Share on

Bosan dengan tempat wisata Jepang yang itu-itu saja? Mungkin kamu bisa coba jalan-jalan di Onomichi, Prefektur Hiroshima, area Chugoku. Banyak tempat wisata menarik lho di sini!

Advertise With Us

Dilansir dari Tokyo Cheapo, Onomichi adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di antara Hiroshima dan Kyoto, tepatnya di pesisir Laut Pedalaman Sento. Kota yang dikelilingi gunung ini dikenal sebagai kota  yang penuh dengan kuil dan tempat wisata sejarah lain. Tak hanya itu, sejak dulu, Onomichi juga dikenal sebagai pusat perdagangan dan “rumah” dari berbagai penyair dan penulis kenamaan Jepang, membuat kota ini menjadi perbatasan antara tradisional dan modernitas. Onomichi juga sempat menjadi latar tempat dari film Tokyo Story (1993) karya Yasujiro Ozu dan anime fantasi Kamichu (2005).

Nah, buat kamu yang ingin mencoba jalan-jalan ke Onomichi, bisa coba mengunjungi tempat-tempat wisata menarik  berikut.

1. Jodo-ji

4 Tempat Wisata Menarik di Onomichi
Jodo-ji (tokyocheapo.com)

Seperti yang sudah disebutkan, Onomichi dikenal sebagai kota yang penuh kuil. Nah, salah satu kuil yang wajib dikunjungi adalah Jodo-ji. Kuil yang dianggap sebagai Harta Nasional Jepang ini merupakan kuil tertua di Onomichi. Konon, kuil ini selesai dibangun pada abad ke-7 di bawah perintah Pangeran Shotoku. Aula utama dan 2 pagoda di kuil ini meruapakan bagian dari Harta Nasional Jepang.

2. Bungaku no Michi

4 Tempat Wisata Menarik di Onomichi
Batu bertuliskan karya penulis di Bungaku no Michi (tokyocheapo.com)

Selain dikenal sebagai kota penuh kuil, Onomichi juga dikenal sebagai rumah dari berbagai penyair dan penulis. Nah, di tempat ini karya dari beberapa penulis itu diabadikan di Bungaku no Michi (Perjalanan Sastra). Di tempat ini, ada batu-batu besar bertuliskan karya dari para penulis. Di Bungaku no MIchi juga ada karya penulis terkenal seperti novelis Fumiko Hayashi dan penyair Matsuo Basho lho. Tempat ini bisa jadi surga bagi kamu yang menyukai karya sastra klasik Jepang.

3. Onomichi Cat Alley

4 Tempat Wisata Menarik di Onomichi
Kafe kucing di Onomichi Cat Alley (tokyocheapo.com)

Ternyata, Onomichi juga punya surga buat para pecinta kucing, namanya Onomichi Cat Alley. Tempat yang terletak di lereng Gunung Senkoji ini penuh dengan arsitektur berbentuk kucing yang dirubah menjadi kafe, galeri seni, museum dan tentunya, kafekucing. Onomichi Cat Alley merupakan bagian dari rencana revitalisasi Ihatov yang dibuat oleh seniman lokal Onomichi, Shunji Sonoyama pada tahun 1997. Sonoyama melukis semua fukuishi neko (batu keberuntungan bergambar kucing) yang bisa kamu temukan di sepanjang jalan. Di Onomichi Cat Alley juga ada Museum Maneki-neko di mana Sonoyama menjadi kuratornya.

Di sekitar Onomichi Cat Alley, tepatnya di Taman Senkoji, juga ada sebuah lover’s sanctuary dengan patung berbentuk 2 ekor kucing. Monumen ini telah berdiri sejak 2008.

Ada yang unik nih, di tahun 2015, Onomichi juga meluncurkan Cat’s Eye Google Street View Site. Dengan ini, kamu bisa merasakan sensasi menjelajahi seluruh penjuru Kota Onomichi lewat mata seekor kucing.

4. Onomichi U2

4 Tempat Wisata Menarik di Onomichi
Onomichi U2 (onomichi-u2.com)

Onomichi U2 adalah tempat wisata ter-hits di kota ini. Sebenarnya, Onomichi U2 adalah gudang yang direnovasi menjadi sebuah Hotel Cycle (hotel ramah pesepeda), toko roti, restoran, bar, toko sepda, dan  butik.

Hotel Cycle di Onomichi U2 memiliki desain kamar yang sederhana tapi stylish. Kamar ramah pesepeda ini terlihat atraktif dengan perpaduan desain modern dan lokal. Kamu juga bisa “menggantung” sepedamu di sini lho.

Meskipun Onomichi sendiri memiliki banyak tempat wisata, Onomichi U2 juga ternyata tidak kalah menarik lho. Bagian lain dari Onomichi U2, Toko Roti Butti misalnya, menyajikan roti dan pastry dengan resep lokal yang patut dicoba. Di tempat ini juga ada Yard Café, tempat yang cocok untuk minum kopi sambil memandang tepi laut. Jika ingin meminum minuman beralkohol. Datang saja ke Kog Bar di Onomichi U2.

Sebelum pulang, jangan lupa mengunjungi U2 Shima Shop, di sini banyak produk lokal yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Penasaran? Ayo datang ke tempat-tempat wisata di Onomichi!