SHARE THIS ARTICLE

Cosplay, juga dikenal sebagai costume-play, biasanya digambarkan dengan memakai kostum dari berbagai karya fiksi (terutama dari anime dan manga). Cosplay sangat dinikmati di seluruh dunia, terutama di konvensi anime. Dengan konvensi yang sangat besar seperti Anime Expo dan Comic Con di California selatan, Japan Expo di Perancis, dan Otakon di Maryland yang kesemuanya diselenggarakan pada bulan ini, sehingga  banyak orang sering menyebut bulan Juli sebagai “musim konvensi”.

Ketika beberapa orang membeli kostum-kostum mereka atau membayar seseorang untuk membuatkannya, yang lain membuat kostum-kostum mereka dari awal, atau membeli potongan-potongan bajunya dan mengerjakannya dari sana. Namun, terlepas dari itu semua, usaha yang dilakukan untuk cosplay sangatlah mengagumkan. Perhatian mereka pada hal detail, seperti gaya dan warna untuk rambut palsu, kerumitan pada kostum, make-up, berbagai gaya dan ekspresi dari setiap karakater, adalah beberapa hal yang para cosplayer pikirkan ketika mereka mulai membuat kostum berikutnya untuk konvensi mendatang.

Di bawah ini terdapat lima cosplayer dari seluruh dunia yang tidak hanya luar biasa imut, tapi juga sangat bertalenta.

1. Maridah

Maridah adalah cosplayer berkebangsaan Amerika yang telah menjadi penggemar anime sejak tahun 1999, dan mulai menjadi cosplayer pada awal tahun 2000-an. Dengan lebih dari 200.000 penyuka di halaman Facebook-nya, dia terkenal karena kostum Saber-nya. Make-up yang ringan serta gayanya yang alami membuatnya menjadi cosplayer hebat dengan sebuah portofolio dari foto-foto yang indah. Dia adalah penggemar berat dari anime dan boneka-boneka sambungan dari Asia, jadi dia sering menghadiri konvensi juga. Tahun ini selain bersantai di sebuah stan di ruang pameran, dia juga menggelar acara tanda tangan di Anime Expo.

saber_by_maridah-d48mq89
Saber (Fate/Stay Night)
saber
Saber (Fate/Stay Night)
saber1
Rei Ayanami (Evangelion)

Lihat lebih lanjut di situs webnya: http://www.maridah.com/cosplay.html

2. BeckiiCruel

Beckii, yang tinggal di Inggris Raya, membuat terobosan besarnya selama awal masa remajanya dengan sebuah video YouTube saat ia sedang menari dengan lagu berbahasa Jepang, Danjo. Setelah video menarinya mendapatkan jutaan penonton, dia membintangi dua film dokumenter pertama dan satu-satunya di kalangan orang Jepang dan dunia yang menyukai hal-hal berbau Jepang. Meskipun cosplay bukanlah kesukaan utamanya, dia telah banyak ber-cosplay dari serial anime berbeda seperti Melancholy of Haruhi Suzumiya dan Evangelion. Dia juga menyukai baju-baju Jepang, dan bisa dilihat dari mulai mengenakan seragam sailor, merek baju Liz Lisa yang menyerupai Lolita, dan kaus kaki selutut yang sangat imut. Sejak ketenaran mendadaknya, dia telah merilis beberapa photobook, beberapa single, dan sekarang fokus utamanya adalah menjadi model dan membuat video tentang pakaian. Dia masih sering tampil di atas panggung, jika tidak tampil, dia akan datang sebagai peserta di beberapa konvensi seperti Alcon dan DokiDoki.

283-1
Pakaian Beckii dari video debut-nya, Danjo.
234
Chi (Chobits)
img_0183
Perubahan imut pada seragam sailor

Dia selalu memperbarui situs webnya secara berkala di sini: http://beckii.co.uk/

3. Kipi

Kipi, seorang cosplayer Jepang terkenal, sudah berada di seluruh internet dalam waktu yang lama! Dia memulai cosplay pertamanya pada tahun 2006, dan tidak berhenti sejak saat itu. Banyak cosplay-nya yang terkenal, tapi kebanyakan orang sepertinya setuju jika saat dia ber-cosplay sebagai Misa Amane itu adalah hal yang abadi (jangan lewatkan melihat versi lainnya dari Misa jika kamu punya kesempatan)! Dia biasanya datang di acara konvensi Jepang seperti Comikket dan Tokyo Game Show.

