Share on

Kyoto adalah salah satu kota terbesar di Jepang dan terletak di region Kansai, Kyoto juga menjadi salah satu tempat yang paling populer bagi para turis baik asing maupun turis lokal dan Kyoto juga dikenal karena tetap menjaga suasana dari era-era sebelumnya. Berikut ini adalah 10 tempat di Kyoto yang wajib untuk dikunjungi.

1. Kuil Kinkaku-ji (Paviliun Emas)

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Kuil Kinkaku-ji (Gambar blog.gaijinpot.com)

Kuil Kinkaku-ji atau dikenal juga dengan nama Rokuon-ji didirikan pada tahun 1397 dan menjadi tempat tinggal Shogun Yoshimitsu Ashikaga, namun setelah kematiannya bangunan tersebut berubah menjadi kuil Zen. Kuil Kinkaku-ji ini terdiri dari 3 lantai yang dibangun di pinggir danau dimana  2 lantai atasnya memiliki warna emas dan menjadi salah satu tempat unik yang ramai dikunjungi wisatawan. Meskipun para wisatawan tidak diperbolehkan masuk kedalam kuil tersebut, namun para pengunjung masih dapat menikmati keindahannya dari seberang danau.

2. Kyoto Gosho (Kyoto Imperial Palace)

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Kyoto Gosho (Gambar www.japanvisitor.com)

Kyoto Imperial Palace adalah tempat tinggal untuk keluarga kekaisaran Jepang sebelum ibu kota dan kaisarnya pindah dari Kyoto ke Tokyo pada tahun 1868. Bangunan ini awalnya dibangun pada tahun 794 dan telah berkali-kali hancur dan kemudian dibangun ulang kembali, hingga pembangunan ulang yang terakhir selesai pada tahun 1855. Bangunan-bangunan penting yang berada dalam Kyoto Imperial Palace ini beberapanya adalah Shishin-den yang merupakan hall untuk acara resmi kenegaraan, Seiryo-den yang digunakan sebagai kediaman Kaisar, Kogosho yang dulunya digunakan ketika Kaisar bertemu dengan shogun dan daimyo. Meskipun tempat ini dapat terbuka untuk umum namun untuk mengunjungi istananya hanya dapat melalui tour bebas biaya yang dioperasikan oleh Imperial Agency Kunaicho yang terletak di dalam Kyoto Imperial Palace Park.

3. Kuil Fushimi Inari (Fushimi Inari Taisha)

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Kuil Fushimi Inari (Gambar jw-webmagazine.com)

Kuil Fushimi Inari yang terletak di Fushimi-ku Kyoto ini adalah kuil pusat dari kuil Inari yang memuliakan Kami Inari (Dewa Padi) yang tersebar diseluruh Jepang dan dibangun pada tahun 711. Kuil ini juga terkenal dengan banyaknya Torii atau gerbang kuil berwarna oranye yang memandu jalan menuju puncak gunung Inari. Meskipun Inari adalah Dewa Padi namun sejak dahulu orang-orang banyak yang meminta berkah untuk bisnis dan kabarnya setiap Torii memiliki sponsornya masing-masing yang sebagian besar adalah perusahaan bisnis Jepang.

4. Kastil Nijo (Nijo-jo)

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Kastil Nijo (Gambar japan-highlightstravel.com)

Kastil Nijo mulai dibangun pada tahun 1603 atas perintah Ieyasu Tokugawa untuk melindungi Kyoto Imperial Palace, Kastil ini juga digunakan sebagai kediaman shogun dan selesai pada tahun 1626 pada masa kekuasaan Iemitsu Tokugawa cucu dari Ieyasu Tokugawa. Setelah jatuhnya keshogunan Tokugawa pada tahun 1867 Kastil Nijo juga digunakan sebagai Imperial Palace untuk beberapa saat hingga akhirnya didonasikan untuk kota dan dibuka untuk umum sebagai bangunan bersejarah. Di tempat ini juga para pengunjung dapat memasuki Ninomaru Palace yang terkenal dengan lantainya yang berbunyi untuk mencegah adanya penyusup.

5. Kuil Sanjusangen-do

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Kuil Sanjusangen-do (Gambar www.steppestravel.com)

Kuil Sanjusangen-do adalah kuil Buddha yang dibangun pada tahun 1164 oleh Taira no Kiyomori dan terkenal karena 1001 patung Kannon bertangan 1000 (Dewi Pengampun). Nama Sanjusangen juga diambil dari 33 (sanjusan) ruang antara kolom (gen) yang merupakan interval antara kolom penyangga bangunan dan pengukuran tradisional Jepang. Bangunan ini memiliki panjang 120 meter dan menjadi bangunan kayu terpanjang di Jepang. Di dalam hall utamanya terdapat Patung Kannon bertangan 1000 (Senju Kannon) dari kayu  dan juga masing-masing 500 patung Kannon yang berjejer di kedua sisinya.

