Share on

Pada saat musim panas, Jepang diibaratkan menjadi tuan rumah untuk festival, bagaimana tidak, berbagai festival musim panas di Jepang sangat banyak dan menarik, dari mulai yang bertempat di pusat kota hingga ke pelosok desa. Sulit sekali untuk mengingat semua festival yang berada di Jepang. Kali ini kota Sapporo akan mengadakan sebuah festival tepatnya tanggal 1-3 Agustus 2019 yang dinamai Festival Susukino.

Advertise With Us

Festival Susukino, Salah Satu Festival Terbesar di Sapporo!
(Gambar: festivalgo.huber-japan)

Pertama kali diadakan pada tahun 1965, festival Susukino adalah salah satu festival terbesar di Sapporo, prefektur Hokkaido. Festival ini diadakan pada awal Agustus, dan telah berlangsung selama lebih dari 50 tahun.

Festival Susukino, Salah Satu Festival Terbesar di Sapporo!
(Gambar: japantravel)

Para peserta festival dengan kostum yang sama dikelompokkan bersama, masing-masing mengelilingi salah satu kendaraan hias. Dengan mengangkat seseorang yang berdiri di atas kendaraan hias itu menyeimbangkan dirinya dan mulai bersorak berirama melambaikan kipas lipat dan para penonton pun ikut bersorak. Perjuangan yang intens terlihat jelas pada wajah-wajah yang berkeringat, sekelompok tubuh yang bekerja secara serempak dalam sebuah pertunjukan sempurna dari kekuatan fisik dan kerja tim yang sempurna.

Festival Susukino, Salah Satu Festival Terbesar di Sapporo!
(Gambar: festivalgo.huber-japan)

Salah satu yang membuat festival Susukino begitu menarik adalah bahwa setiap tahun mereka memilih dua wanita yang berpakaian sebagai pramuria tradisional yang disebut "Oiran", cara mereka berpakaian dan bagaimana mereka berparade di jalan adalah sesuatu yang tidak akan kalian saksikan dalam kehidupan sehari-hari! Pemandangan lebih dari 1000 orang berpawai di jalan sambil membawa kuil portabel yang disebut "Mikoshi" juga adalah pemandangan menakjubkan lainnya yang bisa kalian nikmati di festival ini!

Festival Susukino, Salah Satu Festival Terbesar di Sapporo!
(Gambar: japantravel)

Selain itu kalian bisa melihat dan mendengarkan banyak pertunjukan tradisional, seperti drum Jepang yang disebut "Wadaiko", dan tarian tradisional yang disebut "Soran-bushi". Kalian juga tidak perlu khawatir tentang makanan karena lebih dari 100 stan makanan berbaris untuk menyajikan makanan pada saat festival berlangsung!

Mungkin kalian harus mengikuti festival ini secara keseluruhan, karena beberapa acara seperti Oiran hanya dilaksanakan pada satu hari tertentu saja.

  • Tanggal: 1-3 Agustus 2019
  • Alamat: 064-0804 Hokkaidō, Sapporo-shi, Chūō-ku, Minami 4 Jōnishi, 4 Chome
  • Waktu festival: 18:00 - 22:00
 

Sumber & images : japantravel, festivalgo