Share on

Setiap tahun banyak sekali festival-festival tradisional yang dikenal dengan sebutan matsuri diadakan. Masing-masing matsuri memiliki sejarah, tanggal dan setiap festival Jepang antara satu wilayah ke wilayah lain memiliki perbedaan.  Sebagian festival di negeri akura diadakan di kuil - kuil setempat selama beberapa hari, dan di antara riuhnya pengunjung yang datang, terdapat deretan warung kaki lima yang dalam bahasa Jepang disebut dengan yatai.

Hal serupa juga terjadi di acara festival Jepang yang berlangsung di Indonesia, kios yang menjual berbagai jajanan lokal Jepang menjamur di saat berlangsungnya acara tersebut. Tim Japanese Station beberapa waktu lalu melakukan jajak pendapat dan meminta para pembaca untuk memilih jajanan apa yang seriang kali dibeli oleh pembaca JS saat berkunjung ke festival Jepang? Sebanyak 111 pembaca mengikuti jajak pendapat tersebut, dan inilah 5 jajan teratas yang paling banyak disukai :

1. Takoyaki (40%)

5 Jajanan Yang Selalu Dibeli Pembaca JS Jika Berkunjung Ke Festival Jepang
ja.wikipedia.org

Hampir setengah dari responden membeli kudapan berbentuk bola kecil yang satu ini jika berkunjung ke festival-festival Jepang. Takoyaki memang memiliki rasa yang lezat, mudah dimakan dengan isian seperti cumi-cumi dan gurita, tak heran jika makanan ini memang disukai oleh banyak orang.

2. Okonomiyaki (20%)

5 Jajanan Yang Selalu Dibeli Pembaca JS Jika Berkunjung Ke Festival Jepang
Pakutaso.com

Di negara asalanya, Okonomiyaki dibagi menjadi dua jenis yaitu ala Kansai dan Hiroshima, keduanya memiliki perbedaan di cara pembuatan dan bahan yang digunakan. Dalam bahasa Jepang, okonomi berarti “suka-suka” dan yaki berarti “panggang”, dan Okonimyaki merupakan salah satu jenis masakan teppan-yaki yang bisa dimakan begitu saja maupun dijadikan sebagai lauk. Untuk membuat Okonomiyaki ala Hiroshima bisa membaca dan ikuti resepnya di sini.

3. Yakisoba (6%)

5 Jajanan Yang Selalu Dibeli Pembaca JS Jika Berkunjung Ke Festival Jepang
hirofun.com

Selain Takoyaki dan Okonomiyaki, mie goreng khas Jepang atau yang dikenal dengan nama Yakisoba, ini merupakan salah satu masakan jalanan yang paling terkenal dan favorit pengunjung saat datang ke sebuah festival. Akan ada banyak kedai yang menjual yakisoba, mie ramen panggang yang dicampurkan dengan kubis dengan tambahan saus manis di atasnya.

4. Wata Ame (5%)

5 Jajanan Yang Selalu Dibeli Pembaca JS Jika Berkunjung Ke Festival Jepang
dlove.jp

Wata-Ame atau Wata-Gashi memiliki bentuk  indah dan rasa yang manis, maka jangan heran jika banyak responden JS membeli dan menikmati camilan saat berkunjung ke festival Jepang.

5. Onigiri (5%)

5 Jajanan Yang Selalu Dibeli Pembaca JS Jika Berkunjung Ke Festival Jepang
kerokero-info.com

Nasi kepal berbentuk segitiga yang biasanya berisikan potongan ikan salmon atau umeboshi ini sangat populer, tidak hanya di negara asalnya tapi juga di seluruh penjuru dunia. Onigiri dibuat dari nasi yang memiliki tekstur pulen, dan salah satu alasan makanan ini banyak disukai karena mudah dibawa tapi juga memiliki rasa yang lezat.