Share on

Industri pariwisata di Jepang tahun ini mengalami penurunan yang sangat drastis. Menurut Japan National Tourism Organisation, tahun ini , pada bulan Agustus hanya tercatat hanya 8.700 kedatangan dari luar negeri jika dibandingkan dengan bulan Agustus tahun lalu yang mencapai 2,5 juta kedatangan. Dengan jumlah turis asing yang menurun, pemerintah pusat Jepang mendorong masyarakat Jepang untuk bepergian dengan memberikan promo-promo travel.

Advertise With Us

Saat ini, East Japan Rail (atau yang biasa dikenal dengan nama JR East) juga turut serta memberikan promo-promo terbaru untuk menyelamatkan industri pariwisata, dan penawaran ini berlaku untuk para turis asing. Perusahaan induk JR East, yaitu JR Group terkenal dengan Pass kereta yang membuat turis asing dapat menggunakan kereta-kereta dengan harga tidak penuh atau diskon.

Pass kereta ini biasanya tidak dapat digunakan oleh orang-orang yang tidak memiliki paspor Jepang, seperti warga negara asing yang tinggal di Jepang untuk bekerja atau belajar. Hal ini membuat warga negara asing harus membayar penuh untuk dapat menggunakan kereta-kereta cepat seperti Shinkansen untuk bepergian di seluruh Jepang.

JR East, dalam rangka untuk meningkatkan industri pariwisata, mengeluarkan Pass terbaru untuk kereta yang dapat digunakan tidak hanya untuk turis asing, melainkan juga untuk warga negara asing yang menetap di Jepang, tanpa melihat jenis visanya. Pass kereta ini memiliki nama JR EAST Welcome Rail Pass 2020, dan dapat digunakan untuk bepergian menggunakan seluruh kereta JR East di Tokyo, Nagano, dan Niigata, juga dengan Shinkansen.

peta rute kereta jr east
Peta Rute Kereta JR East (sumber: eastjapanrailway)

Berdasarkan gambar di atas, para pemegang pass ini akan dapat bepergian dari Tokyo hingga ke penghujung pulau utama Jepang yang berada di bagian utara.

JR EAST Welcome Rail Pass 2020 memiliki harga sebesar 12.000 yen (sekitar 1,6 juta rupiah) untuk orang dewasa dan 6.000 yen (sekitar Rp 832.000) untuk anak-anak dan dapat digunakan untuk tiga hari. Pass ini sangat baik digunakan untuk menghemat biaya perjalanan. Pass ini juga bersifat terbatas, dengan periode pembelian dari 16 Oktober hingga Februari 2021 dan dengan masa berlaku dari 16 Oktober hingga 28 Februari 2021. Anda juga dapat membeli pass ini secara online di website resmi JR East dari tanggal 16 Oktober.