SHARE THIS ARTICLE

9nine (nain) , atau dalam bahasa Indonesia berarti “Sembilan”. Sesuai dengan namanya, pada awalnya 9nine merupakan idol group berjumlah personil 9 orang, yang dibentuk pada tahun 2005 di bawah naungan LesPros Entertainment. LesPros Entertainment sendiri merupakan salah satu wadah atau agency yang banyak menaungi artis-artis besar seperti Yui Aragaki, Kyoko Hasegawa, Reina Asami dan mantan personil AKB48, Erena Ono.

9nine_(2007)

Formasi awal dari 9nine adalah : Satake Uki, Nishiwaki Sayaka, Matsuzawa Azusa, Wagatsuma Miwaku, Katou Rubi, Ashida Marie, Yoshida Mai, Miura Moe dan Yamaoka Midori. Di tahun 2006 mereka sempat mengeluarkan 1 buah single Indie label yang berjudul “Sweet Snow“. Genre music yang mereka bawakan tidak banyak beda dengan tipikal idol group pada jaman itu. Seperti AKB48 dan Idoling!!! Pada bulan Januari 2007, Matsuzawa Azusa dan Wagatsuma Miwaku mengundurkan diri dari 9nine. Shimoga Madoka dan Kawashima Umika bergabung sebagai member baru. Ketika itu mereka sempat mengeluarkan satu buah album yang berjudul “First9”, namun penjualannya kurang begitu memuaskan. Ditambah lagi di bulan Desember 2007, Kato Rubi dikeluarkan dari 9nine dikarenakan skandal yang menimpanya sehubungan dengan telah tersebarnya foto-foto mesra tentang hubungannya dengan salah seorang member Hey! Say! JUMP, Yuya Takaki [Salah satu pemeran di film Shiritsu Bakaleya Koukou, bersama AKB48 dan Johnny’s jr].

9nine_(2008)

Di awal tahun 2008, bisa dibilang 9nine vakum dalam karir mereka di dunia musik. Dan baru menelurkan satu single di pertengahan tahun 2008 dengan single “Show Time” dan satu buah album berjudul “Second9” di bulan Juli 2008. Posisi mereka ketika itu hanya 8 personil. Dan Kawashima Umika mulai aktif terjun ke dunia akting namun dia memutuskan untuk tidak meninggalkan grup ini.

9nine_(Jan_2010)

Pada bulan Maret 2009, 9nine harus kehilangan 3 anggotanya lagi yaitu Ashida Marie, Yoshida Mai, dan Yamaoka Midori menyatakan graduated dari 9nine. Dan posisi mereka saat ini hanya 5 personil saja. Dengan kekuatan yang cenderung biasa-biasa saja, mereka mencoba menelurkan 2 buah single di bulan Oktober tahun 2009 dengan “Smile Again” dan “Hikari No Kage” di awal tahun 2010 dan seperti diduga, penjualannya pun kurang memuaskan karena total penjualannya tidak mencapai angka 5 ribu copy. Mungkin dikarenakan frustrasi dengan keadaan groupnya,pada bulan Agustus 2010, Shimogaki Madoka, dan Miura Moe menyatakan mengundurkan diri dari 9nine dan praktis kekuatan 9nine hanya 3 orang saja, yaitu Kawashima Umika, Satake Uki dan Nishiwaki Sayaka. Namun pihak Lespros Entertainment nampaknya masih belum menyerah dan mereka mencoba menghubungi Sony Music Entertainment. Dan ternyata di luar dugaan, Sony Music Entertainment [SME] tertarik untuk mengorbitkan 9nine tapi dengan syarat, mereka harus merubah seluruh genre music yang selama ini dibawakan oleh 9nine dari typikal Pop Idol menjadi Electro-pop dan lebih fokus untuk tampil dari panggung ke panggung dibandingkan lewat rekaman. Dan untuk mewujudkan itu, kekuatan 9nine harus ditambah. Dan setelah melalui audisi ketat, akhirnya kekuatan 9nine bertambah 2 orang dengan bergabungnya Yoshii Kanae dan Murata Hirona di bulan September 2010.

128a1_756_img20101204-9nine-1

9nine seakan-akan terlahir kembali dengan gaya musik dan penampilan yang berubah total. Kualitas Vokal yang prima dari Yoshii Kanae dan Murata Hirona yang keduanya adalah juara dari kompetisi vokal menjadi salah satu kunci dari kebangkitan 9nine. Mereka mengeluarkan single mereka yang berjudul “Cross Over” dan lagu ini menjadi ending theme song anime berjudul “Star Driver”. Dan ternyata anime ini cukup sukses dan dibuat season keduanya. Dan di season keduanya, lagu 9nine berhasil mendapatkan kehormatan untuk mengisi opening theme song dari anime tersebut yang merupakan single mereka berikutnya di tahun 2011 yang berjudul “Shining Star” dan popularitas 9nine otomatis mulai terangkat sebagai grup yang cukup diperhitungkan. Single ini berhasil terjual sebanyak 7669 copy di minggu pertama. Di tahun 2011 ini pun, 9nine diundang untuk pertama kalinya untuk mengisi salah satu slot di Tokyo Idol Festival, ajang tahunan paguyuban seluruh idol group di Jepang dan acara ini disiarkan ke seluruh Jepang. Di Tahun 2011, 9nine mengeluarkan 3 buah single yaitu “Shining Star“, “Natsu,wanna say Love You” dan “Chikutaku 2Nite” yang menjadi soundtrack dari film yang dibintangi aktris sesama agency mereka, yaitu Yui Aragaki. Film tersebut adalah “Ranma1/2“, fyang diadaptasi dari anime terkenal yang berjudul sama.

