Inilah 9 Tarian dan Alat Musik Tradisional Dari Jepang


Alat Musik Tradisional Dari Jepang

Jepang memiliki berbagai alat musik dan tarian tradisional yang cukup indah. Walau tidak sebanyak dengan apa yang dimiliki negara kita tercinta, Indonesia. Karakteristik negara kepulauannya menciptakan variasi tradisi yang berbeda di setiap daerahnya sama seperti negara kita. Mungkin ada beberapa yang kalian tahu atau bahkan tidak sama sekali. Berikut adalah beberapa tarian dan alat musik tradisional dari Jepang.

  1. Bon Odori

image: blogs.yahoo.co.jp

Tarian ini mungkin sudah tidak asing di telinga kalian. Bon Odori merupakan tarian tradisional dari Jepang yang ditarikan di festival setiap musim panas. Biasanya, orang-orang menari berkeliling sambil menggunakan yukata atau kimono, diiringi oleh musik tradisional dan menggunakan berbagi macam gerakan. Bon Odori sebenarnya dilakukan oleh orang Jepang untuk menghormati para leluhur saat Bon Festival yang diadakan setiap bulan Agustus.

  1. Nihon Buyo

image: blog.mchot.net

Tarian yang satu ini merupakan tarian tradisional Jepang yang dilakukan dengan mengenakan kimono sambil menggunakan berbagai macam alat seperti kipas Jepang, tali dan semacamnya. Gerakan yang dilakukan sangatlah pelan dan penuh dengan seni. Tidak sembarang orang yang menarikan tarian ini dan biasanya diperlukan guru yang khusus untuk mengajarkannya. Nihon Buyo biasanya dilakukan dalam acara sebagai hiburan.

  1. Noh Mai

image: roughguides.com

Noh Mai adalah tarian tradisional dari Jepang yang diiringi oleh drum dan kecapi sebagai latar musiknya. Terkadang ada vokal suara juga yang dinyanyikan di antara latar musik tersebut. Tarian ini dilakukan untuk menampilkan sebuah cerita. Tergantung dari apa ceritanya, penari akan mengenakan berbagai macam kostum dan terkadang mengenakan topeng.

  1. Kabuki

hyogoexchange.blogspot.jp

Satu lagi tarian tradisional yang terkenal dari Jepang. Kabuki menggabungkan tarian dan pentas drama dari berbagai macam cerita seperti, sejarah, gaya hidup dan kemasyarakatan Jepang. Tarian ini mengalami perubahan yang signifikan seiring berkembangnya budaya dan teknologi di Jepang.

  1. Shamisen

Siapa yang tidak kenal dengan alat musik yang satu ini. Shamisen yang sering diangkat dalam cerita manga atau anime ini merupakan alat musik tradisional Jepang seperti biola yang memiliki tiga tali senar dan sering digunakan dalam berbagai macam acara musik tradisional di Jepang. Sama halnya dengan biola, alat ini juga menggunakan batang kayu sebagai alat bermainnya yang disebut batchi.

  1. Shakuhachi

image: mujitsu.com

Shakuhachi merupakan alat musik tradisional Jepang yang berupa suling bambu. Shakuhachi sendiri merupakan suling bambu dengan 5 lubang di mana 4 lubang ada pada bagian depan dan 1 lubang pada bagian belakang suling tersebut. Alat musik ini sering digunakan dalam meditasi para biksu, acara-acara tarian musik tradisional seperti Noh, Kabuki dan semacamnya. Akhir-akhir ini alat musi ini juga digunakan dalam musik modern.

  1. Koto

image: lebmetal.com

Koto juga mungkin sudah tidak asing di telinga kalian. Koto merupakan alat musik tradisional dari Jepang seperti kecapi di Indonesia, memiliki panjang rata-rata 180 cm dengan lebar 20 cm. Alat musik ini memiliki 13 tali senar, dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jempol, telunjuk dan jari tengah dari tangan kanan yang sudah dipasangkan alat bernama tsume. Sedangkan tangan kiri digunakan untuk mengatur suara nada dengan cara menahan tali senar sama seperrti pada gitar.

  1. Wadaiko

image: ushiyama-taiko.com

Wadaiko atau Taiko alat musik drum tradisional Jepang yang konon dibawa dari Cina saat ajaran Buddha masuk ke Jepang. Ada berbagai macam tipe dan bentuk dari alat musik ini. Alat musik ini juga sering digunakan dalam berbagai macam acara seperti festival, tarian, upacara adat, dan semacamnya.

  1. Biwa

image: geocities.jp

Sama halnya dengan Shamisen, Biwa juga merupakan alat musik tradisional dari Jepang yang menggunakan Batchi sebagai alat bermainnya. Alat musik ini berbentuk seperti gitar dan memiliki jenis yang berbeda tergantung dari jumlah tali senar dan suara yang dihasilkan. Bisa dimainkan secara solo atau juga sebagai alat musik pelengkap dalam gagaku, musik upacara resmi.

Demikianlah beberapa tarian dan alat musik dari Jepang. Apakah kalian mengenalnya?

(Featured image: tokyoweekender.com)

Source : jpninfo.com

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
4
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
2
Daisuki!
Ii Ne Ii Ne
1
Ii Ne
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

Inilah 9 Tarian dan Alat Musik Tradisional Dari Jepang

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini