SHARE THIS ARTICLE

Setiap generasi tentunya memiliki kenangan tersendiri akan masa kecil mereka, baik saat bermain dengan teman-teman, maupun saat menggemari permainan tertentu yang pernah tren pada masanya. Begitu juga dengan generasi yang lahir dan tumbuh di tahun 1980-an, di mana saat itu mulai muncul aneka konsol video game klasik dan mainan-mainan unik yang kini sudah jarang ditemukan. Untuk mengetahui game dan mainan dari tahun 80-an yang paling disukai di Jepang, Goo Ranking melakukan polling terhadap 500 orang yang berusia 40 hingga 50 tahun dan berikut adalah hasilnya dilansir dari gooume-jp.com.

Apa kalian pernah memainkannya? Atau mungkin masih memilikinya hingga saat ini?

1. Rubik

Inilah Game Dan Mainan Dari Tahun 80-an Yang Paling Disukai di Jepang (1)
image: topicks.jp

Setahun setelah dirilis pada tahun 1980, mainan berbentuk kubus ini menjadi digandrungi di seluruh dunia, bahkan hingga 36 tahun kemudian masih tetap menjadi pengisi waktu luang yang menyenangkan. Selain sebagai mainan, Rubik juga menjadi alat pembelajaran dan diperlombakan dalam seri kejuaraan dunia.

2. NES Family Computer

Inilah Game Dan Mainan Dari Tahun 80-an Yang Paling Disukai di Jepang (2)
image: namiheiogu-chiraura.net

Dengan game yang bervariasi dan harga yang terjangkau pada masanya, konsol game yang dirilis pada tahun 1983 ini meledak di pasaran setelah peluncurannya.

3. Game & Watch

Inilah Game Dan Mainan Dari Tahun 80-an Yang Paling Disukai di Jepang (3)
image: areiz6.com

Perangkat game berukuran mini ini telah terjual lebih dari 4,34 juta unit dan pada masanya merupakan revolusi dalam bermain game secara portabel yang menjadi cikal-bakal perangkat game hand-held masa kini seperti GameBoy dan PSP.

4. Perlorian

Inilah Game Dan Mainan Dari Tahun 80-an Yang Paling Disukai di Jepang (4)
image: page.auctions.yahoo.co.jp

Bagi warga Jepang, poster dan stiker bergambar kucing ini merupakan sesuatu yang klasik walau di negara lain mungkin tidak begitu dikenal. Posternya saja telah terjual lebih dari 6 juta lembar sedangkan stiker yang bergambar surat izin mengemudi dengan foto seekor kucing di dalamnya telah terjual lebih dari 12 juta lembar.

5. Dragon Quest

Inilah Game Dan Mainan Dari Tahun 80-an Yang Paling Disukai di Jepang (5)
image: blog.livedoor.jp

Seiring dengan bermunculannya konsol video game, berbagai judul game pun hadir dan mengalami masa kejayaan di tahun 80-an, salah satunya adalah Dragon Quest yang dirilis pada tahun 1986.

6. Choro-Q

Inilah Game Dan Mainan Dari Tahun 80-an Yang Paling Disukai di Jepang (10)
image: takaratomy.co.jp

Di tahun 80-an, kawula muda di Jepang, maupun mereka yang sudah tua, menggemari permainan mobil-mobilan mini ini yang telah terjual lebih dari 10 juta unit.

6. Super Mario Bros.

Inilah Game Dan Mainan Dari Tahun 80-an Yang Paling Disukai di Jepang (6)
image: blog.livedoor.jp

Game yang dirilis pada tahun 1985 dan menjadi fenomenal bahkan hingga masa kini ini menjadi pendongkrak kesuksesan Famicom. Kepopuleran game tentang tukang pipa ledeng ini masih terasa hingga saat ini walau telah muncul beraneka versi terbarunya.

8. TETRiS

Inilah Game Dan Mainan Dari Tahun 80-an Yang Paling Disukai di Jepang (7)
image: matome.naver.jp

Di Jepang, game yang bisa dimainkan di mana saja ini telah terjual lebih dari 4,24 juta unit sejak perilisannya pada tahun 1989 versi konsol GameBoy.

9. Gundam model

Inilah Game Dan Mainan Dari Tahun 80-an Yang Paling Disukai di Jepang (8)
image: saetagunpla.blog.fc2.com

Untuk yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya, yang hingga kini masih digemari. Antara bulan Juli 1980 hingga Maret 2015, model Gundam yang legendaris ini telah terjual sebanyak 445 juta set.

9. Final Fantasy

Inilah Game Dan Mainan Dari Tahun 80-an Yang Paling Disukai di Jepang (9)
image: freesoftweb.blog61.fc2.com

Game legendaris yang generasi pertamanya diluncurkan pada tahun 1987 ini pernah menyelamatkan Square (sekarang bernama Square Enix) dari ambang kebangkrutan.

Source : gooume-jp.com
COMMENT