SHARE THIS ARTICLE

Di Jepang kira-kira terdapat 86000 temple (kuil Budha) dan 95000 shrine (kuil Shinto). Tentunya agak sulit untuk membedakan kedua jenis kuil tersebut. Namun, sangatlah penting untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya. Menyebut shrine sebagai temple sama salahnya dengan menyebut gereja sebagai sinagoga. Berita baiknya, sebetulnya mereka cukup mudah dibedakan berdasarkan informasi berikut ini:

PerbandinganTempleShrine
AgamaBuddhaShinto
Bahasa“Ji” adalah huruf kanji Jepang untuk temple (contoh: Ryoan-ji Temple). Bisa juga dilafalkan sebagai “dera” dan “tera” (contoh: Kiyomizu-dera Temple)“Jingu”merupakan huruf kanji Jepang untuk shrine (contoh: Meiji-jingu). Bisa juga dilafalkan sebagai “jinja”.
Fitur arsitektural khasBell ukuran besarpintu gerbang kuil (torii)

Berita buruknya

Selama ratusan tahun agama Buddha dan Shinto di Jepang agak tercampur (khususnya sebelum tahun 1868). Sehingga beberapa temple terlihat seperti shrine dan shrine terlihat seperti temple. Ada juga shrine di dalam temple dan sebaliknya, dan inilah yang membuat kedua jenis kuil tersebut agak sulit dibedakan.

Aturan dasar

Arsitektur temple cenderung merefleksikan pemikiran Buddha. Ini berarti temple memiliki ciri wabi-sabi (ketidaksempurnaan), sederhana, kaku, rendah hati, intim dan natural. Temple di Jepang memiliki nuansa apa adanya. Begitu kalian mengunjungi beberapa temple, kalian akan bisa mengidentifikasikannya berdasarkan kualitas tersebut.

Kuil Kiyomizudera [foto: Sailko/wikimedia]
Kuil Kiyomizudera [foto: Sailko/wikimedia]
Kuil Ginkaku-ji [foto: Oilstreet/wikimedia]
Kuil Ginkaku-ji [foto: Oilstreet/wikimedia]
Kuil Kinkaku-ji [foto: Keith Pomakis/wikimedia]
Kuil Kinkaku-ji [foto: Keith Pomakis/wikimedia]

Shinto merupakan agama asli Jepang yang memuja banyak kami (dewa). Kebanyakan dewa dalam Shinto merupakan penguasa alam. Pada suatu ketika (sebelum tahun 1946), Kaisar Jepang juga dianggap sebagai dewa. Antara Shinto, Kaisar, dan pemerintah Jepang pernah terjalin sebuah hubungan. Shrine cenderung memiliki desain yang megah, berwarna, dan imperial.

Kuil Fushimi Inari [foto: Jakub Halun/wikimedia]
Kuil Fushimi Inari [foto: Jakub Halun/wikimedia]
05

06

Pendeta Buddha vs Pendeta Shinto

Cara lain (tidak mutlak) untuk membedakan temple dan shrine dilihat dari penampilan pendeta Buddha dan pendeta Shinto.

Pendeta Buddha mengenakan jubah sederhana dan kaku.

07

Pendeta Shinto berpakaian mencolok. Tak ada cara lain untuk mengatakannya.

08

COMMENT