Share on
Gion Matsuri, Festival Besar di Jepang Yang Berusia Lebih Dari 1000 Tahun
(Gambar: matcha-jp)

Gion Matsuri atau Festival Gion, yang diadakan setiap tahun pada bulan Juli di Kyoto, adalah salah satu dari tiga festival besar di Jepang, disamping Tenjin Osaka Matsuri dan Kanda Tokyo Matsuri.

Advertise With Us

Pada tahun 2009, Gion Matsuri di Kyoto ditunjuk sebagai Warisan Budaya Tak Berwujud UNESCO. Yamaboko (platform festival) raksasa yang berpawai melalui pusat kota dianggap sebagai simbol hari-hari musim panas Kyoto.

Gion Matsuri mulanya sebagai festival Kuil Yasaka, yang terletak di daerah Gion Kyoto. Perayaan ini sudah ada sejak tahun 869, lebih dari seribu tahun yang lalu!

Dikatakan bahwa selama tahun itu, seluruh negeri terpengaruh oleh wabah yang mengakibatkan banyak kematian. Kota ini menjadi mengadakan sebuah festival yang disebut Gion-Goryoe, yang dimaksudkan untuk menenangkan roh jahat yang dianggap telah menyebabkan wabah itu. Festival ini menjadi asal mula dari Festival Gion

Sorotan terbesar dari Festival Gion adalah parade Yamaboko. Yamaboko, seperti yang disebutkan di atas adalah platform yang dibawa berkeliling pada festival Shinto. Kyoto Yamaboko memiliki tinggi sekitar 25 meter, dan yang terbesar dapat mencapai berat hingga 12 ton!

Gion Matsuri, Festival Besar di Jepang Yang Berusia Lebih Dari 1000 Tahun
Parade Yamaboko (Gambar: japanistry)

Untuk membiarkan Yamaboko besar lewat, beberapa penyesuaian harus dilakukan ke jalan kota. Salah satu penyesuaian ini adalah melipat lampu jalan di mana Yamaboko akan melewatinya. Tentu saja, tidak setiap lampu jalan bisa dilipat seperti ini.

Pemandangan dari sejumlah besar Yamaboko yang berparade di sepanjang jalan kota sangat menakjubkan. Festival Gion dibagi menjadi Saki Matsuri (festival awal) dan Ato Matsuri (festival akhir).

23 platform akan dibawa selama Saki Matsuri dan 10 platform selama Ato Matsuri, yang menjadikannya 33 platform secara total. Setiap Yamaboko didekorasi dengan mewah menggambarkan legenda dan cerita Jepang yang terkenal.

Gion Matsuri, Festival Besar di Jepang Yang Berusia Lebih Dari 1000 Tahun
(Gambar: matcha-jp)

Selain parade Yamaboko ada juga Gionbayashi, sebuah pertunjukan musik dengan 40 hingga 50 orang naik di atas Yamaboko sambil memainkan alat musik tradisional. Berkat irama drum taiko, seruling Jepang, serta gong Jepang yang disebut "shou" dalam bahasa Jepang, suasana acara ini dipenuhi dengan kegembiraan.

Gion Matsuri adalah kebanggaan Kyoto, yang telah dipertahankan kurang lebih seribu tahun.

Tempat: Kuil Yasaka di Gion, Kyoto Google Map

Jadwal: Setiap tahun 1 - 31 Juli, dengan parade utama pada 14-17 Juli dan 24 Juli.

Gion Matsuri, Festival Besar di Jepang Yang Berusia Lebih Dari 1000 Tahun
Rute parade Yamaboko (Gambar: japan-guide)

Akan ada rute berbeda untuk setiap harinya, untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs resminya.

Featured Image: Must see places

Sumber: matcha-jp