SHARE THIS ARTICLE

Bento atau lunch box gaya Jepang umumnya ditata menarik. Jika Anda tidak punya waktu untuk menghias bento dengan karakter kartun, bento bisa ditata dengan padu padan bahan yang menarik dan mudah dibuat.

Bento bisa diracik dengan beragam lauk-pauk. Umumnya terdiri dari nasi, lauk nabati, hewani, dan sayuran. Berikut ini beberapa tahapan mudah untuk menyiapkan bento sehat dan cantik.

1. Nasi

bento step (1)

Nasi dalam bento hanya ditakar setengah hingga 3/5 dari tempat bekal. Sisanya adalah okazu (lauk). Pilih beras yang pulen dan lembut dan tetap enak saat dingin. Taburan rumput laut dan wijen hitam bisa ditambahkan untuk penambah rasa.

2. Okazu lauk

bento step (2)

Untuk menarik nafsu makan, lauk gorengan yang gurih bisa disertakan. Biasanya, terdapat lauk seperti karaage, mini hamburger, salmon, calamari, atau lauk sisa semalam. Pastikan memilih lauk yang masih enak walaupun dalam keadaan dingin.

3. Sayuran

bento step (3)

Bento biasanya berisi sayuran segar atau kukus. Selain sehat, sayuran berwarna cerah juga cantik. Sayuran yang biasanya dipakai misalnya, lettuce, tomat ceri, mentimun, edamame, brokoli kukus, atau salad kentang.

4. Okazu protein

bento step (4)

Bahan makanan kaya protein juga hadir dalam bento, walau hampir sama dengan okazu utama. Kelompok bahan makanan kaya kandungan protein mempunyai porsi lebih sedikit dan terdiri dari pilihan antara lain tamagoyaki (omelet), sosis, atau kamaboko (fish cake).

5. Porsi

bento step (5)

Satu porsi kecil bento bisa mengenyangkan dengan nasi dan 2-4 jenis okazu. Umumnya, dalam satu bento terdapat setidaknya satu okazu protein dan satu jenis okazu sayuran.

Source : food.detik.com
COMMENT