Share on

Meskipun Jepang sangat merupakan negara yang dikenal sangat  menghargai budaya tradisionalnya, bukan berarti negara ini tidak  bisa menerima sentuhan budaya negara lain lho. Misalnya saja, bangnan gaya Eropa di Kobe Kitano Ijinkan di area Kansai. Nah, ternyata bangunan gaya barat bukan hanya ada di Kansai saja, tapi juga di Sapporo, Hokkaido.

Advertise With Us

Nah, inilah 3 bangunan gaya barat di Sapporo, Hokkaido.

Red Brick Office Indah di tengah Kota, Bekas Kantor Pemerintahan Hokkaido!

3 Bangunan Gaya Barat di Sapporo, Hokkaido yang Bikin Kamu Terpesona
Red Brick Office (en.visit-hokkaido.jp)

Bangunan dengan sentuhan negara barat yang pertama adalah bangunan lama yang dulunya dipakai sebagai Kantor Pemerintahan Hokkaido. Bangunan yang hanya berjarak 5 menit dari Stasiun Sapporo ini kerap disebut dengan Red Brick Office karena arsitekturnya sangat kental dengan gaya Neo-Baroque yang identic dengan struktur batu batanya. Sebelum bangunan kantor pemerintahan Hokkaido yang baru selesai dibangun, bangunan cantik ini sempat menjadi pusat pemerintahan Hokkaido selama 80 tahun lamanya.

Salah satu pesona Red Brick Office adalah pemandangannya yang berganti setiap musim, membuat gedung ini populer di kalangan wisatawan. Rencananya, gedung cantik ini akan masuk ke dalam rute marathon di Tokyo Olympics 2020 nanti.

Sapporo Clock Tower, Bangunan  Bersejarah Simbol Kota Sapporo

3 Bangunan Gaya Barat di Sapporo, Hokkaido yang Bikin Kamu Terpesona
Sapporo Clock Tower (en.visit-hokkaido.jp)

Menara jam yang merupakan simbol kota Sapporo ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1878 dan digunakan sebagai military drill hall untuk The Sapporo Agricultural College (sekarang Hokkaido University). Menara ini digunakan sebagai central hall untuk berbagai macam kegiatan, seperti latihan militer dan kegiatan belajar mengajar. Pada tahun 1906, menara ini dipindahkan ke lokasi berdirinya sekarang dan terus berdenting setiap satu jam sekali, sama seperti dulu.

Jika kamu ingin melihat pemandangan kota Sapporo dari ketinggian, menara ini bisa digunakan lho! Di lantai 2-nya, ada area dan teras ntuk mengambil gambar. Menara jam ini juga sering dijadikan tempat kencan karena pemandangannya yang romantis di sore hari.

Hoheikan, Salah Satu  Properti Budaya Jepang Cantik di Sapporo

3 Bangunan Gaya Barat di Sapporo, Hokkaido yang Bikin Kamu Terpesona
Hoheikan (en.visit-hokkaido.jp)

Hoheikan awalnya dibangun sebagai hotel gaya barat di era pioneering days of Hokkaido pada tahun 1880. Konon, Kaisar Meiji lah orang pertama yang menginap di tempat bersejarah ini. Eksterior bangunannya yang berwarna putih bersih  dengan dekorasi berwarna ultramarine yang terang membuat bangunan ini terlihat “segar”.

Selain eksteriornya yang menarik, bangunan yang sudah terdaftar sebagai salah satu properti budaya Jepang sejak tahun 1958 ini memiliki interior yang tak kalah menarik. Di dalamnya, ada plasterwork cantik bermotif daun musim gugur dan bunga peoni yang memberi kesan Jepang yang kental. Perpaduan antara gaya barat dan Jepang membuat bangunan ini memiliki aura retro yang unik. Wajib dikunjungi!