Share on

Bentangan pegunungan yang megah, pulau terpencil nan eksotis hingga bangunan-bangunan yang memiliki nilai sejarah yang dalam adalah salah satu dari potret yang menggambarkan situs warisan dunia yang ada di Jepang yang ditawarkan kepada turis baik domestik maupun mancanegara yang penasaran akan kendahan yang khas dari negeri matahari terbit ini. UNESCO telah menetapkan 23 situs warisan dunia di Jepang dengan keindahan, keunikan dan kemegahan yang berbeda-beda. Penasaran? Cek 5 situs yang wajib kamu kunjungi, yuk!

Advertise With Us

Tambang Perak Iwami Ginzan

5 Situs Warisan Dunia di Jepang Yang Wajib Dikunjungi
Komplek tambang perak Iwami Ginzan (travel.gaijinpot.com)
5 Situs Warisan Dunia di Jepang Yang Wajib Dikunjungi
Tambang (travel.gaijinpot.com)
5 Situs Warisan Dunia di Jepang Yang Wajib Dikunjungi
Tambang perak (travel.gaijinpot.com)

Tambang perak yang aktif pada abad ke-17 ini berada di sebuah kota kecil di Omori, Prefektur Shimane. Setelah aktivitas pertambangan akhirnya dihentikan pada tahun 1920-an, situs ini akhirnya dijadikan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2007 silam. Situs ini menawarkan perjalanan wisata di lorong-lorong vertikal tambang dengan harga hanya 200 yen kalau kita masuk dengan menunjukkan KTP atau paspor.

Kuil Itsukushima

5 Situs Warisan Dunia di Jepang Yang Wajib Dikunjungi
Torii (gerbang kuil) terapung di Kuil Itsukushima (travel.gaijinpot.com)

Kalian yang pernah browsing gambar tentang Jepang pasti pernah melihat gambar gerbang "torii" atau gerbang kuil berwarna merah yang "terapung" di tengah lautan kan? Nah, torii tersebut adalah bagian dari Kuil Itsukushima yang terletak di sebuah pulau kecil bernama Miyajima di Prefektur Hiroshima. Untuk ke pulau ini, kamu hanya perlu naik kereta hingga Stasiun Miyajimaguchi di Hiroshima dan naik kapal feri untuk ke pulau tersebut.

Situs warisan ini menawarkan pemandangan eksotis saat matahari tenggelam loh. Dan lagi, kamu bisa "berjalan kaki" untuk mendekat ke torii ini saat air surut.

Gunung Fuji

5 Situs Warisan Dunia di Jepang Yang Wajib Dikunjungi
Menikmati Shibazakura di Fuji (travel.gaijinpot.com)

Kalian pasti tidak asing lagi dengan gunung ini. Sebagai salah satu simbol Jepang, gunung yang sudah legendaris ini bisa mengajak kamu untuk "menikmati" keindahannya dari jauh sekaligus bisa "menantang" bagi para pecandu adrenalin yang ingin memanjat hingga ke puncaknya pada ketinggian 3.776 meter di atas permukaan laut. Lengkap kan?

Kepulauan Ogasawara

5 Situs Warisan Dunia di Jepang Yang Wajib Dikunjungi
Ogasawara (travel.gaijinpot.com)

Bukit yang ditutupi hutan belantara dan bentangan garis pantai dengan pemandangan cakrawala yang tidak terhalang oleh apa pun hingga Samudera Pasifik merupakan view yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke kepulauan Ogasawara. Pulau terpencil ini secara teknis merupakan bagian dari Prefektur Tokyo. Namun, untuk datang ke sini kita harus naik perahu selama 24 jam! Gugusan kepulauan dengan jumlah sekitar 30 pulau ini memiliki iklim subtropis dengan hanya 2 pulai yang sudah berpenghuni, yaitu Chichijima dan Hahaima yang secara harfiah berarti pulau ayah dan pulau ibu. Kita dapat menikmati wisata bahari di antaranya berenang bersama lumba-lumba liar, snorkeling dan diving sambil menikmati pemandangan bawah laut.

Shirakami Sanchi

5 Situs Warisan Dunia di Jepang Yang Wajib Dikunjungi
Momiji di Shirakami-Sanchi (travel.gaijinpot.com)
5 Situs Warisan Dunia di Jepang Yang Wajib Dikunjungi
Aoike in Shirakami-Sanchi (travel.gaijinpot.com)
5 Situs Warisan Dunia di Jepang Yang Wajib Dikunjungi
Anmon no taki (Shadow Gate Falls) di Shirakami- Sanchi (travel.gaijinpot.com)

Pegunungan yang terletak di perbatasan antara Akita dan Aomori ini menawarkan berbagai macam jalur pendakian atau hiking dengan tingkat kesulitan yang bervariasi yang akan membawamu menembus hutan, melingkari danau dan menyebrangi air terjun. Daya tarik utama dari wilayah ini adalah Air Terjun Anmon yang merupakan kumpulan dari 3 air terjun dengan tinggi 42 meter. Ada pun Juuniko atau yang berarti 12 danau yang menawarkan pengalaman berkemah dan memancing di danau misterius dengan warna biru yang seperti diberi pewarna di Aoike. Menakjubkan, ya?

Itulah beberapa situs wisata yang sudah disahkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Kira-kira, kamu mau pilih yang mana nih?