6. Kuil Hongan-ji

Kuil Hongan-ji terletak di pusat Kyoto dan terbagi menjadi 2 area yaitu Nishi Hongan-ji di sebelah barat dan Higashi Hongan-ji di sebelah timur. Kuil ini juga merupakan pusat dari sekte Jodo Shin yang merupakan salah satu sekte Buddha terbesar di Jepang.

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Kuil Nishi Hongan-ji (Gambar www.japan-guide.com)

Nishi Hongan-ji dibangun pada tahun 1591 dan merupakan salah satu kuil utama dari sekte Jodo Shin dengan lebih dari 10000 cabang kuil yang tersebar di Jepang dan juga diluar Jepang. Di dalam Kuil Nishi Hongan-ji terdapat 2 bangunan besar yaitu Goeido hall yang didedikasikan untuk Shinran yang merupakan pendiri sekte dan juga Amidado hall yang didedikasikan untuk Amida Buddha.

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Kuil Higashi Hongan-ji (Gambar www.japan-guide.com)

Higashi Hongan-ji dibangun 11 tahun setelah Nishi Hongan-ji dan terletak sebelah timur dari Nishi Hongan-ji. Hall utama dalam kuil ini yaitu Goeido hall yang didedikasikan untuk Shinran dan menjadi struktur kayu terbesar yang ada di Kyoto, dan Amidado hall yang didedikasikan untuk Amida Buddha. Selain itu disebelah timur dari Higashi Hongan-ji juga terdapat taman kecil yang diberi nama Shoseien dan terbuka untuk umum.

7. Kyoto Tower

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Kyoto Tower (Gambar www.klook.com)

Kyoto Tower yang sebelumnya pernah dibahas sebagai salah satu tempat romantis di Jepang dan dibangun pada tahun 1964 dan terletak tepat didepan Stasiun Kyoto dan Kyoto Tower juga merupakan bangunan tertinggi di Kyoto dengan ketinggian 131 meter, aksesnya yang sangat mudah juga menjadikan tempat ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

8. Katsura Imperial Villa (Katsura Rikyu)

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Katsura Imperial Villa (Gambar www.travelcaffeine.com)

Katsura Imperial Villa adalah salah satu dari 4 properti kekaisaran selain Kyoto Gosho Imperial Palace, Sento Gosho, dan Shugaku-in Rikyu. Villa ini dibangun dengan teknik arsitektur Jepang yang digabungkan dengan desain taman dan selesai dibuat pada tahun 1645 sebagai tempat kediaman keluarga Katsura yang juga anggota dari keluarga kekaisaran. Tempat ini merupakan tempat yang cocok bagi wisatawan yang menyukai arsitektur Jepang namun sayangnya untuk mengunjungi tempat ini diharuskan melalui tour yang disediakan melalui Kunaicho yang terletak di Kyoto Imperial palace Park.

9. Kuil Yasaka

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Kuil Yasaka (Gambar www.nippon.com)

Kuil Yasaka yang juga dikenal dengan Kuil Gion adalah sebuah kuil Shinto dan menjadi salah satu kuil yang paling terkenal di Kyoto, kuil ini terletak diantara Gion Distrik dan Higashiyama Distrik dan sering dikunjungi oleh turis yang berjalan-jalan diantara kedua distrik tersebut. Kuil ini juga terkenal dengan festival musim panas yang bernama Gion Matsuri yang diadakan pada setiap bulan Juli.

10. Kuil Kiyomizu-dera

10 Tempat di Kyoto yang Wajib Dikunjungi
Kuil Kiyomizu-dera (Gambar www.kiyomizudera.or.jp)

Kuil Kiyomizu-dera yang memiliki arti Air Suci adalah kuil Buddha yang dibangun di daerah Air Terjun Otowa  pada tahun 778 oleh Sakanoue no Tamuramaro dan direkonstruksi ulang pada tahun 1633 oleh Iemitsu Tokugawa. Kuil ini asalnya berkaitan dengan sekte Hosso yang merupakan salah satu ajaran Buddha tertua di Jepang, namun pada tahun 1965 membuat sektenya sendiri yaitu Kita Hosso juga masuk dalam daftar salah satu warisan budaya dunia UNESCO pada tahun 1994.