SHARE THIS ARTICLE

Kafe untuk para penggemar kereta apiJepang memiliki kafe maid, kafe kucing, hingga kafe kelinci sendiri. Hanya tinggal masalah waktu sampai seseorang muncul dengan kafe jalur kereta api.

Bertempat di daerah perbelanjaan kota Yanagase, Haruka dibuka pada Juli tahun lalu.

Kafe bertema jalur kereta api ini merupakan hasil pemikiran dari Masaki Shingu, pria berusia 40 tahun yang pernah menjadi supir bus di Nagoya. Shingu menikmati pekerjaannya sebagai supir bus, namun di tahun 2012, perusahaan bus memindahkannya ke bagian kantoran.
Itu adalah pekerjaan yang tidak pernah aku lakukan sebelumnya dan sangat sulit untukku,” penggemar alat transportasi itu berkomentar.
Istri Shingu, Akiko, memberikan dorongan yang dia butuhkan.
Dia semakin lelah setiap hari, jadi saya berkata padanya, “Sudah cukup, kamu sebaiknya berhenti’. Saya ingin dia melakukan pekerjaan yang disukainya,” ujarnya.
Pasangan itu pindah ke Kitagata, kampung halaman Akiko di prefektur Gifu, dan menghabiskan waktu setahun untuk persiapan membuka kafe, yang diberi nama kereta ekspres West Japan Railway Co. kesukaan Masaki.
Semenjak dibuka bulan Juli, Haruka semakin terkenal, menghibur para penggemar kereta dengan kereta model skala N berjalan di atas diorama raksasa di tengah-tengah kafe.
Para pengunjung bisa menikmati kereta model kesukaan mereka berjalan mengelilingi diorama dari kursi mereka.
Ada pula tempat khusus anak-anak, di mana mereka bisa bermain game dan bermain dengan mainan.
Kereta model skala N ini memiliki skala dari 1:148 hingga 1:160 dan berjalan di atas rel berjarak 9 milimeter. Shingu menhabiskan sekitar 1 juta Yen untuk membangun jalur kereta api mininya.
Diorama berukuran 4.4×2.6 meter tersebut memiliki 9 rute. Para pengunjung bisa menjalankan kereta model dengan membayar 50 sampai 150 Yen untuk 10 menit, tergantung rute yang dipilih. Mereka bisa meminjam kereta kesukaan mereka dari 30 tipe yang trsedia, termasuk kereta Bagoya Railroad Co. (Meitetsu) dan JR Shinkansen, dengan harga 50 sampai 500 Yen sekali jalan.
Haruka berlokasi di lantai dua sebuah gedung di distrik kota Tetsumeidori, menghadapi jalan di mana Stasiun Tatsumeicho untuk rel kereta Meitetsu  pernah berdiri. Rel tersebut dibongkar tahun 2005. Foto-foto dari rel kereta saat dibawa dipajang di kafe.
Saya harap para pengunjung bisa bercermin dari kereta di masa lalu,” kata Masaki.
Source : houseofjapan.com
COMMENT