kipi_cosplay_gallery_01
Haruhi Suzumiya (The Melancholy of Haruhi Suzumiya)
6018-misa__4_
Misa Amane (Death Note)
b0044523_67612
Hatsune Miku (Vocaloid)

Blog milik Kipi bisa ditemukan di sini:  http://still.kipi.lomo.jp

4. Traci Hines

Dengan hampir 2 juta penonton di YouTube, Traci Hines adalah sebuah nama yang familiar jika berhubungan dengan dunia cosplay! Cosplay-nya yang paling terkenal adalah sebagai Ariel dan tokoh Disney lainnya. Yang mengejutkan adalah dia menggunakan rambutnya sendiri untuk cosplay Ariel-nya! Kecintaannya pada Disney dan menyanyi dinyatakan dalam setiap kostum buatan tangan yang dia ciptakan. Dia muncul secara tahunan di Comic-Con dan Anime Expo, dan selalu menghabiskan waktunya untuk berbicara atau bergaya dengan para penggemar.

b0f41cf096498672de92b2ee951393db
Ariel (The Little Mermaid)
il_570xn_258048241
Rapunzel (Tangled)
32_tinkerbell_photo_by_andrew_ducote
Tinker Bell (Disney)

Penggemar dari film sukses saat ini, Frozen, tidak boleh melewatkan video gubahannya yang terkenal lengkap dengan kostumnya sebagai Ana, menyanyikan “Love Is an Open Door“.

Kamu bisa melihat videonya di sini:  https://www.youtube.com/watch?v=4_4dD5zYyEQ

5. Calssara

Seorang petugas perpustakaan pada siang hari, dan seorang cosplayer pada malam hari, Calssara adalah orang Jerman dan telah melakukan cosplay sejak awal tahun 2006! Keahlian Calssara di setiap karya kostumnya benar-benar menakjubkan, dan dia pernah mewakili negaranya dalam acara cosplay terbesar dan bergengsi yang pernah ada, World Cosplay Summit. Kemampuannya untuk menggambarkan banyak karakter secara akurat, mulai dari kostum-kostum aneh sampai pada ekspresi tokoh yang unik dan berbeda, cukup untuk mencuri perhatian setiap orang. Kamu bisa melihat dari portofolio cosplay-nya bahwa dia memiliki hasrat yang sungguh-sungguh pada anime dan manga, ber-cosplay untuk berbagai karakter yang dia sukai, terlepas dari kegilaan dari kostumnya atau seberapa terkenalnya tokoh tersebut.

3962448723_6b4f6f14b2_o
Misuzu Kamio (AIR)
vocaloid___luka_megurine_by_calssara-d2xut3c
Megurine Luka (Vocaloid)
romeo_x_juliet_by_calssara
Juliet (Romeo x Juliet)

Lihat situs webnya di sini: http://www.more-elegant.de/wordpress/

Bonus: grup cosplay Fighting Dreamer Pros

Di antara setiap komunitas anime dan manga, tidak biasa bagi beberapa cosplayer untuk membentuk grup cosplayer. Dalam sebuah grup cosplay, para anggota biasanya akan melakukan cosplay dari satu serial yang sama. Selain menghadiri konvensi bersama-sama dan bergaya untuk foto, grup cosplay biasanya juga berpartisipasi dalam kabaret konvensi, dimana mereka akan menampilkan kostum-kostum mereka kepada para ribuan pengunjung atau memberikan drama komedi yang baik.

Fighting Dreamer Pros adalah salah satu grup cosplay. Berbagai cosplay mereka yang terkenal termasuk Naruto dan Final Fantasy, dan berbagai drama yang mereka tampilkan telah di-upload di halaman YouTube resmi mereka, memperoleh lebih dari 20 juta penonton. Mereka telah menginspirasi banyak cosplayer untuk membentuk grup dan berpartisipasi dalam drama di konvensi seluruh dunia. Dan hal yang paling bagus adalah, meskipun bertahun-tahun sudah berlalu sejak dibuatnya grup ini, para anggota grup masih berteman sampai sekarang dan masih terus aktif.

ninjas_in_a_tree__part_2_by_fightingdreamerspro1

Lihat halaman YouTube mereka di sini:  https://www.youtube.com/user/fightingdreamerspro

COMMENT