Shoujo_Traveler_R

Tahun 2012, kepopuleran 9nine semakin tidak terbendung. Single mereka yang berikutnya yaitu “Shoujo Traveller” berhasil menempus 10 besar tangga lagu Oricon di nomor #9 pada bulan Januari 2012 dan lagu tersebut menjadi ending theme dari salah satu anime yang terkenal hingga ke benua Amerika dan Eropa, yaitu “Beelzebub” lewat channel ANIMAX. Dan tahun 2012 ini, 9nine memperkenalkan diri mereka lewat komedi situasi sebanyak 12 episode yang berjudul “Konna no Aidoru Ja Nain” yang juga menampilkan Aya Hirano sebagai bintang tamunya [Seiyuu / voice actress dari serial Suzumiya Haruhi]. Tak lama kemudian, 9nine meluncurkan Album perdana mereka di bawah Sony Music Entertainment yang berjudul “9nine” dan mencapai peringkat 8 di tangga lagu Oricon. Undangan untuk mengisi acara Tokyo Idol Festival dan berbagai acara musik seperti Music Japan, Music Dragon, Happy Music dan M-ON pun terus berdatangan agar mereka menjadi pengisi acaranya. Bulan Juni 2012, 9nine kembali merilis single yang berjudul “Ryusei no Kuchizuke” dan berhasil bertengger di posisi #10 Oricon Chart. Lagu ini pun menjadi theme song dari dorama yang diperankan oleh Haruna Kawaguchi dan Hayami Mokomichi yang berjudul “Houkago wa mystery to Tomo Ni”. Dunia akting pun mulai dicoba oleh member 9nine dengan berperan dalam drama ringan yang berjudul “Kyounshi Gaaru” di mana Kawashima Umika menjadi pemeran utamanya dan single 9nine berjudul “Yie Ang Jiang Shi” menjadi theme song-nya di bulan November 2012. Di penghujung tahun 2012, 9nine meluncurkan satu single bertema natal yang berjudul “White Wishes” dan lagu ini menjadi ending song dari film anime yang berjudul “Tonari no Kaibutsu-kun” serta merilis DvD dari penampilan mereka di Akazaka Blitz, Tokyo yang berjudul “Christmas no 9nine 2012 ~Seinaru Yoru no Daisodo~” Sempat terdengar kabar di pertengahan tahun 2013, pihak LesPros Management ingin menambah personil 9nine dari 5 untuk kembali menjadi 9 personil, namun kabar tersebut belum ada kelanjutannya hingga hari ini.

vlcsnap-2014-01-17-00h03m10s230

Awal Tahun 2013, di bulan Maret, 9nine merilis single “Colorful” yang sekaligus menjadi soundtrack dari anime “Star Driver The Movie”. Meskipun single ini hanya meraih peringkat #13 di Oricon Chart, keberadaan 9nine di kalangan penggemar anime semakin tidak terbendung. Dan bisa dibilang, sebagian besar penggemar 9nine adalah kalangan penggemar anime. Di bulan yang sama, 9nine juga merilis album ke-4 mereka yang berjudul “CUE” yang berisikan seluruh lagu hits mereka sepanjang tahun 2012. Di bulan Juni 2013, 9nine menggebrak dengan single “Evolution no. 9”. Komposisi musik yang mereka bawakan sangat berbeda dengan biasanya. Dan dance yang mereka tampilkan dalam music video di lagu ini pun terlihat lebih energic dan powerful. Lagu ini pun menjadi opening theme dari dorama action yang dibintangi mantan member AKB48 yang kini bernaung dibawah LesPros Entertainment, Erena Ono yang berjudul “Tank Top Fighter” di mana Kawashima Umika pun ikut berperan dalam film ini. Single terakhir dari 9nine yang dirilis di bulan November 2013 berjudul “RE” pun masih bercorak electro-pop seperti single sebelumnya. Lagu ini dilengkapi dengan dentuman bass yang kuat dan permainan synthesizer yang apik serta ditambah dance yang menarik dan powerful dari para personil 9nine. Lagu ini juga menjadi theme song dari dorama dari Yui Aragakiyang dibuat season keduanya, “Legal High II“.

Bee40psCMAEWAEG

Tahun 2014, 9nine akan merilis single mereka yang berjudul With You/With Me pada bulan Maret mendatang. Dan lagu ini akan dipakai untuk menjadi theme song film anime yang berjudul “Magi, The Kingdom of Magic”.

9nine_budokan

Tanggal 21 Agustus 2014 mendatang, setelah berjuang selama 7 tahun, akhirnya 9nine berhasil mewujudkan salah satu impian mereka untuk mengadakan konser tunggal di sebuah stadion raksasa. Nippon Budoukan menjadi tempat pertama mereka dalam mewujudkan impian mereka. Konser mereka pun diberi nama “9Nine Dream Live”. Setelah sukses dengan konser tunggal mereka di Nippon Boudokan ini, sempat terdengar kabar bahwa 9nine akan hadir di Indonesia dalam rangkaian Tour Asia mereka. Kita nantikan saja kehadiran mereka di Indonesia.

9nine601

Edisi berikutnya, kita akan berkenalan satu persatu dengan para personil dari 9nine.

Discography [http://www.generasia.com/wiki/9nine]

Albums

Singles

Digital Singles

 

Source : generasia.com
COMMENT