Share on

Di kota Nikko, prefektur Tochigi terdapat sebuah ngarai kecil yang disebut Kanmangafuchi yang terbentuk dari letusan Gunung Nantai yang berada didekatnya. Kanmangafuchi ini berada dekat dengan Kuil Toshogu yang terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO.

Advertise With Us

Barisan Patung Jizo Yang Ikonik di Kanmangafuchi, Nikko
Higurashimon di Kuil Toshogu (gambar: wiki)

Tempat ini menjadi lokasi yang unik dan terkenal dengan adanya barisan patung Jizo yang berada disamping Sungai Daiya. Jizo adalah salah satu dewa yang paling dicintai di Jepang, Jizo dianggap sebagai Bodhishattva yang peduli dengan pelancong dan jiwa yang tersesat, selain itu juga dianggap sebagai pelindung anak-anak.

Barisan Patung Jizo Yang Ikonik di Kanmangafuchi, Nikko
Barisan patung Jizo (photo by: Brian Jeffery Beggerly // CC BY 2.0)

Barisan patung Jizo ini disebut juga dengan ‘Bake-Jizo’, karena konon jumlahnya tidak bisa dihitung. Jika seseorang mencoba menghitung patung-patung tersebut, maka setiap kali akan menemukan jumlah yang berbeda, dikatakan ada sekitar 70 patung Jizo yang berada disini.

Barisan Patung Jizo Yang Ikonik di Kanmangafuchi, Nikko
©TOCHIGI PREFECTURE TOURISM & LOCAL PRODUCTS ASSOCIATION

Kanmangafuchi melintasi pusat Nikko dan jaraknya yang hanya beberapa ratus meter menjadikannya tidak terlalu panjang, membuatnya bisa dinikmati dengan berjalan kaki di jalur yang ada di samping Sungai Daiya. Di seberang sungai dari lokasi patung Jizo juga terdapat tempat wisata lainnya yaitu Nikko Botanical Garden meskipun tidak ada jalur untuk masuk kesana dari Kanmangafuchi. Selain itu di bukit yang berada di hulu sungai terdapat karakter ‘Kanman’ yang legendanya ditulis oleh Kobo Daishi dengan melemparkan kuasnya.

Kanmangafuchi Alamat: Takumi-cho, Nikko-shi, Tochigi-ken

 

Featured image: Francisco Antunes // CC BY 2.0 Sources: visit tochigi, japan-guide