
Kyoto Two Day Pass untuk orang dewasa (discoverkyoto.com)

Menggunakannya juga mudah, lho. Jika menggunakan bus, kamu tinggal memasukan kartu ini  ke tempat kartu di sebelah supir saat menaiki bus pertama. Setelah itu, akan ada tanggal tercetak di belakang kartumu. Jika ingin menaiki bus lain, kamu tinggal memperlihatkan tanggal itu ke supir lain sampai masa berlaku kartumu berakhir.

Jika kamu memilih menggunakan kereta, tinggal memasukan kartumu ke slot yang sudah disediakan dan masuk menuju gerbang, lalu ambil kembali kartumu. Sama seperti di bus, akan ada tanggal tercetak di belakang kartu ketika melewati gerbang pertama. Nah, jika sudah sampai tujuan yang diinginkan, jangan lupa masukkan kartu ke slot di gerbang keluar ya.

Nah, ternyata selain Kyoto Day Pass yang bisa digunakan untuk subway dan bus sekaligus, ada kartu lain yang hanya bisa digunakan untuk subway atau bus saja. Namanya Bus One Day Pass dan Subway One Day Pass. Seperti namanya, kartu ini hanya bisa digunakan satu hari saja. Fungsi dan cara memakainya  juga sama seperti Kyoto Day Pass.

Gini Caranya Keliling Kyoto Pakai Day-Pass
Kyoto Bus One Day Pass untuk anak-anak (discoverkyoto.com)
Gini Caranya Keliling Kyoto Pakai Day-Pass
Kyoto City Subway One Day Pass untuk orang dewasa (discoverkyoto.com)

Bus One Day Pass dijual dengan harga 600 yen untuk orang dewasa dan 300 yen untuk anak-anak. Subway One Day Pass juga dijual dengan harga yang sama. Memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Kyoto Day Pass yang bisa digunakan untuk menaiki subway dan bus sekaligus, tapi kartu-kartu ini cocok untuk kamu yang memilih menggunakan bus atau subway saja.

Bagaimana? Tidak perlu takut boros kan?