Share on

Akashi Kaikyo Bridge (明石海峡大橋), menghubungkan pulau utama Jepang, Honshu, dengan Pulau Awaji. Membentang di atas Selat Akashi, dari Kobe di Prefektur Hyogo, ke ujung utara Pulau Awaji. Selesai pada tahun 1998, jembatan ini masih merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia dan keajaiban teknik sejati.

Kegunaan

Jembatan ini membawa kendaraan di atasnya terkecuali kereta api. Jalan raya Shimanami Kaido, yang merupakan bagian dari jembatan, menuju ke selatan Pulau Awaji dan kemudian ke barat daya melintasi air ke pulau Shikoku. Jembatan yang membentuk bagian Awaji ke Shikoku disebut Jembatan Onaruto.

Akashi Kaikyo Bridge, Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia
Museum Akashi Kaikyo Bridge di Maiko Park, Akashi, dekat Kobe (https://www.japanvisitor.com/japan-city-guides/akashi-kaikyo-bridge)

Saluran yang dilintasi Akashi Kaikyo Bridge adalah salah satu jalur laut tersibuk di dunia, dengan sekitar seribu perahu melintasinya setiap hari. Arus bisa menjadi sangat kuat. Bahkan, pada tahun 1955 dua feri tenggelam di selat saat badai dan menghilangkan 168 nyawa.

Pembangunan Jembatan Akashi Kaikyo dimulai pada tahun 1988. Pada tahun 1995, gempa besar Hanshin terjadi. Meskipun hanya dua menara besar selesai dan tidak rusak, pergeseran di bumi menyebabkan menara bergerak lebih dari satu meter. Jadi perhitungan harus dilakukan lagi dan perubahan kecil pada desain diimplementasikan.

Akashi Kaikyo Bridge, Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia
Pintu masuk Maiko Marine Promenade berada di dalam blok jangkar besar dan beton dari Jembatan Gantung Akashi Kaikyo (https://www.japanvisitor.com/japan-city-guides/akashi-kaikyo-bridge)

Statistik

Statistik jembatan sangat mengejutkan. Total panjang jembatan enam jalur ini hampir 4 kilometer. Dan rentang pusatnya adalah 1.991 meter, rentang terpanjang di dunia. Menara berada 283 meter di atas permukaan laut, dan fondasinya berada di 60 meter dari air. Sekitar 700.000 baut menyatukan bagian menara. Kabel yang terlihat terdiri dari 36.830 helai kawat, dengan total panjang kawat 300.000 kilometer. Blok jangkar beton dan baja besar di kedua ujung jembatan masing-masing berbobot 350.000 ton.

Akashi Kaikyo Bridge, Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia
Ruang observasi 50 meter di atas air di Maiko Marine Promenade - Akashi Kaikyo Bridge (https://www.japanvisitor.com/japan-city-guides/akashi-kaikyo-bridge)

Pusat Pameran Akashi Kaikyo Bridge

Pusat Pameran Akashi Kaikyo Bridge berada di sisi jembatan Akashi. Di sini kalian dapat melihat video, foto, dan model yang menunjukkan bagaimana jembatan dibangun, serta bagaimana jembatan itu dipertahankan.

Akashi Kaikyo Bridge, Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia
Di dalam Pusat Pameran Akashi Kaikyo Bridge dengan pajangan yang menunjukkan sejarah jembatan gantung terpanjang di dunia (https://www.japanvisitor.com/japan-city-guides/akashi-kaikyo-bridge)

Di atas kepala kalian adalah model skala aktual yang digunakan dalam uji terowongan angin untuk memastikan bahwa jembatan itu tahan terhadap angin yang datang pada musim topan. Ada juga model dan informasi tentang jembatan lain di Jepang seperti yang melintasi Shimanami Kaido sedikit lebih jauh ke barat. Pameran-pameran tersebut secara mengejutkan sangat menarik, bahkan bagi mereka yang biasanya tidak menyukai hal-hal teknis.

Lokasi Pusat Pameran Akashi Kaikyo Bridge

4-114 Higashimaikocho

Tarumi-ku, Kobe-shi

Hyogo 655-0047

Tel: 078 784 3339

Jam operasional:

Buka dari jam 9:15 pagi sampai jam 5 sore (entri terakhir pada jam 4:30 sore) dari bulan Maret hingga 19 Juli, dan pada bulan September, Oktober, dan November tutup pada hari Senin kecuali ketika hari Senin adalah hari libur umum, hari Selasa tutup sebagai gantinya. Buka saat Golden Week.

Dari 20 Juli dan seluruh Agustus, buka 9:15 pagi hingga 6 sore (entri terakhir pukul 5:30 malam) dan buka tujuh hari seminggu. Desember, Januari, Februari buka jam 9:15 pagi hingga 4:30 sore (entri terakhir jam 4 sore), namun tutup pada hari Senin kecuali ketika hari Senin adalah hari libur umum, tutup hari Selasa sebagai gantinya. Ditutup 29 Desember-3 Januari.

HTM: 310 yen untuk orang dewasa, 150 yen untuk anak-anak.

Akashi Kaikyo Bridge Guided Tour

Untuk pemandangan jembatan dan keseluruhan area yang benar-benar spektakuler dan memukau, sangat disarankan mengikuti tur jembatan yang dipandu mencakup perjalanan ke puncak salah satu menara setinggi 300 meter. Tur ini sebenarnya adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Pusat Pameran Akashi Kaikyo Bridge.

Maiko Marine Promenade

Maiko Marine Promenade adalah jalan setapak tertutup kaca di bawah jalan jembatan. Ini memungkinkan kalian untuk naik ke jembatan dan keluar melintasi air.

Akashi Kaikyo Bridge, Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia
Maiko Marine Promenade di bawah Akashi Kaikyo Bridge (https://www.japanvisitor.com/japan-city-guides/akashi-kaikyo-bridge)

Dari pintu masuk lantai dasar kalian akan naik lift dan kemudian berjalan sepanjang 300 meter, dan 50 meter di atas air di bawah, ke ruang observasi. Di sini kalian dapat melihat ke atas dan ke bawah pantai, menyeberang ke Pulau Awaji, atau menyaksikan kapal melintas di bawah kalian. Ada juga kafe dan toko souvenir kecil di sini.

Lokasi Maiko Marine Promenade

2051 Higashimaikocho, Tarumi-ku

Kobe-shi, Hyogo 655-0047

Tel: 078 785 5090

Jam operasional: 9 pagi - 6 sore.

HTM: 300 yen untuk orang dewasa pada akhir pekan dan hari libur, atau 250 yen pada hari kerja. Gratis untuk anak-anak.