Share on

Nama Prefektur Ishikawa mungkin tidak sepopuler tempat lain di Jepang seperti Tokyo, Kyoto, Osaka dan lain-lain. Namun, Ishikawa ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik dibanding tempat-tempat tadi.

Dilansir dari Japan Guide, Ishikawa adalah sebuah prefektur yang terletak di dekat pesisir Laut Jepang di area Chubu. Ibu kota Ishikawa adalah Kanazawa, yang dikenal dengan Taman Kenrokuen-nya. Selain Taman Kenrokuen, tempat ini juga terkenal dengan gunung, pantai, mata air panas, serta kuilnya yang indah.

Ingin lebih tahu tentang tempat-tempat wisata di Prefektur Ishikawa? Ayo, simak penjelasan di bawah ini!

Taman Kenrokuen

3 Tempat Wisata Menarik di Ishikawa, Jepang
Taman Kenrokuen di Prefektur Ishikawa (japan-guide.com)

Taman Kenrokuen adalah sebuah taman indah di pusat Kanazawa yang termasuk salah satu dari Tiga Taman Terbesar di Jepang. Di dalamnya, ada berbagai bunga cantik dari berbagai musim, air terjun, kolam, sungai, dan rumah minum teh bersejarah.

Taman ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1676 dengan nama Renchitei, tapi sempat terbakar pada tahun 1759. Renchitei kembali dibangun pada tahun 1774 dan berganti nama menjadi Kenrokuen pada 1882 hingga sekarang.

Di taman yang namanya berarti “Taman 6 Elemen” ini terdapat kolam besar yang bernama “Kasumigake”. Di dekat kolamnya, ada lentera batu yang menjadi simbol taman ini.

Ninjadera

3 Tempat Wisata Menarik di Ishikawa, Jepang
Ninjadera (japan-guide.com)

Kuil yang memiliki nama asli Kuil Myoryuji ini dibangun oleh Klan Maeda pada Zaman Edo. Kuil ini sebenarnya tidak memiliki kaitan khusus dengan ninja, tapi karena banyaknya jebakan di dakamnya, maka kuil ini disebut dengan NInjadera sampai sekarang.

Ninjadera awalnya dibangun untuk mematahkan aturan dari shogun yang memang memerintahkan agar bangunan milik pemerintah di bawah kekuasannya dibuat menjadi “lemah”. Karena itu, Klan Maeda membuat NInjadera agar terlihat seperti pos militer dan dibangun dengan pertahanan yang mumpuni serta memiliki banyak jalan pintas.

Pertahanan kuil ini ditujukan untuk menjaga kuil dari penyusup atau serangan mendadak. Beberapa alat pertahanan di kuil ini berupa terowongan tersembunyi, ruang rahasia, jebakan, dan beberapa labirin. Kamu juga dapat melihat jebakan-jebakan ini jika mengikuti tur untuk mengelilingi gedung ini.

Onsen Kaga

3 Tempat Wisata Menarik di Ishikawa, Jepang
Onsen Yamashiro, salah satu bagian Onsen Kaga (ishikawa-kaga-hakusan.jp)

Kalau kamu lelah berjalan-jalan dan ingin bersantai dengan berendam di air panas, Onsen Kaga tidak boleh dilewatkan!

Onsen Kaga merupakan onsen gabungan dari tiga resor mata air panas, yaitu Onsen Yamanaka, Onsen Yamashiro, dan Onsen Katayamazu. Kamu bebas memilih onsen mana yang ingin kamu masuki.

Semua bagian Onsen Kaga dikenal dengan bentuk pemandian umumnya. Onsen ini merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Ishikawa, terutama sebelum adanya ryokan yang memiliki pemandian sendiri.

Jangan lupa kunjungi Prefektur Ishikawa ya kalau ke Jepang!