Share on

Buat kamu yang ingin jalan-jalan di Kyoto, Jepang sambil tetap menjaga pola hidup sehat, ada solusinya, berkeliling kota dengan sepeda rental! Nah, tapi sebelum merasakan sensasi jalan-jalan asyik dengan sepeda, ada cara-cara yang harus diperhatikan. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Cara bersepeda di Kyoto

Dengan budaya yang berbeda, tentunya cara berspeda di Kyoto, area Kansai sedikit berbeda. Nah, perhatikan caranya yang dikutip dari Inside Kyoto:

  • Banyak pesepeda di Kyoto yang berkendara di trotoar. Jika kamu ingin melakukannya juga, cobalah meminjam sepeda dengan lonceng untuk membuka jalan (dan kendarai sepedamu pelan-pelan dan sangat berhati-hati). Ini legal lho, jadi tenang saja!
  • Para pengguna jalan berkendara di sebelah kiri. Karena itu, pesepeda pun harus melakukannya.
  • Tidak boleh menggunakan sepeda di malam hari jika tidak menyalakan lampu (sepeda rental biasanya memiliki lampu, tenang saja).

Memarkir Sepeda di Kyoto

Cara Rental Sepeda di Kyoto, Jangan Sampai Salah!
Tempat parkir sepeda Kyoto. (insidekyoto.com)

Meski banyak tempat-tempat wisata di Kyoto yang menyediakan tempat parkir khusus sepeda, bagaimana dengan di tengah kota? Jangan khawatir, ada beberapa tempat psrkir sepeda besar kok. Ini dua di antaranya:

Kyoto Eki-Mae Churin-jo (Kyoto Station Bicycle Parking Lot): Untuk menemukan tempat ini, pergilah ke pintu keluar selatan Stasiun Kyoto (Karasuma Central Gate), belok kiri dan menyebrang menuju Kyoto Central Post Office. Belok kiri lagi, dan berjalanlah sekitar 100 meter dan kamu akan menemukan pintu masuknya di sebelah kananmu. Untuk biaya, hanya dipungut 150 yen/hari.

WINGS Bike Lot (Downtown Bike Lot): Tempat ini merupakan bagian selatan dari WINGS Community Center yang terletak di persimpangan Higashinotoin/Takoyakushi. Pintu masuknya ada dalam taman di selatan WINGS. Untuk memarkir di sini, kamu harus merogoh kocek sebesar 150 yen  per hari.

Berhati-hatilah Sebelum Memarkir Sepeda!

Haram hukumnya memarkir sepeda di area yang tidak didesain sebagai tempat parkir sepeda. Pemerintah kota Kyoto akan memindahkan sepeda yang diparkir sembarangan ke tempat parkir besar di selatan kota. Jadi, jangan kaget ya kalau sepedamu hilang setelah belanja atau makan. Mungkin kamu memarkirnya di tempat yang bukan seharusnya dan sepedamu dipindahkan. Jika dipindahkan, alam ada selembar kertas dengan sebuah peta yang menunjukkan ke mana sepedamu dipindahkan.

Nah, setelah mengetahui cara rental sepeda di Kyoto, ada lagi nih yang wajib diketahui, tempat rental sepedanya! Di mana saja?

Kyoto Cycling Tour Project

Cara Rental Sepeda di Kyoto, Jangan Sampai Salah!
Kyoto Cycling Tour Project (kyotostation.com)

Pertama, ada Kyoto Cycling Tour Project (KCTP), tempat rental sepeda paling praktis di Kyoto. Kenapa disebut praktis? Ternyata ada beberapa alasannya lho, yaitu:

Kantor utama KCTP merupakan pusat rental sepeds yang paling dekat dengan Stasiun Kyoto. Kamu  bisa langsung lompat dari kereta dan segera mengendarai sepeda hanya dalam hitungan menit saja!

KCTP memiliki staff multi-lingual, jadi tak perlu takut karena tak bisa bahasa Jepang.

Koleksi sepeda KCTP sangat banyak. Jika kamu hanya ingin meminjam sepeda standar dengan 3 gigi saja, kamu dapat meminjamnya dengan harga 1000 yen per hari. Namun, jika kamu seorang cycling enthusiast, dan ingin meminjam sepeda gunung Cannondale F400, wajib membayar 2000 yen per hari

KCTP sangat family friendly! Mereka memiliki sepeda anak-anak dan sepeda dengan baby seats.

KCTP punya banyak cabang di Kyoto. Artinya, kamu dapat meminjam dan mengembalikan sepeda di tempat yang berbeda.

J-Cycle

Cara Rental Sepeda di Kyoto, Jangan Sampai Salah!
J-Cycle (kyotostation.com)

J-Cycle berlokasi di selatan Shijo Street dan timur Karasuma Street. Kamu dapat merental sebuah sepeda standar dengan harga 800 yen per hari. Di sini juga ada sepeda elektrik yang bisa dipinjam dengan harga 1700 yen per hari. Sepeda di sini harus dikembalikan pada jam 18:30.

Kyo no Raku Chari

Berikutnya ada Kyo no Raku Chari yang terletak di dekat Stasium Higashiyama di Tozai Line. Perusahaan ini hanya menyefiakam rental sepeda listrik yang dapat kamu pinjam dari pukul 9:00 hinvga 17:00 dengan membayar 2000 yen (1500 yen untuk a anak-anak).

Itulah cara bersepeda di Kyoto dan tempat-tempat merental sepedanya. Jangan sampai salah!

Sumber: berbagai sumber