Share on

Bagi kalian yang sering datang ke event Jepang di tanah air, mungkin tarian tradisional Jepang seperti Yosakoi di Event Jepang biasanya masih belum sepopuler tarian Idol pada umumnya. Namun, kalian perlu kenal dengan grup satu ini! Sebuah kelompok komunitas di Bandung yang menamakan dirinya “Hana-B Yosakoi Team” yang berdiri sejak  tahun 2016 lalu.

Yuk berkenalan dengan mereka!
Yuk dukung Hana-B Yosakoi Team memperkenalkan budaya Sunda ke Jepang
Hana-B Yosakoi Team

Komunitas ini terbentuk dari proyek kolaborasi dance cover group bernama Orion Shock yang pada saat itu mengajak warga Bandung untuk ikut serta dalam sebuah proyek bernama Yosakoi Beat Project di sebuah acara Jepang di Bandung yang bernama Bandung Japan Festival 2, kemudian setelah proyek itu berakhir mereka masih tetap eksis untuk menyebarkan tarian Yosakoi di Bandung hingga saat ini loh!

Hana-B Yosakoi Team

Nama Hana-B Sendiri terinspirasi dari nama lain dari kota Bandung, yaitu kota kembang yang diartikan ke dalam bahasa Jepang adalah “Hana”, sedangkan huruf B merupakan inisial dari kata Beat. Gabungan kedua kata ini menjadi Hana-B dan dibaca Hanabi yang bermakna kembang api dalam bahasa Jepang.

Salah satu tujuan utama dari Hana-B adalah untuk menyatukan budaya Indonesia dan Jepang lewat tarian Yosakoi, dan hingga saat ini, mereka sudah sering tampil di berbagai acara Jepang terutama di Bandung.

Sejalan dengan awal tahun, Hana-B mempunyai resolusi yaitu untuk mengangkat nama Indonesia di ajang Harajuku Super Yosakoi Festival yang akan diadakan di Tokyo, Jepang pada bulan Agustus 2019 nanti. Sebagai warga Bandung, penampilan Hana-B di Harajuku Super Yosakoi Festival 2019 akan menggunakan lagu dan koreografi orisinal dengan unsur kebudayaan sunda dengan memiliki tujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia terutama sunda di masyarakat Jepang dan negara lain lewat acara ini.

Saat ini Hana-B sedang membuka open recruitment dan mencari sponsorship untuk dapat perform di acara HSYF 2019 nanti. Apabila jika ada teman-teman yang berminat dengan tarian yosakoi dan ingin berpartisipasi di acara HSYF 2019, bisa bergabung langsung dengan mengisi form pendaftarannya (bit.ly/shyhanab) , atau bisa kontak ke Instagram (https://www.instagram.com/hanab_yosakoi/).

Hana-B Yosakoi Team
Yuk dukung Hana-B Yosakoi Team memperkenalkan budaya sunda di Indonesia ke masyarakat Jepang!